*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Minggu, 27 April 2008

30 Kiat Meraih kebahagiaan


oleh Dr Aidh bin Abdullah al-Qarni dalam LaaTahzan (Jangan Bersedih , setelah kesulitan ada kemudahan)



  1. Ketahuilah bahwa jika pikiran anda tidak tertuju pada kehidupan sebatas hari yang sedang anda jalani, niscaya hati anda akan kacau ; semua urusan anda akan goyah ; dan kesusahan serta kegelisahan anda semakin membengkak. demikian makna yang dimaksud oleh hadits yang menyatakan bahwa “Jika anda berada di pagi hari, jangan menunggu sampai datangnya petang hari ; dan jika anda berada di petanghari, jangan menunggu sampai datangnya pagi hari.”

  2. Lupakan masa lalu dengan segala kenangan pahit dan manisnya, karena memikirkan perihal masa lalu yang sudah usai merupakan tindakan yang tidak bermanfaat.

  3. Jangan sibukkan diri anda dengan masa depan, karena masa depan masih berada di alam gaib. Oleh karena itu, jangan pikirkan masa depan, biarlah ia datang dengan sendirinya

  4. Jangan anda goyah karena kritikan, tetapi tetap tegarlah. Ketahuilah bahwa kritikan yang ditujukan kepada anda mengindikasikan nilai dan bobot diri anda.

  5. Yakinlah bahwa iman kepada Allah dan amal shalih merupakan inti kehidupan yang baik dan membahagiakan.

  6. Tetap lah dzikrullah (selalu ingat kepada Allah) bila anda menginginkan ketenangan, keteduhan dan ketentraman.

  7. Seorang hamba hendaknya mengetahui bahwa segala sesuatu terjadi menurut apa yang telah digariskan oleh ketetapan Allah dan keputusan-Nya.

  8. Jika anda berbuat baik kepada seseorang, jangan pernah mengharapkan balasan darinya,

  9. persiapkan diri anda untuk menghadapi prediksi yang paling buruk dalam segala hal

  10. berdo’alah mudah-mudahan apa yang terjadi pada anda mengandung kebaikan bagi diri anda.

  11. Yakinlah bahwa semua yang telah ditaqdirkan atas seorang muslim adalah baik belaka baginya

  12. Ingatlah selalu akan nikmat yang ada, kemudian syukurilah.

  13. Percayalah bahwa apa yang anda miliki jauh lebih baik daripada apa yang dipunyai oleh kebanyakan orang.

  14. Camkan bahwa dari satu waktu ke waktu yang lain pasti ada kemudahan.

  15. Sadarilah bahwa bencana dimaksudkan untuk menggugah ybs agar memanjatkan do’a

  16. Yakinlah bahwa musibah itu tak ubahnya bagaikan minyak oles untuk mempertajam penglihatan dan menguatkan hati.

  17. Percayalah, sesungguhnya setiap kesulitan itu selalu dibarengi dengan kemudahan.

  18. Jangan biarkan hal-hal sepele membuat hidup anda terpuruk.

  19. Percayalah, sesungguhnya Allah Mahaluas ampunan-Nya.

  20. Jangan biarkan diri anda hanyut oleh emosi kemarahan anda yang berkelanjutan

  21. Hidup itu hanya memerlukan makanan, minuman, dan tempat berteduh, maka janganlah anda hiraukan yang lainnya.

  22. Yakinlah bahwa dilangit terdapat penyebab yang mendatangkan rizki bagi anda melalui hujan yang turun darinya dan menumbuhkan tumbuhan yang menghasilkan penghidupan bagi anda. Di langit terdapat pula balasan surga dan neraka yang telah dijanjikan kepada anda.

  23. Percayalah bahwa kebanyakan hal yang dikhawatirkan tidak ada kenyataanya.

  24. Ambillah pelajaran dari orang-orang yang tertimpa musibah.

  25. Sesungguhnya Allah apabila menyukai suatu kaum, dia akan menimpakan cobaan kepada mereka.

  26. Seringlah membaca do’a penangkal bencana

  27. anda harus mengisi waktu anda dengan kerja giat yang membuahkan hasil bermanfaat dan hindarilah kekosongan dan kesenggangan waktu.

  28. hindarilah isu yang menggoncangkan dan jangan percayai gosip yang menyebar luas.

  29. Ingatlah bahwa kedengkian anda dan antusias anda untuk melakukan balas dendam lebih membahayakan kesehatan anda daripada bahaya yang ditimbulkan oleh lawan anda.

  30. camkan bahwa setiap musibah yang menimpa diri anda merupakan penghapus dosa-dosa anda.

Tidak ada komentar: