*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Senin, 05 Mei 2008

Al-Fatihah dan keutamaannya


Surah pertama ini dinamakan Al Fatihah karena firman Allah SWT yang terangkum dalam sebuah kitab yang bernama Al Quran diawali oleh surah ini. Dalam bahasa arab kata "Al Fatihah" adalah isim fa'il ataubentukan kata yang berarti subjek dari "fataha-Yaftahu-fathan-futuuhan", berarti membuka. Oleh sebab itu, secara etimologi, Al Fatihah berarti pembuka. Atau lebih jelasnya pembuka atau awal dari surah-surah Al Quran yang berjumlah 114 surah.
Al fatihah membicarakan tentang ushuluddin (pokok agama) dan cabang-cabangnya, Aqidah, lbadah Tasyri', percaya kepada hari akhir, percaya bahwa Allah mempunyai sifat-sifat yang baik dan mengesakan-Nya dalam beribadah, meminta tolong dan berdoa agar ditunjukkan jalan yang lurus, merendahkan diri padaNya untuk selalu diberikan keteguhan dalam iman dan meniti jalan yang lurus serta dijauhkan dari jalan yang ditempuh oleh orang-orang yang dibenci oleh Allah SWT dan orang-orang yang sesat, berita tentang kisah umat-umat terdahulu dan menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi laranganNya.

Sebuah surah yang agung.
Surah yang selalu dibaca dalam shalat. Rasulullah bersabda, “Tidah sah shalat seseorang jika tidak membaca Al-Fatihah”. (1)
Dalam hadits lain dinyatakan,”Tidaklah cukup shalat seseorang bila dia tidak membaca Al-Fatihah dalam shalatnya”. (2)
Rasulullah juga bersabda, ”Orang yang shalat tanpa membaca Al-Fatihah shalatnya buntung, shalatnya buntung, shalatnya buntung , tidak sempurna”. (3)
Sabdanya pula,” Allah Mahasuci dan Mahatinggi berfirman;’Aku telah membagi Al-Fatihah menjadi dua bagian, untuk-Ku dan untuk hamba-Ku. Separuh untuk-Ku dan separuh untuk hamba-Ku dan hamba-Ku akan mendapatkan bagian dari permohonan yang diucapkannya.’”

Rasulullah bersabda ;” Bacalah! , Bila hamba membaca ‘Alhamdu lillahi rabbil ‘aalamiin, Allah ta’ala menyahut ‘Hamba-Ku memuji-Ku. ‘Bila hamba membaca ‘Arrahmaanir rahiim’, Allah ta’ala menyahut : ‘Hamba-Ku menyanjung-Ku’. Bila hamba membaca ‘Maaliki yaumid diin’ , Allah ta’ala menyahut ;’Hamba-ku memuliakan-Ku’. Bila hamba membaca ‘Iyyaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin’ , (Allah menyahut) ; ‘Ini bagian-Ku dan bagian hamba-Ku dan hamba-Ku akan mendapatkan apa yang dimintanya.’ Bila hamba membaca ’Ihdinash shiraathal mustaqiim, shiraathal ladziina an-‘amta ‘alaihim ghairil maghdhuubi ‘alaihim wa ladh dhaalliin, (Allah menyahut) ; ‘Itu adalah hak hamba-Ku, dia akan mendapatkan apa yang dimintanya. (4)

Nabi juga bersabda “ Allah ‘azza wa jalla tidak pernah menurunkan ayat seperti Surah al-Fatihah ini pada Taurat dan Injil. Surah al-Fatihah adalah tujuh ayat yang selalu dibaca berulang kali , (5) (dan bacaan agung yang diberikan kepadaku) (6)
Makna simbolik Al Fatihah dan hubungannya dengan Al Quran per Juz yaitu menjabarkan sifat dan karakter manusia, semuanya terangkum dalam 30 Juz Al Quran dengan berbagai macam surah yang ada didalam

Dalam kisah orang yang shalatnya salah, Rasulullah telah menyuruhnya untuk membaca Al-Fatihah ini dalam shalatnya. (7)


Catatan :
(1) HR Bukhari , Muslim, Abu ‘Awanah, dan Baihaqi , Irwa’ Hadits no 302.
(2) HR Daraquthni, disahkan olehnya juga. Ibnu Hibban dalam Shahihnya.
(3) HR Muslim dan Abu’Awanah
(4) HR Muslim, Abu ‘Awanah dan Malik. Hadits ini mempunyai syahid dari hadits Jabir yang diriwayatkan oleh Sahmi dalam kitab Tarikh Jurjan, 144.
(5) Al Baji berkata : ‘Maksud kata sab’ul matsanni yaitu tujuh ayat dalam surah Al-Fatihah karena berisikan sanjungan dan pujian kepada Allah yang diucapkan berkali-kali dalam shalat. Al-Fatihah disebut pula Al-Qur’anul ‘azhim bukan berarti bahwa surah-surah yang lain tidak agung, tetapi Al-Fatihah yang paling utama. Sebagimana halnya Ka’bah disebut baitullah, bukan berarti masjid-masjid lain bukan baitullah, tetapi hanya untuk menyatakan Ka’bah lebih utama dari yang lain.
(6) HR. Nasa’i dan Hakim, disahkan oleh Hakim dan disetujui Dzahabi.
(7) HR Bukhari dalam bab Membaca di belakang imam, dengan sanad shahih


Sumber : Shifatu shalati an-Nabiyyi Shallallahu ‘alaihi wa sallama min at-Takbiiri ilaa at-Tasliimi Ka-annaka taraahaa , Muhammad Nashiruddin Al-albani

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!