*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Rabu, 07 Mei 2008

Tips rawat kompor gas

Memasak dengan kompor minyak , terkadang juga tidak efisien waktu , juga menghasilkan polusi yang lebih pekat.Selain boros bahan bakarapi yang dihasilkannya tidak merata dan kurang sempurna. Ruang dapur pun terkena dampaknya dengan bau sangit yang sulit hilang.
Walaupun kompor gas lebih cenderung bersih dan praktis pemakaiannya, tetap mempunyai sisi kekurangan, disamping harga yang sulit terjangkau oleh sebagian saudara-saudara kita , juga membutuhkan perawatan agar kompor tetap awet, apinya menyala biru dan kondisi fisiknya tetap menarik.
Program pembagian kompor gas gratis yang dilakukan Pemerintah , untuk mengkonversi pemakaian gas menggantikan minyak tanah. Kita berharap semoga LPG tidak langka dipasaran , terus harganya makin melangit.

Berikut ini ada beberapa tip perawatan yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Untuk menjaga api tetap menyala biru, belilah gas di agen resmi agar kualitasnya lebih terjamin.
  2. Setiap habis masak, bersihkan selalu tungku agar tetap bersih dari debu, minyak , air, dan kotoran lainnya. Dengan kondisi tungku yang bersih, niscaya api tetap menyala biru.
  3. Secara kontinyu periksa regulator yang berfungsi mengatur tekanan gas dari tabung LPG. Pastikan regulator tersebut terpasang dengan benar. Tekanan yang ideal untuk kompor ada pada posisi low presure. Hindari tekanan yang melebihi kekuatan tabung karena berisiko terjadi ledakan.
  4. Setelah memasak, selalu bersihkan bagian badan atau bodi kompor. Jangan tunggu sampai mengerak karena akan semakin sulit membersihkannya.
  5. Bila masih ada minyak yang menempel, lap dengan kertas bekas, baru dengan kain.
  6. Untuk membersihkan tungku, lepas seluruh bagiannya. Lap dengan teliti satu persatu. Untuk bagian yang bergerigi sebaiknya menggunakan sikat plastik agar mudah menjangkaunya.

Dengan perawatan yang benar dan dilakukan secara kontinyu, nisacaya kompor gas di rumah Anda bukan hanya awet tapi juga memiliki api yang menyala biru.

Sumber: Klasika Kompas, http://kumpulantipspilihan.blogspot.com/

Tidak ada komentar: