*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 12 Juli 2012

Tips : memilih mesin cuci (2 dr 3)

Mesin cuci top loading
Jenis ini adalah tipe dgn satu buah tabung saja. Tipe Top Loading satu  tabung merupakan pengembangan teknologi  dua tabung. Tipe  ini menggabungkan tabung cuci (bilas) dan tabung pengering pd mesin cuci twin tube menjadi satu saja, sehingga tak perlu memindahkan pakaian seperti pada mesin cuci 2 tabung. Komponen baru yg diperkenalkan adalah  sistem Fuzzy Logic, yang  mengatur sendiri jumlah pemakaian air yg disesuaikan dengan banyaknya beban cucian. Bila baju cucian sedikit mk pakai butuh air lebih sedikit, sebaliknya cucian banyak, mk butuh air lebih banyak.


Sama seperti pada mesin cuci jenis twin tube, proses pencucian atau pembilasan terjadi karena pada waktu pulsator diputar oleh motor listrik maka akan mengakibatkan terjadinya pusaran air yang mampu membawa seluruh cucian perputar bersama air didalam tabung tersebut.  Begitu juga proses pengeringan terjadi setelah air deterjen/air bilas dibuang maka tabung pengering.

Penggunaan tipe ini lebih mudah  hanya dengan  2 tombol : "Power on" dan "Start" maka proses pencucian standar dioperasikan, yaitu wash (cuci), rinse (bilas) dan spin (peras) Dalam hal ini, mesin cuci mengisi air sendiri, mencuci, membilas dan memeras hingga selesai tanpa perlu ditunggu.

Umumnya kapasitas dan beban listrik yang dibutuhkan mesin ini adalah sbb :
·         kapasitas 6kg - motor 250 Watt
·         kapasitas 7kg - motor 350 Watt
·         kapasitas 8kg - motor 450 Watt
·         kapasitas 9kg - motor 550 Watt
Bahan tabung umumnya stainless steel dan atau fiber. Stainless lebih mudah dibersihkan dari noda sisa sabun atau kotoran. Stainless Drum juga lebih raha tidak merusak  pakaian.

Panel kontrol pada mesin cuci top loading berbeda dengan panel kontrol pada mesin cuci twin tube. Semua proses keja kerja mulai pengaliran air, pemberian deterjen, pencucian, pembuangan air bekas cucian, pengeringan awal, pengaliran air bilas, pembilasan, penggunaan pelembut dan pengeringan akhir semuanya diatur secara otomatis.

Pada awalnya filosfi dari perubahan panel kontrol mesin cuci twin tube ke mesin cuci top loading adalah menggabungkan knob-knob pada panel kontrol mesin cuci twin tube menjadi satu alat, sehingga sebelum dioperasikan kita perlu mengatur waktu pencucian, waktu pengeringan awal, waktu pembilasan dan waktu pengeringan akhir. Namun pada mesin cuci top loading yang lebih modern hal itu sudah ditiadakan dan diganti dengan pilihan proses pencucian sesuai dengan bahan dari pakaian/cucian yang akan dicuci atau tingkat kerja proses pencucian mulai ringan, sedang, normal, berat dan sangat berat.

Dengan demikian cara menggunakan mesin cuci ini menjadi sangat mudah dan simple sekali yaitu :
  1. Masukkan cucian kedalam mesin cuci.
  2. Isi deterjen dan softener, sesuai dengan kebutuhan.
  3. Masukkan stop kontak aliran listrik dan buka kran air.
  4. Pilih program pencucian.
  5. Tekan knob start agar mesin cuci memulai proses kerja.
Dan …… sudah, karena semua proses pencucian akan berlangsung tanpa memerlukan campur tangan kita, sampai nanti kalau proses pencucian selesai kita tinggal mengambil cucian untuk dijemur. Namun pada waktu proses pencucian selesai pintu mesin cuci tidak bisa langsung dibuka, harus ditunggu beberapa menit dulu baru bisa dibuka (sekitar 2 sampai 3 menit).

Adapaun kekurangan dari mesin cuci jenis top loading adalah :
  • Harga dari mesin cuci jenis ini lebih mahal dibandingkan dengan jenis twin tube.
  • Seperti pada mesin cuci twin tube, proses pencucian dan pembilasan terjadi dengan memusarkan cucian didalam air, sehingga pada pakaian dengan bahan tertentu bisa berubah bentuk. Misalnya baju kaus dengan bahan katun lengannya menjadi lebar atau sering kancing baju menjadi lepas.
  • Apabila proses pencucian sudah dimulai tidak bisa menambahkan cucian karena pintu mesin cuci tidak dapat dibuka.
  • Banyak tombol untuk setting operasional sehingga bisa membingungkan bagi yg awam teknologi , konsumsi listrik lebih besar daripada dua tabung , kemungkinan rusak lebih cepat karena satu tabung untuk dua fungsi.  
Kelebihan dari mesin cuci jenis top loading adalah :
  • Bisa melakukan perendaman dan pencucian pendahuluan pada bagian-bagian pakaian yang kotor sekali seperti leher, ketiak dan ujung lengan baju, pantat dan ujung kaki celana dsb. baru yang lainnya serahkan pada mesin cuci, sebelum mesin cuci di”on”kan dan “start”.
  • Tinggal tekan tombol dan beres, sangat cocok untuk wanita sibuk plus bisa disambi dengan aktivitas lain, pengeringan sampai 85-90%

Seluruh proses pencucian diatur secara otomatis oleh mesin cuci, tidak memerlukan campur tangan manusia lagi kecuali menjemur, sehingga bisa ditinggal mengerjakan pekerjaan lain.

Allahu a'lam
Bersambung……………….  Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Sumber : harisistanto.wordpress,  SeputarGriya ,  tipsanda.com , KOMPAS.com, aneka tips, dll

Tidak ada komentar: