*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Rabu, 10 September 2008

Bagai rasa lapar , menunggu makanan datang

Rasa lapar akan membuat seseorang mempersiapkan diri untuk membenahi posisinya sehingga ketika makanan tiba ia tinggal menikmatinya. Kesulitan yang kita alami ini, sebelum datangnya kemudahan bagaikan datangnya rasa lapar sebelum datangnya makanan. Bagaikan menahan lapar dan haus saat puasa sambil menunggu datangya saat berbuka.
Benarlah bila dikatakan apa yang kita sukai saat ini belum tentu baik untuk masa depan. Umumnya manusia membagi peristiwa yang menimpanya menjadi dua kelompok besar, yaitu peristiwa baik dan peristiwa buruk. Pembagian ini juga bergantung pada susut pandang orang itu berdasar budaya, lingkungan atau keyakinan yang dianut.

Memang seringkali kita memandang atau menganalisa terlalu cepat sebuah situasi persoalan yang menimpa. Sehingga ada perasaan menyalahkan pihak lain sebagai penyebab kemalangan kita.

Bahkan sering kita mempertanyakan kepada Tuhan.
Dan mengeluh ‘ “Ya Allah , ya Tuhan-ku kenapa hal ini bisa terjadi pada saya ? “
“Saya ini orang yang taat menjalankan perintah-Mu, tetapi kenapa hal ini menimpa padaku ?”
Apakah anda berpikir , semakin anda taat , anda dijamin akan tidak kena musibah ?


Firman Allah , “ Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu ? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya ; “Bilakah datangnya pertolongan Allah ?” Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (Qs. Al-Baqarah : 214).

Kita disini mencoba memandang kondisi ini dari kaidah Islam . Yang menjadi patokan keyakinan kita adalah bahwa hanya Allah-lah yang Maha Mengetahui apa yang terbaik bagi kita.

Dari hadits riwayat Bukhari ,

bahwa Saad Bin Waqqash berkata, “ Aku pernah bertanya ,” Wahai Rasulullah ! Siapakah orang yang paling berat cobaanya ?”

Beliau menjawab ,” Para Nabi, kemudian orang-orang shalih, kemudian yang sesudah mereka secara berturut-turut menurut tingkat keshalihannya . Seseorang akan diberi ujian sesuai dengan kadar agamanya. Bila ia kuat, akan ditambah cobaan baginya. Kalau ia lemah dalam agamanya, akan diringankannya cobaan baginya . Seorang mukmin akan tetap diberi cobaan, sampai ia berjalan di muka bumi ini tanpa dosa sedikitpun”.


Manusia hanya bisa melihat tampilan luar suatu peristiwa dan hanya mampu bersandar pada kemapuan inderanya. Allah menyatakan kepada kita bahwa suatu peristiwa yang dianggap baik oleh manusia, pada suatu saat terbukti bahwa sebenarnya merugikan manusia itu sendiri.

Firman Allah, “ Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu , Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui “. (Qs. Al-Baqarah : 216).

Dengan meyakini hal ini, kita akan memiliki pandangan lebih luas dan lebih baik. Kita akan merasa bersyukur atas segala yang terjadi pada diri kita. Akibatnya kita, akan berupaya untuk melihat kebaikan dalam segala sesuatu yang kita alami.

Sumber : Hendra Setiawan , Agar selalu ditolong Allah , dll.




Tidak ada komentar: