*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 05 Juli 2012

Tips merawat power steering elektrik (EPS)

Electronic Power Steering (EPS) banyak diaplikasikan  pd mobil  kecil (1.000-1.500 cc) karena motor listrik yg membantu pergerakan kemudi tanpa membebani kerja  mesin. Lain dengan   teknologi  power system hidraulis  yg membebani kerja mesin  hingga 1 dk, dimana hal ini berarti juga menyedot jatah BBM. Perangkat teknologi EPS tak lagi memakai pompa oli bertekanan , namun mengandalkan  motor listrik dgn sumber energi aki mobil.  Walau diklaim punya kelebihan dan bebas perawatan  , namun  tetap diperlukan kiat perawatan yg jitu , shg perangkat ini bisa berfungsi optimal dan hemat biaya.  

Para produsen mengklaim ini produk punya masa pakai lebih lama, namun perlu diwaspadai bahwa setiap perangkat yang mengandalkan system elektrik penuh akan sulit dilakukan deteksi kapan komponen ini mulai rewel atau rusak. Lain dengan tekonologi sebelumnya akan lebih mudah terdeteksi bila ada gangguan.

Berikut ini ada beberapa tips ringan untuk anda dalam merawat EPS kendaraan anda, semoga bermanfaat ;

1.  Sebagai komponen diklaim bebas perawatan. Adapun perawatan yg ada umumnya sebatas pengecekan komponen luar rangkaian motor elektrik. Pasalnya, parts pengganti seperti dinamo, sensor dan komponen kecil lainnya umumnya masih langka dipasaran. Jika terjadi salah satu komponen rusak  , ya harus mengganti satu rangkaian. Misalnya model steer column yang tergabung dengan dinamo atau dengan racksteer. Untuk menghindari kondisi demikian , sebaiknya upayakan agar air jangan masuk ke motor elektrik. Komponen ini peka terhadap air.  Jadi  perlu hati-hati saat mencuci cuci mobil, karena banyak merk mobil yg memasang komponen EPS  dengan racksteer (di kolong mobil)  Tambahkan komponen pelindung air, atau tutup kedap air  atau bisa dibalut lakban.  
2.   Periksa secara rutin kebersihan atau upayakan komponen-komponen di lokasi  Sekring EPS tetap kering dan bersih. Kotak sekering dan perangkatnya umumnya tertancap  dalam kabin mesin.  Untuk membersihkan ruangan ini cairan sejenis pembersih khusus atau contact cleaner.
3.    Periksa juga secara rutin  komponen penunjang lain seperti karet boot steer dan joint steer , usahakan tetap bersih dan kering. Jika joint steer dan bagian tie rod mulai kendor berarti   perlu penggantian segera. 
4.    Bila suatu ketika  lampu indikator EPS pada cluster dasbor menyala  , segera deteksi kerusakan secara manual dulu misalnya  memeriksa kondisi sekring. Pastikan sekring tidak longgar, korosi hingga putus dalam boks sekring pusat yang letaknya dalam ruang mesin.
5.   Bila suatu ketika lampu indikator pada cluster dasbor menyala  berarti  ada kelainan pada sektor EPS. Gejalanya bisa seperti setir mendadak berat atau kedutan saat setir diputar. Ini bisa karena kesalahan dalam perawatan atau perlakuan. Hal ini bisa juga disebabkan oleh penggunaan  pelek lebih besar dan ban yang lebih lebar dari yg direkomendasikan pabrik . Nah segera konsultasikan dengan bengkel.
6.    Kemungkinan lain  penyebab stir terasa berat , bisa jadi  karena suplai arus ke dinamo yang tidak konstan . Segera perbaiki dynamo sebelum kerusakan merembet ke kompoene selanjutnya.
7.    Perlakukan perangkat EPS ini dengan lembut . Hindari memutar stir secara spontan (cepat) terutama perlakuan buru-buru saat memutar setir kemudi saat parkir.  Modul EPS yg terintegrasi dengan motor listrik di kolom setir tak sanggup menerima command dari sensor gerak yang terlalu spontan. Energi motor listrik dan aki tidak akan sanggup menopang catu listrik untuk beban yg tiba-tiba.  Bila ini dijadikan kebiasaan, EPS cepat rusak.
8.    Hindari sikap Missed threat , misalnya paksain pakai pelek atau roda lebih besar , atau posisi roda yg tak sesuai spek pabrik akan membuat sistem kemudi menjadi lebih berat dimana mengakibatkan EPS memiliki beban kerja lebih. Atau bisa dipahami  hal ini membuat beban listrik yang berlebihan pada komponen EPS.
9. Usahakan rutin melakukan perawatan alignment sehingga dapat segera menormalkan sudut caster, camber, toe-in dan toe-out normal kembali sesuai spesifikasi pabrikan.
10. Karena komponen EPS sensitif dengan air , sebaiknya berpikir dua kali deh bila ingin melibas banjir,
11. Khusus untuk mobil dgn EPS semi elektrik, apabila terjadi kerusakan pada motor listrik PS ada solusi  lebih efisien daripada harus mengganti komponen ini, karena biaya penggantian bisa mencapai Rp 10 jutaan. Sistem pompa elektrik dapat diganti dengan pompa mekanis yg mengandalkan putaran mesin. Hal ini dapat dilakukan karena EPS semi elektrik masih menggunakan cairan Power Steering .Dengan penggunaan pompa mekanis, yg berarti mengubah Electric Power Steering menjadi Hydrolic Power Steering dapat menghemat biaya perawatan karena lebih mudah dan murah. 

Semoga bermanfaat
Allahu a’lam
Sumber : otomotif, otobuild,  Kompas.com  Otomotifafastworld , ARS 94 Power Steering dll

Tidak ada komentar: