*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Minggu, 31 Agustus 2008

Sedekah , obat mujarab

Dari Ali ra, Rasulullah SAW bersabda ,” Segeralah bersedekah, sesungguhnya musibah tidak dapat melintasi sedekah ,” (Razin, Misykat). Dari At Targhib, Rasulullah SAW bersabda ,” Sedekah menutup tujuh puluh pintu keburukan,” . Saudaraku, bahwa didalam setiap kebaikan adalah sedekah , termasuk bermuka manis terhadap tetangga (orang lain). Berbicara dengan muka cerah dan tidak bersuara keras juga sedekah
Hadits lain meriwayatkan , Rasulullah SAW bersabda ,” Bersihkan harta kalian dengan membayar zakat, dan sembuhkanlah penyakit-penyakit kalian dengan bersedekah, dan sambutlah gelombang-gelombang musibah dengan doa ,”.

Dalam sedekah sendiri sesungguhnya mengandung unsur doa. Semakin banyak kita bersedekah dengan niat ikhlas karena Allah, maka akan semakin banyak orang yang medoakan kita. Bahkan malaikatpun ikut mendoakan para pelaku sedekah ini.

Dari riwayat Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa setiap pagi dua malaikat berdoa kepada Allah SWT. Malaikat pertama beroda, “ Ya Allah, berikanlah balasan kepada orang yang membelanjakan hartanya (di jalan Allah), “
Dan Malaikat kedua berdoa ,” Ya Allah , binasakanlah harta orang yang tidak membelanjakan hartanya (di jalan Allah) ,”.

Janganlah kita menghitung-hitung sedekah kita, Biarkanlah Allah menyimpannya untuk kita.

Sabda Rasulullah SAW, “ Perbanyakanlah membelanjakan harta dan jangan dihitung-hitung, karena Allah SWT , juga akan memberimu dengan dihitung-hitung (sedikit) dan jangan disimpan, nanti Allah SWT akan menyimpan darimu (tidak memberimu). Belanjalkanlah semampumu,” (Misykat).

Dalam kitab Kanzul Ummal , Rasulullah bersabda ,” Obatilah orang-orang sakit diantara kalian dengan bersedekah, karena sedekah dapat menghilangkan kehinaan dan obat untuk segala penyakit, juga dapat melipatgandakan kebaikan, serta menambah umur ,”
Sabda Rasulullah yang lain ,

  1. “ Bersedekah menahan 70 bala’. Yang paling ringan adalah penyakit kusta dan belang.
  2. “Ubahlah kegelisahan dan kesusahan kalian dengan bersedekah. Dengannya, Allah SWT akan menghilangkan musibah yang menimpa kalian, dan akan menolong kalian atas musuh-musuh kalian “.
  3. “ Saya bersumpah atas tiga masalah, kemudian akan saya beritahukan suatu masalah yang khusus kepda kalian. Jagalah baik-baik. ketiga masalah tersebut adalah, pertama , harta seseorang tidak akan berkurang karena bersedekah. Kedua, barang siapa dizalimi namun bersabar, maka karena kesabarannya itu , Allah SWT akan menambah kemuliannya. Ketiga , barang siapa membuka pintu meminta-minta , maka Allah SWT akan membukakan pintu kefakiran untuknya. ....... (dari riwayat Abu Kabsyah).

Semoga kita selalu dimudahkan Allah dalam beramal dengan ikhlas dan selalu beristiqomah dalam beribadah.

Allahu a’lam
Sumber : Sugeng D Triswanto, The real stories Keajaiban Shodaqoh.



Tidak ada komentar: