*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Rabu, 02 Mei 2012

Tips : antisipasi kerusakan dynamo starter

Dinamo starter adl penggerak utama utk menyalakan mesin mobil. Alat ini sbg pemutar mesin pertama kalinya . Tentang dinamo sendiri, adalah mesin listrik (pembangkit tenaga listrikpengubah  energi kinetik menjadi tenaga listrik. Bila dinamo menghasilkan arus bolak-balik (AC), dinamakan alternator.  Dlm dynamo, ada kumparan yg  berada di ruangan bermedan magnet homogeny. Jika kumparan berputar, mk fluks magnet yg menembus kumparan itu selalu berubah-ubah setiap saat. Menurut hukum Faraday , hal ini mengakibatkan timbulnya arus listrik yg disebut arus imbas (induksi) arus bolak-balik (AC). Jika dilihat dengan osiloskop, grafik arus listrik ini berupa fungsi sinusoida.
Prinsip umum kerja stater

Pada saat starter switch atau kunci kontak dalam posisi start, arah aliran arus, pull-in-coil akan menarik kontak untuk menghubungkan terminal “30” dengan terminal “C”, jika arus listrik sampai ke ground.
Secara sederhana cara kerja motor starter adl :
Pada perangkat dinamo starter  ada 2 silinder besar dan kecil, yang besar bersifat sebagai prime mover yg didalamnya ada rotor DAN  berhubungan langsung dengan gigi reduksi dan cylinder kedua berguna sebagai magnet buatan untuk menarik pengait agar gigi reduksi bisa masuk ke flywheel.

Prinsip kerjanya simultan,  pada saat  kita start maka arus DC mengalir ke sistem akibat pengaruh induksi shg rotor berputar (sekaligus memutar gigi reduksi),  di sisi lain pengait akan menekan gigi reduksi masuk ke flywheel. Pada waktu mesin sudah bekerja maka otomatis akan mematikan arus yang menuju  cylinder maka posisi keduanya kembali ke  stanby.


 

Pada dinamo (motor) starter terdapat 3 terminal, yaitu,
1.    terminal 50,
2.    terminal 30 dan
3.    terminal C.
Terminal 50 mendapatkan suplai  dari  baterai (aki) pada saat kita memutar kunci kontak pada posisi starter. Kemudian, suplai  listrik tsb  akan mengerakkan / mengaktifkan solenoid.
Selanjutnya  solenoid   menghubungkan kontak point/switch antara terminal 30 (yang langsung mendapatkan suplai arus (+) dari baterai) dengan terminal C.Sehingga suplai  arus (+) dari baterai terhubung ke terminal C.

Dan  terminal C mendapatkan suplai arus  (+), lalu suplai positif tsb segera menggerakan/ memutarkan motor starter. Putaran motor starter ini  otomatis  memutarkan mesin melalui fly wheel, yang memungkinkan komponen  mesin dapat berputar hidup (makanya disebut sbg motor starter).

Apabila komponen dalam dynamo starter bekerja normal maka ya tidak terjadi masalah , mesin dapat bekerja dan mobil bisa berjalan. Nah yang sering menjadi keluhan adalah bagaimana kalau stater kendaraan tidak bekerja sebagaimana mestinya ?

Sulit distarter (mesin ngadat) kerap menjadi masalah besar, apalagi bila ternyata  pemiliknya awam dengan permasalahan  mesin kendaraan. Seringkali mati mesin tak jarang terjadi di saat Anda sama sekali tidak mengharapkannya (misalnya menjelang rapat penting).

Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional  ataukah mobil modern yang sudah menggunakan CDI (ECU).  Bila mobil Anda  telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan coba memperbaiki secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik khusus  serta peralatan yg hanya ada di bengkel- bengkel mobil.

Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di- starter,
  1.  karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya.
  2.  karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional. Platina mungkin sudah tidak baik. Untuk teknologi CDI. Sebaiknya segera ke bengkel saja , karena  rumit dan sulit ditangani sendiri. Di permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki bagus/rusak, atau air aki kosong.
Kalau sudah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena platina dan kondensor. Masalah biasanya pada plat yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik.

Supaya platina bisa kembali berfungsidengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai, pasang kembali pada posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu memancing percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai dan harus diganti.


Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.

Atau bisa jadi karena dinamo starter sendiri yang bermasalah, apa yang harus kita lakukan ?
Coba kita pelajari dulu gejala-gejala  yang timbul saat starter tidak mau bekerja,
Gejala2 gejala yang sering muncul pada saat kita start antara lain :
1.    Lampu indikator battery dan Oli pada dashboard tidak menyala sama sekali. 75% fusiblelink (kabel lemas kecil dengan soket putih dekat dengan terminal aki +) kotor atau putus. kemungkinan lain adalah kepala aki kotor dan atau aki anda terkuras total setrumnya (jarang sekali).
2.    Lampu indikator battery dan oli pada dashboard (warna merah) nyala namun meredup ketika di starter, kesimpulan sementara 90% aki anda rusak atau kurang setrum.
3.    Tedengar suara “gemeretek “ , kemungkinan berulang ulang 75% aki anda rusak atau kurang setrum. 20% kepala aki kotor  atau kabel ground anda sudah korosi.
4.    Terdengar suara mesin berputar tetapi lemah seperti “ngeek..ngek….”.  kemungkinan besar bushing starter aus  sehingga anker starter sudah tidak dapat berputar pada sumbunya maka perputarannya menjadi sangat berat.  Kemungkinan lain  mesin kendaraan anda terlalu berat untuk diputar, misalnya terjadi kerusakan pada crank saft, sistem timing dll.
5.    Terdengar suara “ctek ctek..” satu kali saja setiap kali memutar kunci kontak…kemungkinannya adalah switch starter ( solenoid switch )  sudah tidak berfungsi dengan baik. Kemungkinan lainnya  kunci kontak
anda kotor atau sudah aus. untuk mobil yang menggunakan relay starter 40% itu ada pada kerusakan relay.
6.    Sewaktu kunci starter mobil dalam posisi On dan mobil di starter
7.    terdengar *bunyi kasar *seperti benturan dua metal, ini pertanda *bendix *dinamo starter mobil mulai bermasalah atau gigi flywheel mobil* *sudah  mulai runcing/bermasalah
8.    Starter terkadang dimulai dengan suara berat lalu enteng dan mesin hidup. Biasanya hal ini terjadi karena kesalahan penyetelan Fur dan Na..delco.
9.    Pagi hari tidak dapat starter, pada siang hari starter lancar.  Kemungkinan besar   aki sudah soak tidak dapat menyimpan setrum untuk waktu yang lama.
10. Saat pagi mudah starter, jika sudah
dipakai agak lama (panas) susah starter.  Kemungkinan besar  switch starter / solenoid switch anda rusak.
11. Saat distarter tidak ada reaksi sama sekali, tidak ada bunyi. Kemungkinan  gulungan starter anda Hangus atau terbakar /korslet, atau bias juga Relay starter atau kunci kontak anda bermasalah.
12. Saat distarter terdengar suara dynamo starter mutar mendesing kencang “ssing…” wah ini kemungkinan besar  bendix starter  sudah anda Dull/dol.
13. Terkadang bisa starter terkadang tidak, baik dalam keadaan panas maupun dingin, pagi atau malam. Kemungkinan  Carbon Brush starter anda sudah pendek.

Setelah mempelajari gejala2 yang timbul, agar lebih detail mengetahui penyakit mobil anda, yang harus dilakukan adalah :
  1. Lakukan pengecekan Voltase battery anda, Battery yang bagus biasanya voltasenya tidak dibawah 12.4V, jika dibawah itu mungkin bisa saja starter namun tidak untuk starter panjang dan berulang ulang.
  2. Jika analisa dari gejala gejala yang timbul diatas menjadikan starter sebagai tersangka utama maka lakukan pengetesan starter secara langsung. Dengan cara menggabungkan sumber setrum pada switch starter  biasanya baut 12 dengan kabel tembaga yang besar dengan terminal kunci kontak  yang terletak di switch starter juga (disamping kiri yang terdapat satu kabel terpasang padanya. Cabut kabel tersebut maka akan terlihat sebuah terminal kecil). “SEBELUM MELAKUKAN HAL INI PASTIKAN POSISI GIGI TRANSMISI PADA POSISI NETRAL” Gabungkan
    no 8 dan no 9 dengan kabel atau obeng logam. Pada kondisi normal maka
    starter akan memutar mesin. Jika iya berarti kunci kontak anda atau relay
    anda bermasalah. Jika tidak coba lakukan pengetesan no 3.
  3. Jika cara diatas belum dapat mempersempit permasalahan lakukan penggabungan terminal no 8 pada gambar dengan terminal no 7 pada gambar yaitu berupa dua terminal baut 12 yang terdapat pada switch starter. Pada kondisi normal seharusnya Starter akan memutar dengan kencang tanpa memutar mesin. (karena gigi bendix tidak didorong oleh switch starter jadi tidak memutar flw wheel). jika tidak maka permasalahan kemungkinan besar terdapat pada dinamo starter anda, bisa
    karena gulungan yang terbakar atau brush starter yang habis. bisa pula
    karena kabel penyampai strum anda dari aki ke starter (ke terminal no 8 pada gambar ) tidak terhubung secara benar.

Hal lain  yang biasa menjadi biang kerok mesin mobil tidak bisa di- starter  adalah karena suplai bahan bakar/udara yg kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter- nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair- dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak
dinding saringan udara.

Lalu bagaimana cara mengatasi kerewelan dynamo starter : Yang harus anda lakukan adalah
- Menambah Relay starter tambahan
- Mengganti Switch Kunci Kontak Starter
- Mengganti Switch Dinamo Starter
- Menggulung kembali Kumparan Dinamo Starter
- Mengganti Cool Brush Dinamo starter
- Mengganti Bendix Dinamo starter
- Mengganti Gigi Flywheel dan yang terakhir Mengganti Dinamo Starter Assy/Segojod  

Allahu a’lam

Semoga bermanfaat
Sumber : ferky.wordpress.com , wikipedia dll

1 komentar:

Anonim mengatakan...

BENGKEL DINAMO "MULTI TEKNIK" jogja

- Mengerjakan segala macam dinamo mobil, generator/genset, elektromotor, avr, dll. Terima panggilan.
- Sedia segala macam onderdil dinamo baru/bekas. ( siap kirim luar kota)

Alamat : Krapyak Wetan Rt01 Rw54 No.15 A panggungharjo sewon bantul yogyakarta. 55188

TELP. (0274) 382664 / SMS : 0813.2856.1122