*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 24 September 2009

Tips memilih sikat gigi

Saudaraku, sikat gigi adalah suatu alat untuk membantu membersihkan gigi yang berbentuk sikat kecil dan bergagang. Pada umumnya ditambabhkan pula diatas sikat gigi, berupa pasta gigi sebelum memngoosok gigi kita.
Betul memang, selain menjaga pola makan yang baik dan menyehatkan, sikat gigi termasuk pasta gigi juga merupakan perangkat penting dalam menjaga kebersihan gigi, mulut dan gusi. Dengan menggunakan sikat gigi, diharapkan kebersihan dan kesehatan mulut akan terjaga. Banyak ragam dan jenis sikat gigi yang ada dipasaran, mulai dari manual sampai elektrik. Lalu bagaimana sih, sikat gigi yang baik dan cocok untuk kita?

Penggunaan alat-alat kebersihan mulut memang telah dimulai semenjak berabad-abad lalu. Beraneka ragam peralatan sederhana dipergunakan untuk membersihkan mulut mereka dari sisa-sisa makanan, mulai dari tusuk gigi, batang kayu, ranting pohon, kain, bulu burung, tulang hewan hingga duri landak.
Diantara peralatan tradisional yang mereka gunakan dalam membersihkan mulut dan gigi adalah kayu siwak atau chewing stick. Hingga kini telah dipakai alat baru dalam kebersihan mulut, yaitu sikat gigi.

Umumnya patokan yang diterima adalah criteria bulu sikat dan lebar kepala sikat. Untuk menjangkau daerah-daerah gigi bagian belakang, umumnya ukuran ideal yang dipakai adalah 35 – 40 mm. Bahkan ada anjuran bagi orang dewasa untuk juga menggunakan alat sikat gigi anak-anak. Disebabkan oleh ukurannya yang kecil sehingga akan lebih membantu menjangkau bagian gigi yang paling dalam..

Ada beberapa tips kecil untuk anda, dalam memilih sikat gigi. Semoga bermanfaat bagi kita semua ;


  • a. Pilihlah sikat gigi yang ukuran kepalanya cukup kecil sehingga dapat digunakan lebih baik dalam rongga mulut. Untuk orang dewasa umumnya panjang kepala sikat gigi 2,5 cm sedangkan pada anak 1,5 cm.

  • b. Panjang bulu sikat hendaknya sama. Sikat gigi dengan bulu yang berbeda tidak dapat membersihkan permukaan datar tanpa menimbulkan tekanan pada beberpa bulu sikat.

  • c. Tekstur bulu sikat hendaknya memungkinkan digunakan dengan efektif tanpa merusak jaringan kulit (gusi), Hindari penggunaan bulu yang keras. Namun yang terlalu lunak pun juga kurang efektif membersihkan plak dengan sempurnan. Pilih yang medium.

  • d. Pilihlah sikat gigi dengan gagang yang lebar dan tebal serta tidak licin , sehingga dapat dipegang dan dikontrol dengan baik.

Tips memilih pasta gigi



  • a. Pilihlah pasta gigi yang cukup mengandung fluoride, yang merupakan zat yang berfungsi untuk menjaga agar gigi tidak berlubang. Untuk anak-anak dibawah usia 3 tahun sebiaknya dihindari penggunaan fluoride, karena justru menyebabkan gigi lebih mudah rapuh.

  • b. Pilihlah pasta gigi yang tidak mengeluarkan busa terlalu banyak. Busa ini menunjukkan kandungan deterjen dalam pasta. Hilangkan pendapat bahwa semakin banyak busa , semakin baik.

  • c. Hindarai langsung makan setelah anda menyikat gigi, usahakan 1 jam setelah gosok gigi baru makan.

Demikian tips kecil untuk anda, semoga bermanfaat.
Sumber : K-Link Global network



Tidak ada komentar: