*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 15 Mei 2008

Sekilas blog


Istilah blog berasal dari kata weblog, menurut Wikipedia istlah ini pertama dimunculkan oleh John Barger (1997). John Barger menggunakan istilah weblog guna menyebut kelompok-kelompok website pribadi yang selalu diupdate dan berisi link-link ke website lain yang menarik disertai komentar-komentar yang bebas. Peter Merholz menggunakan istilah “We Blog” pada tahun 1999, dia juga memperkenalkan kata “Blog”. Kemudian dalam perkembangannya kata Blog menjadi lebih meluas.
Situs blogging pertama, diperkenalkan oleh “Xanga” dimana pengguna jasanya sekitar 50 juta di akhir 2005, padahal tahun 1997 hanya memiliki 100 orang blogger.
Dewasa ini bisa dikatakan setiap menit akan muncul blogger-blogger baru. Google pun tertarik untum membeli jasa Blogger pada tahun 2004. dan Blogger masih tetap gratis hingga kini.
Bahkan begitu terkenalnya, The Oxford Dictionary , pada tahun 2003, memasukkan kata-kata seperti “Weblog”, “Weblogging” , “Webblogger” kedalamnya.
Blog pada mulanya merupakan semacam “catatan perjalanan” atau “catatan harian” seseorang di internet.Kemudian berkembang dengan membuat link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, dan makin berkembang dengan komentar-komentar yang kontruktif dan cerdas serta bebas.
Blog ini bersifat sangat personal. Dimana topik-topik yang muncul mencerminkan perihal yang disukai (tidak disukai), apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dipilih. Sehingga bisa dikatakan menggabarkan karakter penulisnya.
Perkembangan lain dari blog, yaitu ketika kemudian berkembang tidak hanya memuat link-link tetapi juga berupa tulisan-tulisan apa yang blogger impikan, angankan. Berbeda dengan jurnal, blog biasanya didesain untuk bisa dinikmati/ dibaca orang lain.
Blogger adalah cerminan kebebasan (demokrasi), dimana topik-topik sebuah blog adalah mutlak keinginan blogger , tanpa takut campur tangan editor. Setiap blogger bebas mengekspresikan diri.

Alasan bikin Blog
Apa yang bisa didapat seorang blogger? Seorang Blogger , Rebecca Blood, dalam blognya Rebeccas’s Pocket, menyatakan bahwa setelah dalam menulis dia mendapatkan dua hal ;
1. Ia menemukan kembali minatnya semenjak ia mulai membuat blog.
2. ia bisa mengekspresikan dan lebih menghargai sudut pandangnya sendiri.

Ketika seorang blogger menuliskan apa yang menjadi pikirannya, menjadikan ia lebih percaya diri dengan tulisannya.Dia juga bisa berkomunikasi dengan banyak orang dan saling tukar pikiran tentang minat pribadi , dan yang jelas bisa menungkapkan isi hati dengan keterusterangan.
Keinteraktifan adalah sudut lain yang didapat dari blog. Para blogger bebas memberikan opini dan komentar tentang suatu tpik (isu), juga memungkinkan para pembacanya meuliskan opininya pula. Pro kontra, tambahan informasi, fakta baru akan saling berinteraksi dalam suatu blog, tanpa harus menimbulkan konflik fisik.
Sumber : dari beberapa sumber bacaan.

Tidak ada komentar: