Dinamo
starter adl penggerak
utama utk
menyalakan mesin mobil. Alat ini sbg pemutar mesin pertama
kalinya . Tentang dinamo sendiri, adalah mesin listrik (pembangkit
tenaga listrik) pengubah
energi
kinetik menjadi tenaga listrik. Bila dinamo menghasilkan arus bolak-balik (AC), dinamakan alternator. Dlm
dynamo, ada kumparan yg berada di ruangan
bermedan magnet homogeny. Jika kumparan berputar, mk fluks magnet yg menembus
kumparan itu selalu berubah-ubah setiap saat. Menurut hukum Faraday , hal ini mengakibatkan
timbulnya arus listrik yg disebut arus imbas (induksi) arus bolak-balik
(AC). Jika dilihat dengan osiloskop, grafik arus listrik ini berupa fungsi
sinusoida.
Prinsip umum kerja stater
Pada saat starter switch atau kunci
kontak dalam posisi start, arah aliran arus, pull-in-coil akan menarik kontak
untuk menghubungkan terminal “30” dengan terminal “C”, jika arus listrik sampai
ke ground.
Secara sederhana cara kerja motor
starter adl :
Pada perangkat dinamo starter ada 2 silinder besar dan kecil, yang besar
bersifat sebagai prime mover yg didalamnya ada rotor DAN berhubungan langsung dengan gigi
reduksi dan cylinder kedua berguna sebagai magnet buatan untuk menarik pengait
agar gigi reduksi bisa masuk ke flywheel.
Prinsip kerjanya simultan, pada saat kita start maka arus DC mengalir ke sistem akibat pengaruh induksi shg
rotor berputar (sekaligus memutar gigi reduksi), di sisi lain pengait akan menekan gigi reduksi
masuk ke flywheel. Pada waktu mesin sudah bekerja maka otomatis akan mematikan arus yang menuju cylinder maka posisi keduanya kembali ke stanby.
Pada dinamo (motor) starter terdapat 3 terminal, yaitu,
1.
terminal 50,
2.
terminal 30 dan
3.
terminal C.
Terminal 50 mendapatkan suplai dari baterai (aki) pada saat kita memutar kunci kontak
pada posisi starter. Kemudian, suplai listrik tsb akan mengerakkan / mengaktifkan
solenoid.
Selanjutnya solenoid menghubungkan kontak point/switch antara
terminal 30 (yang langsung mendapatkan suplai arus (+)
dari baterai) dengan terminal C.Sehingga suplai arus (+) dari baterai terhubung ke terminal C.
Dan terminal C mendapatkan suplai arus (+), lalu suplai positif tsb segera menggerakan/ memutarkan motor starter. Putaran motor
starter ini otomatis memutarkan
mesin melalui fly wheel, yang memungkinkan komponen mesin dapat berputar hidup (makanya disebut
sbg motor starter).
Apabila komponen dalam dynamo starter bekerja normal maka ya
tidak terjadi masalah , mesin dapat bekerja dan mobil bisa berjalan. Nah yang sering menjadi keluhan adalah bagaimana
kalau stater kendaraan tidak bekerja sebagaimana mestinya ?
Sulit distarter (mesin ngadat) kerap menjadi masalah besar, apalagi bila ternyata pemiliknya awam dengan permasalahan mesin kendaraan. Seringkali mati mesin tak jarang terjadi di saat
Anda sama sekali tidak mengharapkannya (misalnya menjelang rapat penting).
Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan
mobil, konvensional ataukah mobil modern
yang sudah menggunakan CDI (ECU). Bila mobil Anda telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan coba memperbaiki secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik khusus serta peralatan yg
hanya ada di bengkel- bengkel mobil.
Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa
di- starter,
- karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya.
- karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional. Platina mungkin sudah tidak baik. Untuk teknologi CDI. Sebaiknya segera ke bengkel saja , karena rumit dan sulit ditangani sendiri. Di permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki bagus/rusak, atau air aki kosong.
Kalau sudah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal
itu bisa jadi disebabkan karena platina dan kondensor. Masalah biasanya pada
plat yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik.
Supaya platina bisa kembali berfungsidengan baik, gunakan
amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai, pasang kembali
pada posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu memancing
percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak
bisa dipakai dan harus diganti.
Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring.
Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah
putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa
memakai kawat atau serabut kabel untuk dipasang
sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi permanen,
karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.
Atau bisa jadi karena dinamo starter sendiri yang bermasalah,
apa yang harus kita lakukan ?
Coba kita pelajari
dulu gejala-gejala yang timbul saat
starter tidak mau bekerja,
Gejala2 gejala yang
sering muncul pada saat kita start antara
lain :
1.
Lampu indikator battery dan Oli pada dashboard tidak menyala
sama sekali. 75% fusiblelink (kabel lemas kecil dengan soket putih dekat dengan
terminal aki +) kotor atau putus. kemungkinan lain adalah kepala aki kotor dan
atau aki anda terkuras total setrumnya (jarang sekali).
2.
Lampu indikator battery dan oli pada dashboard (warna merah)
nyala namun meredup ketika di starter, kesimpulan sementara 90% aki anda rusak
atau kurang setrum.
3.
Tedengar suara “gemeretek “ , kemungkinan berulang ulang 75% aki anda rusak atau kurang setrum. 20%
kepala aki kotor atau kabel ground anda
sudah korosi.
4.
Terdengar suara mesin berputar tetapi lemah seperti “ngeek..ngek….”.
kemungkinan besar bushing starter aus sehingga anker starter sudah tidak dapat
berputar pada sumbunya maka perputarannya menjadi sangat berat. Kemungkinan lain mesin kendaraan anda terlalu berat untuk
diputar, misalnya terjadi kerusakan pada crank saft, sistem timing dll.
5.
Terdengar suara “ctek ctek..” satu kali saja setiap kali
memutar kunci kontak…kemungkinannya adalah switch starter ( solenoid switch ) sudah tidak berfungsi dengan baik. Kemungkinan
lainnya kunci kontak
anda kotor atau sudah aus. untuk mobil yang menggunakan relay starter 40% itu ada pada kerusakan relay.
anda kotor atau sudah aus. untuk mobil yang menggunakan relay starter 40% itu ada pada kerusakan relay.
6.
Sewaktu
kunci starter mobil dalam posisi On dan mobil di starter
7.
terdengar
*bunyi kasar *seperti benturan dua metal, ini pertanda *bendix *dinamo starter
mobil mulai bermasalah atau gigi flywheel mobil* *sudah mulai runcing/bermasalah
8.
Starter terkadang dimulai dengan suara berat lalu enteng dan
mesin hidup. Biasanya hal ini terjadi karena kesalahan penyetelan Fur dan
Na..delco.
9.
Pagi hari tidak dapat starter, pada siang hari starter
lancar. Kemungkinan besar aki
sudah soak tidak dapat menyimpan setrum untuk waktu yang lama.
10. Saat pagi mudah
starter, jika sudah
dipakai agak lama (panas) susah starter. Kemungkinan besar switch starter / solenoid switch anda rusak.
dipakai agak lama (panas) susah starter. Kemungkinan besar switch starter / solenoid switch anda rusak.
11. Saat distarter tidak
ada reaksi sama sekali, tidak ada bunyi. Kemungkinan gulungan starter anda Hangus atau terbakar
/korslet, atau bias juga Relay starter atau kunci kontak anda bermasalah.
12. Saat distarter
terdengar suara dynamo starter mutar mendesing kencang “ssing…” wah ini
kemungkinan besar bendix starter sudah anda Dull/dol.
13. Terkadang bisa starter
terkadang tidak, baik dalam keadaan panas maupun dingin, pagi atau malam. Kemungkinan Carbon Brush starter anda sudah pendek.
Setelah mempelajari gejala2 yang timbul, agar lebih detail mengetahui penyakit mobil anda, yang harus dilakukan adalah :
- Lakukan pengecekan Voltase battery anda, Battery yang bagus biasanya voltasenya tidak dibawah 12.4V, jika dibawah itu mungkin bisa saja starter namun tidak untuk starter panjang dan berulang ulang.
- Jika analisa dari gejala gejala yang timbul diatas
menjadikan starter sebagai tersangka utama maka lakukan pengetesan starter
secara langsung. Dengan cara menggabungkan sumber setrum pada switch
starter biasanya baut 12 dengan kabel
tembaga yang besar dengan terminal kunci kontak yang terletak di switch starter juga
(disamping kiri yang terdapat satu kabel terpasang padanya. Cabut kabel
tersebut maka akan terlihat sebuah terminal kecil). “SEBELUM MELAKUKAN
HAL INI PASTIKAN POSISI GIGI TRANSMISI PADA POSISI NETRAL” Gabungkan
no 8 dan no 9 dengan kabel atau obeng logam. Pada kondisi normal maka
starter akan memutar mesin. Jika iya berarti kunci kontak anda atau relay
anda bermasalah. Jika tidak coba lakukan pengetesan no 3. - Jika cara diatas belum dapat mempersempit permasalahan
lakukan penggabungan terminal no 8 pada gambar dengan terminal no 7 pada
gambar yaitu berupa dua terminal baut 12 yang terdapat pada switch
starter. Pada kondisi normal seharusnya Starter akan memutar dengan
kencang tanpa memutar mesin. (karena gigi bendix tidak didorong oleh
switch starter jadi tidak memutar flw wheel). jika tidak maka permasalahan
kemungkinan besar terdapat pada dinamo starter anda, bisa
karena gulungan yang terbakar atau brush starter yang habis. bisa pula
karena kabel penyampai strum anda dari aki ke starter (ke terminal no 8 pada gambar ) tidak terhubung secara benar.
Hal lain
yang biasa menjadi
biang kerok mesin mobil tidak bisa di-
starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yg kurang pada
sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa
saringannya, cabut filter- nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan
alat pemanas seperti hair- dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa
merusak
dinding saringan udara.
dinding saringan udara.
Lalu bagaimana cara
mengatasi kerewelan dynamo starter : Yang harus anda lakukan adalah
- Menambah Relay starter
tambahan
- Mengganti Switch Kunci
Kontak Starter
- Mengganti Switch Dinamo
Starter
- Menggulung kembali
Kumparan Dinamo Starter
- Mengganti Cool Brush
Dinamo starter
- Mengganti Bendix Dinamo
starter
- Mengganti Gigi Flywheel dan
yang terakhir Mengganti Dinamo Starter Assy/Segojod
Allahu a’lam
Semoga bermanfaat
Sumber : ferky.wordpress.com ,
wikipedia dll
1 komentar:
BENGKEL DINAMO "MULTI TEKNIK" jogja
- Mengerjakan segala macam dinamo mobil, generator/genset, elektromotor, avr, dll. Terima panggilan.
- Sedia segala macam onderdil dinamo baru/bekas. ( siap kirim luar kota)
Alamat : Krapyak Wetan Rt01 Rw54 No.15 A panggungharjo sewon bantul yogyakarta. 55188
TELP. (0274) 382664 / SMS : 0813.2856.1122
Posting Komentar