*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 03 September 2009

Tips atasi mobil diesel ngadat

Mobil diesel anda terendam banjir? Jangan anda membayangkan bengkaknya biaya rekondisi. Memang benar air banjir masuk besin bercampur dengan olie, lalu menggenangi intake manifold terus masuk keruang bakar. Jangan terburu-buru memvonis untuk turun mesin. Masih ada tips ringan untuk mengatasi dan anda tak perlu keluar banyak uang untuk overhaul (turun mesin). Ada beberapa tips kecil semoga bermanfaat bagi anda.
Saudaraku, masuknya air ke mesin mobil diesel anda juga bergantung dari tinggi genangan. Lokasi resapannya tentu berbeda untuk setiap jenis kendaraan.
Anda betul , mobil ngadat ibarat bayi rewel, menjengkelkan juga. Namun anda tak perlu berputus asa. Anda bisa mencoba mengatasinya.
Untuk mobil anda type Toyota Kijang atau Panther 2,5 l. Lubang udara terletak di atas kepala silinder, sehingga rentan oli bisa kecampuran air. Bila genangan air lebih tinggi lagi, air bisa masuk melalui saluran knalpot, hingga mengganggu dapur pacu. Segera matikan mesin anda . Periksa olie dengan melihat dipstick (tongkat pengecek olie).

Keberadaan air bisa ditandai dengan warna olie yang berubah seperti warna susu (cokelat muda). Lalu putar puli kruk as. Untuk mengatasinya perlu beberapa tahapan.

  1. Keluarkan olie mesin dari lubang karter. Selanjutnya masukkan olie SAE 10 (olie hidrolis) ke mesin. Karena olie jenis ini lebih encer, berguna untuk membilas air.
  2. Lantas buka busi pijar atau nosel agar air bisa keluar.
  3. Bersihkan injection pump. Sebelumnya ganti dulu filter solar karena , solar di tangki kemungkina besar juga tercampur air.
  4. Pindahkan selang yang menuju pompa solar ke jerigen yang berisi minyak tanah. Minyak tanah ini berfungsi membersihkan sisa air dan karat yang mulai terbentuk. Sementara itu kuras tangkinya beberapa kali.
  5. Lepas slang balik (return) dari injection pump ke tangki. Tekan pompa injector hingga campuran solar dan air tergusur oleh minyak tanah.
  6. Setelah mengecek injection segera beralih ke silinder.
  7. Untuk membilas ruang bakar, masukkan olie SAE 10 ke intake manifold.
  8. Putar kunci kontak , agar mesin berputar, hingga seluruh air terbuang lewat lubang nosel atau glow plug.
Lakukan tahap-tahap diatas minimal 2 kali atau lihat kondisi olie. Bila masih terlihat putih , ulangi terus hingga warna olie menjadi berubah.



  1. Setelah selesai , ganti minyak tanah dalam jerigen dengan solar
  2. Ganti olie SAE 10 dengan SAE 40 dan rakit kembali nosel atau busi pijarnya.
  3. Hidupkan mesin selama 2- 4 jam
  4. Lihat kondisinya , untuk lebih meyakinkan.
Masih bercampur air ? Kuras lagi hingga olie menjadi bersih.
Semoga bermanfaat.

Allahu a’lam
Sumber : Aneka Tips, merawat mesin mobil, Otomotif




Tidak ada komentar: