Anda ingin meningkatkan performa tenaga mesin diesel, tak perlu pusinglah. Anda punya uang, tentu tersedia banyak pilihan komponen. Seperti pemanas solar, pengatur masuknya udara ke silinder, turbo dsb yang dipercaya meningkatkan performa mesin.
Namun anda jangan terburu-buru terbuai iklan dan asal pasang. Anda perlu sesuaikan dengan kemampuan mesin aslinya. Alih-alih justru bukan tenaga terdongkrak naik, justru malah menguras kantong.
Kawan, sudah menjadi rahasia umum bila kualitas solar lokal yang beredar kurang maksimal. Sehingga kendaraan diesel anda menjadi kurang maksimal kemampuan maksimalnya. Untuk itu banyak perodusen yang menawarkan peranti-peranti penambah tenaga. Konsumen perlu memahami bagaimana seh kinerja alat ini.
Kita bahas dulu , perangkat pemanas solar. Sebenarnya sih, tanpa alat ini bahan bakar solar mobil anda yang mengalir masuk ke injection pump sudah panas. Jika ditambah dengan peranti ini bisa membuat suhunya menjadi berlibih. Sehingga kinerja pelumasan didalam mesin menjadi berkurang. Dan dalam waktu lama ditengarahi justru bisa merusak komponen mesin.
Lalu bagaimana efeknya kalau tetap pakai ?
Menurut ahli mekanis , efeknya she tak terlalu signifikan. Memang betul, tarikan oke untuk kecepatan dibawah 80 km/jam. NAmun diats itu tenaganya semakin hilang, karena solar yang disalurkan terlalu panas.
Selanjutnya, umumnya komponen pompa injector yang kena getahnya adalah rotor head dan delivery valve. Sehingga delivery valve menjadi lebih cepat aus.
Perlu anda cermati juga untuk penambahan turbo pada mesin standar. Kita tahu bahwa mesin standar asli memang tidak dirancang untuk mendapatkan tarikan/ atau beban lonjakan mesin yang ekstrem. Jika kita terburu asal injak gas saja, jeroan mesin bisa berantakan. Misalnya saja ring seher, piston , setang piston jadi berantakan deh. Sudah beli turbonya saja pakai harga mahal, efek negatifnya juga akan berlanjut ke turun mesin.
Saudaraku, anda sebaiknya lebih mencermati cara kerja tiap alat yang ditawarkan iklan. Jangan pernah bosan dan ragu bertanya, untuk mendapatkan penjelasan teknis yang logis. Jika anda ingin menaikkan power bisa mengganti ukuran nosel dengan ukuran yang berbeda.
Selanjutnya , bisa dengan mengkalibrasi injection pump dan mengganti komponen didalamnya, dengan memaakai merk lain yang lebih gede ukurannya. Seperti pakai perangkat Toyota Rino untuk kijang diesel anda. Tapa jangan asal pasang ya.
Allahu a’lam
Sumber : aneka tips merawat mesin mobil anda, otomotif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar