*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Rabu, 24 September 2008

The secret of Subuh

Shalat subuh berjamaah di masjid ,bisa jadi merupakan ibadah terasa berat untuk dilakukan dengan istiqomah. Mungkin kebiasaan tidur larut kita harus diubah . Rutinitas kehidupan kita berupa siklus kantuk, tidur, bangun, dan beraktivitas merupakan karunia nikmat Allah SWT.
Firman Allah yang artinya ''Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat. '' (QS An-Naba' [78]: 9).
Adzan untuk panggilan sholat Subuh ada tambahan ucapan ashsholatu khoirumminan naum sebanyak dua kali yang mengingatkan kepada kita bahwa shalat lebih baik daripada tidur.
Dalam sebuah hadits Qudsi, Allah SWT berfirman, bahwa pada saat sepertiga malam terakhir bagi siapa :
- yang bermunajat kepada-Nya akan dipenuhi;
- yang memohon ampun akan diampuni,
- yang berdoa akan dikabulkan.

Saudaraku, marilah kita mulai atau istiqomah untuk melakukan qiyamul lail, shalat tahajud. Allah SWT menjanjikan kedudukan yang terpuji bagi mereka yang mendirikan sholat tahajud (QS Al-Israa' [17]: 79).

Rasulullah SAW mengajarkan doa bangun tidur:''Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nya kami akan kembali. '' (HR Bukhari).

Jika sudah terbiasa bisa bangun di akhir malam, akan mudah dan ringan untuk dilaksanakan. Dengan tidur malam di awal waktu dan makan malam secukupnya saja. Di samping itu, menjelang tidur malam kita niatkan akan mendirikan shalat tahajud semata-mata mencari keridhoan-Nya.
Tidak lupa berdo’a sebelum tidur yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW: ''Dengan menyebut nama-Mu wahai Allah, aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati. '' (HR Bukhari dan Muslim).

Sabda Rasulullah SAW , “ Berikanlah kabar gembira bahwa barangsiapa yang sering berjalan dalam kegelapan menuju masjid akan mendapatkan cahaya yang sangat terang di hari kiamat “ (HR Abu Dawud, Tirmidzi & Ibnu Majah).

Banyak sekali keutamaan sholat subuh. Mulai dari segi pahalanya sampai dari segi kesehatan atau lainnya ;

  1. Utsman bin Affan r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang shalat Isya berjamaah maka seakan-akan ia telah shalat setengah malam. Dan barangsiapa shalat subuh berjamaah (atau dengan shalat Isya - seperti yang terttera dalam hadits Abu Dawud, dan at-Tirmidzi), maka seakan-akan ia telah melaksanakan shalat satu malam penuh.” (HR. Muslim)
  2. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Kalau sekiranya manusia mengetahui apa yang tersembunyi dalam azan dan shaf pertama, maka mereka tidak akan mendapatkan bagian kecuali dengan jalan diundi di dalamnya, niscaya mereka akan ikut serta dalam undian (banyaknya yang berbondong-bondong guna mendapatkan shaf pertama). Dan jika mereka mengetahui apa yang didapatkan dalam awal kedatangah (shalat jamaah), niscaya akan berlomba-llomba. Dan, jika mereka mengetahui apa yang tersimpan di dalam shalat Subuh dan Isya, maka mereka akan mendatanginya walau dengan merangkak.” (HR. Bukhari)
  3. Aisyah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Dua rekaat Fajar (shalat sunnah sebelum Subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya.” (HR. Muslim).
  4. Ammarah bin Ruwaihah r.a. meriwayatkan bah Rasulullah Saw pernah bersabda, “Tidak akan masuk neraka orang yang shalat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya matahari.” (HR. Muslim)

Sungguh tak terbayangkan keutamaannya. Sayang sekali , andai kita melalaikan hal ini.

Waktu Subuh hingga matahari terbit adalah waktu yang penuh barokah yang seharusnya kita manfaatkan dengan optimal.

Rasulullah SAW memberikan contoh dengan tidak pernah tidur lagi usai mendirikan sholat Subuh di masjid. Berdzikir, tilawah dan tadabbur Al-Qur’an adalah amalan yang bisa dilakukan ba’da sholat Subuh hingga terbit matahari. Banyak dzikir ma’tsurat diajarkan oleh beliau yang bisa diamalkan.

Jika sholat Subuh kita lakukan di masjid secara rutin dan setelahnya tidak tidur, dengan diikuti dengan amalan di atas hingga matahari terbit, akan banyak keberkahan yang didapatkan. Setelah matahari sepenggalah naik, bisa dilanjutkan dengan sholat dhuha. Semuanya merupakan bekal ruhiyah yang akan memberikan spirit dalam melakukan kegiatan sehari-hari untuk meraih ridho Allah SWT.

Ujian berat
Allah swt. Berfirman dalam kitab-Nya: Alif lam mim. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: " Kami telah beriman, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar. Dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. (QS.Al-Ankabut [29]: 1-3).

Dsari riwayat Abu Hurairah r.a., bahwa Rasulullah saw. Bersabda: " Sesungguhnya salat yang paling berat bagi orang munafik adalah salat Isya' Dan salat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dengan merangkak. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Di balik pelaksanaan dua rakaat di ambang fajar ini, tersimpan rahasia yang menakjubkan.

Pernah suatu hari, pasukan muslim terlambat shalat Subuh ketika berupaya dalam dalam penaklulkan benteng Tastar. 'Kejadian' ini membuat seorang sahabat, Anas bin Malik selalu menangis bila mengingatnya. Untuk apa arti sebuah kemenangan besar penaklukan musuh , bila harus terlambat shalat subuh.
Yang menarik, ternyata Subuh juga menjadi waktu peralihan dari era jahiliyah menuju era tauhid. Kaum 'Ad, Tsamud, dan kaum pendurhaka lainnya, di-azab Allah swt. pada waktu Subuh.

Subhanallah! Allah swt, jangan sampai kita melewatkan moment yang mulia ini. Allah swt akan memberikan jaminan kepada orang yang menjaga salat Subuhnya, yaitu terbebas dari siksa neraka jahanam. Tidak akan masuk neraka, orang yang shalat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam matahari.

Salat Subuh merupakan hadiah besar dari Allah swt.,yang tidak diberikan, kecuali kepada orang-orang yang taat lagi bertaubat.
Semoga kita selalu diberi hidayah Allah untuk istiqomah shalat Subuh berjamaah di .

sumber : Sigit Indriyono, dikutip dari buku: Misteri Salat SubuhDr. Raghib As-Sirjani. Penerbit Aqwam Jembatan Ilmu. Solo.



1 komentar:

Keluarga Hartono mengatakan...

subhanalloh... dgn bangun lebih awal, dilanjutkan dengan shalat sunnah fajar, kemudian shalat shubuh tepat waktu dengan berjamaah di masjid, terasa nikmat yang tiada tara bagiku. udara masih terasa sejuk, keheningan malam masih terasa sepi, kegelapan malam masih sangat terasa indah.
subhanalloh... fabiayyi aalaa irabbikuma tukadzdzibaan