*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Selasa, 08 April 2008

Sholat amal terbaik

Amal Perbuatan Terbaik
Sholat adalah amal perbuatan terbaik yang dapat ditemuai setiap saat. Dalam dua puluh jam terus menerus hanya di waktu terlarang yang sangat sedikit. Yaitu sesudah sholat shubuh hingga matahari muncul. Dan sesudah sholat Ashar hingga magrib. Selebihnya semua hamba Allah mendapatkan kesempatan untuk mengambil kekuatan dan kedasyatan akibat yang ditimbulkan oleh sholat. Amal terbaik dijelaskan melalui hadits dari Tsauban ra, bahwa Rasulullah Shollallohu alaihi wasallam bersabda:

إِسْتَقِيْمُوْا وَلَنْ تُحْصُوْا. وَفِىْ رِوَايَةٍ : إِسْتَقِيْمُوْا تُفْلِحُوْا وَاعْلَمُوْا أَنَّ خَيْرَ أَعْمَالِكُمْ الصَّلاَةُ وَلاَ يُحَافِظُ عَلَى الْوُضُوْءِ إلاَّ مُؤْمِنٌ
(رواه الامام أحمد وبن حبّان فى صحيحه)

”Bersikap luruslah kamu (istiqomah) dan kalian tak akan bisa menghitung kebaikan istiqomah itu”. Dalam riwayat lain:”Bersikap luruslah (istiqomah) kamu, maka kamu akan beruntung, dan beramallah kamu, karena sesungguhnya sebaik-baik amal kamu adalah sholat, dan tidak menjaga (sempurnanya) wudlu kecuali orang-orang yang beriman kepada Allah swt.” (HR Imam Ahmad dan Ibnu Hibban)

Kesempatan setiap saat untuk mempersembahkan amal terbaik pada sang kholiq merupakan prestasi gemilang. Karena itu kesempatan itu terbuka seluas-luasnya. Selain ada sholat fardlu disiapkan sekian banyak sholat sunnah. Sebut saja sesudah bangun ada sholat tahajut. Jumlah rokaatnya terserah, paling tidak dua rokaat. Ada sholat witir.

Sesudah matahari muncul ada sholat dhuha. Dan sholat sunnah yang menyertai sholat wajib. Sangatlah tepat setiap orang yang mempersembahkan amal terbaik ini pasti dijamin lurus dan mulus masuk surga. Pasti. Tak ada keraguan.
Jaminan dan perjanjian lurus mulus ke surga dirangkai dalam untaian hadits yang riwayat oleh Ubadah bin Shamit ra bahwa dia berkata:

سَمِعْتُ رَسُوْلَ الله صلّى الله عليه وسلم يَقُوْلُ : خَمْسُ صَلَوَاتٍ كَتَبَهُنَّ اللهَ عَلَى الْعِبَادِ, فَمَنْ جَاءَ بِهِنَّ وَلَمْ يُضَيِّعْ مِنْهُنَّ شَيْئًا إِسْتِخْفَافًا بِحَقِّهِنَّ كاَنَ لَهُ عِنْدَ الله عَهْدٌ أَنْ يُدْخِلَهُ الْجَنَّةَ وَمَنْ لَمْ يَأْتِ بِهِنَّ فَلَيْسَ لَهُ عِنْدَ الله عَهْدٌ إنْ شَاءَ عَذَّبَهُ وَإِنْ شَاءَ أَدْخَلَهُ الْجَنَّةَ (رواه مالك وأبو داود والنسائى)

Aku mendengar Rasulullah Shollallohu alaihi wasallam bersabda:” Allah mewajibkan sholat lima waktu bagi seorang hamba. Maka barangsiapa mendatangi (menegakkan) sholat dan tidak menyia-nyiakan hak-haknya sedikitpun atas dasar meremehkan , maka baginya di sisi Allah ada ikatan perjanjian bahwa Dia akan memasukkannya ke dalam surga. Dan barangsiapa yang tidak memberikan hak-hak (sholat), maka tidak ada baginya di sisi Allah perjanjian, jika berkehendak maka Allah akan menyiksanya dan jika Dia berkehendak maka Dia akan memasukkannya ke dalam surga” (HR Malik dan Abu Dawud dan an-Nasa’i)

Adakah kebaikan yang didapat setiap kita nafas kecuali berdiri dalam nafas sholat
Adakah kebaikan yang didapat kecuali kita duduk dalam nafas sholat
Adakah kebaikan yang lebih utama kecuali sujud dalam nafas sholat
Keutamaan dalam hening nafas sholat
Utama seutama utama amal
Tersedia tiada batas waktu
Tanpa bermodal mahal
Adakah yang masih menyai-nyiakan?




Tidak ada komentar: