*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Rabu, 21 Mei 2008

Sabar

Secara bahasa sabar berarti melarang dan menahan. Menurut syara’ , berarti menahan nafsu dari ketergesaan, menahan lisan dari keluhan danmenahan anggota badan untuk (tidak memukul pipi, merusah benda sebagai ungkapan kesedihan) atau yang lainnya.
Sabar adalah akhlak yang mulia , dengan sabar seseorang akan tercegah dari perbuatan tercela. Sabar adalah kekuatan untuk mencapai kebaikan dan kulurusan segala urusan.
Sabar adalah menelan kepahitan tanpa mengerutkan muka (Al-Junaid).
Sabar adalah menjauhi hal-hal yang bertentangan dengan agama ; bersikap tenang ketika menghadapi ujian yang berat ; menampakkan kecukupan dikala kefakiran datang di tengah medan kehidupan (Dzun Nuun Al-Mishriy).
‘Wahai saudaraku, Demi Allah tidak ada untungnya bagimu mengeluhkan Yang Megasihimu kepada yang tidak mengasihi kamu’. Bila anda mengeluh kepada anak Adam , artinya anda mengeluhkan Yang Maha Pengasih kepada yang tidak mengasihi.
Firman Allah SWT , “ Dan sabarlah kalian! Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar”. (Qs Al-anfal : 46).
Allah menjadikan sabar bagai kuda yang tak pernah letih, pedang yang tak pernah tumpul, pasukan perang yang tak terkalahkan dan benteng yang tak tertembus

Sabar dan kemenangan ibarat dua saudara kandung.

  1. Firman Allah SWT, “ Dan diantara mereka Kami jadikan pemimpin-pemimpin yang menjadikan perintah Kami sebagai petunjuk. Yaitu ketika mereka sabar dan yakin kepada ayat-ayat Kami”. (Qs. As-Sajadah : 24).
  2. Firman Allah SWT,” Sungguh , jika kalian sabar, kesabaran itu lebih baik bagi orang-orang yang sabar”. (Qs. An-Nahl : 126).
  3. Firman Allah SWT ,” Dan jika kalian sabar dan bertaqwa, niscaya tipu daya mereka tidak akan mendatangkan mudharat bagi kalian. Sesungguhnya allah Maha Meliputi atas apa yang mereka kerjakan”. (Qs.Ali Imran : 120).
  4. Firman Allah SWT, “ Wahai orang-orang yang beriman ! Sabarlah, kuatkanlah kesabaran-mu, ribathlah dan bertaqwa-lah kepada Allah, agar kalian mendapatkan kemenangan”. (Qs Ali Imran : 200).
  5. Firman Allah SWT ,” Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar”. (Qs Ali Imran : 146).
  6. Firman Allah SWT ,” Berikan kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. Yaitu orang-orang yang jika ditmpa suatu musaibah berkata’Sesungguhnya kita ini milik allah, dan kepada-Nya-lah kita kembali’. Merekalah orang-orang yang mendapat salam kesejahteraan dan rahmat dari Rabb mereka. Dan merekalah orang-orang yang mendapat petunjuk”. (Qs. Al-Baqarah : 155-157).
  7. Firman Allah SWT, “ Sesungguhnya Aku membalas mereka pada hari ini dengan kesabaran mereka. Sesungguhnya mereka itulah orang-orang yangmendapat kemenangan”. (Qs. Al-Mukminun : 111).
  8. Firman Allah SWT, “ Sesungguhnya dalam yang demikian itu ada tanda-tanda (ayat) bagi setiap orang yang banyak sabar dan banyak bersyukur”. (Qs. Ibrahim : 5).

Sabar itu ibarat poros bagi aktivitas mukmin. Kemanapun dia pergi, ia akan kembali kepadanya. Ia juga menopang imannya. Tidak ada iman bagi yang tidak memiliki kesabaran.
Iman terbagi dua, separuh sabar dan separuhnya lagi syukur.
Sumber :Tazkiyatun Nafs, Ibn Rajab Al-Hambali

Tidak ada komentar: