Histori motor IMZ-Ural terkait dg
Perang Dunia II di Front Timur (sisi timur Jerman). Uni Soviet
sedang bersiap menghadapi kemungkinan
invasi militer Nazi Jerman. Pemimpin Sovyet, Joseph Stalin
memerintahkan militer utk segera bersiaga
di semua lini, menghadapi strategi invasi blitzkrieg
Jerman. Stalin
memprioritaskan pd pembentukan pasukan dg mobilitas tinggi utk mengimbangi
kecepatan manuver blitzkrieg Nazi Army, yg telah masuk ke Polandia. German special forces ini punya ribuan motor sidecars BMW
yg luarbiasa tangguh.
Hasil meetingdi Kementerian Pertahanan Soviet , diputuskan
segera diproduksi model (prototipe) yg paling cocok utk Tentara Merah (the Red Army).
Red Army Merah harus memodernisasi
peralatan perangnya pasca Perang melawan Finland. Motor-motor perang yg digunakan sampai saat itu diyakini tak
akan sanggup membendung startegi blitzkrieg pasukan Nazi . Karena kualitas motor yg payah, rentan macet
saat musim dingin , teknologi yg sudah usang dibanding motor sidecars
BMW Jerman saat itu. AD Sovyet begitu ngebet
dg ketangguhan sepeda motor model BMW seri R71 (th 1930an).
Kementerian pertahanan mempunyai catatan
intelijen tentang keberhasilan Jerman dalam rancang bangun desain sepeda
motor yg tahan bertugas di medan ekstrem , berbatu dan daya tahan mesin luar
biasa, sehingga keputusan segera dibuat
untuk dapat mencopi teknologi Jerman itu , dan memodifikasinya agar lebih cocok dengan medan
daratan Sovyet yang beriklim lebih
ekstrem.
Contoh model sepeda motor ini sebenarnya
bantuan dari Jerman (Nazi Jerman) ,
sebagai bagian dari perjanjian kerjasama (pakta non-agresi pada tahun 1939) . BMW seri
R71 yg dilengkapi sespan ini, segera dijadikan model prototipe untuk
pengembangan sepeda motor perang Sovyet guna mengantisipasi invasi Nazi Jerman
nantinya.
Menurut dokumen sejarah , bahwa setelah melalui
perdebatan panjang, sepeda motor BMW R71 dianggap sebagai prototipe
paling pas untuk kebutuhan Angkatan
Darat pasukan Merah. VM Molotov , Menteri Luar
Negeri Uni Soviet dan para pejabat KGB segera mengirim para intelijennya untuk
segera bekerja. Intelijen Sovyet berhasil membawa pulang lima
BMW seri R71 yang paling gres saat itu. Selanjutnya pada insinyur Soviet di Moskow segera mempreteli
habis BMW ini. Para insinyur menyalin dengan teliti desain semua detail
motor BMW dalam dan membuat untuk
medapatkan model cetakan untuk menghasilkan mesin dan gearbox sendiri
di Moskow.Mereka mempelajari setiap
detail bagian motor ini, untuk kemudian diciptakan model yang paling
sesuai dengan medan daratan Sovyet .
Pada musim semi tahun 1941 prototipe model
pertama yang diberi label M - 72
diluncurkan oleh pabrikan MMZ ( Moskovskiy Mototsikletniy Zavod ,Московский
Мотоциклетный Завод)
.Awal tahun 1941 ,
hasil rekayasa teknik tsb , menghasilkan prototipe motor Sovyet yang terkenal
dengan nama M72. Stalin menyetujui prototipe ini
, dan segera memerintahkan pabrikan IMZ-Ural untuk diproduksi massal .
Berdasarkan perjanjian produksi bersama, ZIS , sebuah pabrikan mobil Moskow , ditunjuk
untuk proyek riset dan pengembangan teknologi serta sebagai pemasok mesin motor
, sedangkan pabrikan KIM (sekarang diubah menjadi AZLK (Automobile Plant,
Moscow) ditunjuk sebagai pemasok peralatan gearbox , dan GAZ , Gorky Automobile
Plant, memproduksi poros gardan dan sespan . Pabrikan Moscow Bicycle Plant,
memproduksi sepeda motor ini hingga tahun 1951.
Pada tahun 1941, Pabrikan Jerman BMW mulai produksi seri barun yaitu BMW R75 dan menghentikan produksi seri R71 .
Disaat yang sama Moskow memproduksi ratusan sepeda motor sespan M-72 yg berbasis model BMW R71. Invasi Blitzkrieg pasukan Nazi Jerman begitu cepat dan efektif menggulung front timur dan makin mendekati wilayah Uni Sovyet . Perkembangan ini mengkhawatirkan Moskow, bahwa pabrikan M72 mulai masuk dalam jangkauan pesawat pembom Nazi. Atas dasar itu Moskow segera memindahkan pabrik sepeda motor jauh ke wilayah timur negeri itu , sehingga berada diluar jangkauan pembom-pembom Jerman.
Ditunjuklah kota Irbit. Sebuah situs
di kota perdagangan kecil yang terletak
di pinggiran dataran Siberia , wilayah pegunungan Ural . Diwilayah ini juga banyak ditemukan bahan-bahan mineral
seperti besi dst, sehingga pasokan bahan baku logam tersedia melimpah , jadi
tepatlah dibangun pusat produksi di sini.
Pebruari 1942 , pabrik dan fasilitas peralatan produksi sepeda motor M-72 telah dipindahkan ke Irbit , termasuk
didalamnya seluruh fasilitas produksi di
pabrikan MMZ, KiM, ATE-1 juga ZiS.
Proyek ini dikomandani oleh Aleksandr Minovich Fyodorov,
II Okunev, NA
Kukin, V.V. desainer Bekman dan SI Karzinkin
serta BV Zefirov.
Pada Oktober 1942 batch
pertama dari pabrik Ural mulai dikirim ke garis depan. Selama
Perang Dunia II telah diproduksi sekita 10.000 unit , yang umumnya digunakan oleh
brigade mobile dan detasemen pasukan intai.
Setelah perang usai unit sepeda motor ini
tetap diproduksi , hingga tahun 1950 sudah sekitar 30.000 unit diproduksi .
Pada awalnya, " URAL " hanya diperuntukkan untuk keperluan militer. Pada akhir 1950-an , pabrik KMZ di Ukraina mengambil alih tugas memasok militer, sedangkan di Ural sendiri pabrikan Irbit Motorcycle Works (IMZ ) mulai berkonsentrasi pada pembuatan sepeda motor untuk konsumen sipil di dalam negeri.
Mulai tahun 1953 pabrikan Ural mulai
memproduksi keperluan ekspor , dimana tujuan ekspor adalah negara-negara
berkembang di Asia dan Afrika yang umumnya berhaluan sosialis.Pada tahun 1957 ,
lini produksi M - 72 dijual ke Republik Rakyat Cina . Tahun 1970an Antara 1973
dan 1979 Ural muali masuk pasar United
Kingdom (Ingrris Raya) dengan merk SATRA
oleh ATPM Cossack motorcycles .
Engine
Secara teknis desain struktural
BMW R-71 ,
dianggap sebagai prduk teknologi baru saat itu yang belum diterapkan dalam produk sepeda motor bikinan asli. Ini adalah, misalnya,
duplex frame, gear changing by foot, spring suspension untuk roda
belakang, telescopic front fork, cardan drive, feeding each cylinder from a
separate carburetor.
The opposed allocation of the cylinders dalam
struktur mesin tidak hanya memberikan keseimbangan yang lebih baik , tetapi juga menperkecil efek gravitasi saat motor digeber
kencang. Ini diaplikasikan pada model seri M-72 , dimana letak mesin hanya 592 mm dari tanah.
Fasilitas mesin yang lain (seperti komponen
rem, oil pump
, generator) were driven with cogwheels; baja silinder berbahan baja hitam tahan
panas dari jepang
dan dilapisi dengan bahan anti karat, , tongkat
batang crankshaft bertipe roller-track, sementara main bearers bertipe
bola (bulat) . Connecting rods were not mounted on a common neck, but each had
its own. Inilah sebabnya mengapa silinder
bagian kiri menonjol
ke depan 39,2 mm
Falitias tambahan untuk motor ini adalah , kotak tas untuk tempat
persediaan amunisi dan suku cadang
lainnya. Dipasang juga dudukan untuk menempatkan (menginstal) senapan mesin (revolving bracket). Biasanya dipasang
senapan mesin Degtyaryov dg dudukan bipods pada dasar braket bergulir. Ini dimaksudkan untuk
mempermudah manuver atau merubah posisi menembak pada saat motor sedang
berjalan kencang. Dudukan Tubular ini ada di depan dan di belakang sespan.
Juga disediakan dudukan untuk pemasangan
peluncur mortir 82 mm .
Secara umum model M72 tidak banyak mengalami
perubahan sampai dimunculkan model baru
seri model M-72N pada tahun 1956.
Mula-mula tahun 1949 pabrik memperkenalkan filter udara ganda, baik mesh filter
dan filter oli inersia,
yang lebih efektif dari yang sebelumnya, filter mesh. Tahun 1950 mulai diperkenalkan perangkat new generator
regulator, RR-31, untuk
menggantikan model lama , RR-1. Tahun 1952, diperkenalkan, model G11A. Yang tidak mengalami perubahan adalah perangkat seperti struktur karburator K-37, ukuran ban (3,75 x 19) dan beberapa peralatan lainnya.Menurut catatan
total produksi model M-72 lebih dari 330 ribu
unit.
Technical Specifications:
Beberapa varian model
M72 antara lain M-72 - ZiS (Moscow), GMZ (Gorkii), IMZ (Irbit)
, K-O (Harkov), KMZ (Kiev) ,M-72K,
M-72M - IMZ (Irbit) ,M-72N -
KMZ (Kiev)
Years of production:
1941-1943 preliminary M-72,
1944-1956 M-72,
1954-1960 M-72K,
1956-1960 M-72M,
1956-1959 M-72N
Total wartime production: 15,335 units.
1941-1943 preliminary M-72,
1944-1956 M-72,
1954-1960 M-72K,
1956-1960 M-72M,
1956-1959 M-72N
Total wartime production: 15,335 units.
Payload: 300
kg, (3 people + 100 kg with sidecar)
Wheelbase: 1400mm
Road clearance: 130/135mm
Engine: 22hp/4500-4800rpm , 4800-4900rpm M-72K - 27hp/5000rpm 2-cyl. Engine : 4-stroke SV with horizontal opposed cylinders, 746cc
Compression ratio: 5,5 : 1
Carburetor: K-37, K-37A from 1950 onward
Ignition system: battery 3MT-7 or 3MT-14, 6 Volt, 7 or 14 Amph, except M-72K Magneto Interrupter: points ignition*
Clutch: dry twin plates (the very early model - one plate)
Engine cooling: air
Gearbox: 4 speed with hand and foot shift
Ratios: I - 3,60, II - 2,28, III - 1,7, IV - 1,30
Final Drive ratio: 3.89, 4.62 from 1944 onward.*
Cardan: Shaft Drive*
Wheelbase: 1400mm
Road clearance: 130/135mm
Engine: 22hp/4500-4800rpm , 4800-4900rpm M-72K - 27hp/5000rpm 2-cyl. Engine : 4-stroke SV with horizontal opposed cylinders, 746cc
Compression ratio: 5,5 : 1
Carburetor: K-37, K-37A from 1950 onward
Ignition system: battery 3MT-7 or 3MT-14, 6 Volt, 7 or 14 Amph, except M-72K Magneto Interrupter: points ignition*
Clutch: dry twin plates (the very early model - one plate)
Engine cooling: air
Gearbox: 4 speed with hand and foot shift
Ratios: I - 3,60, II - 2,28, III - 1,7, IV - 1,30
Final Drive ratio: 3.89, 4.62 from 1944 onward.*
Cardan: Shaft Drive*
Mechanical drum brakes on front and rear wheels Weight
(fueled): 225 kg (solo), 350 kg (with sidecar)
Maximum speed (with sidecar): 85 km/h except M-72N 90 km/h and M-72K 120 km/h
Fuel tank capacity: 22 L
Fuel consumption (with sidecar): 7 L/100km under 50-60 km/h
Engine oil capacity: 2 liters
Oil consumption: 0,25 L/100 km
Transmission oil capacity: 0,8 liters
Final Drive oil capacity: 0,175 liters*
Maximum speed (with sidecar): 85 km/h except M-72N 90 km/h and M-72K 120 km/h
Fuel tank capacity: 22 L
Fuel consumption (with sidecar): 7 L/100km under 50-60 km/h
Engine oil capacity: 2 liters
Oil consumption: 0,25 L/100 km
Transmission oil capacity: 0,8 liters
Final Drive oil capacity: 0,175 liters*
Modern product
Ekspor perdana Ural pada tahun 1953, awalnya terutama ditujukan untuk
negara-negara berkembang yang berhaluan sosialis. Pada akhir tahun 1960, mulai diekspor ke negara-nagara eropa
dan amerika . Urals adalah kombinasi unik dari harga, styling awet muda, dan
fungsi sespan.
Pada November 1992, pabrik milik negara diprivatisasi
menjadi Uralmoto Joint Stock Company. Dimana , 40% saham
dimiliki oleh manajemen dan karyawan melalui hibah, 38% dijual di bursa (umumnya
dibeli manajemen dan karyawan), dan 22% merupakan saham pemerintah.
In early 1998, Ural was bought by private
Russian interests; it is no longer a State-owned company. (Shortly after the
purchase, in 2000, the government shares were redistributed to investors.) New ownership
has brought new management, fresh ideas and production techniques, modernized
design and updated technology, and above all, a commitment to quality control
at all points of production. Ural motorcycles have been given a new lease on
life. While the outward appearance of the engine retains the look of a classic
Ural,. Everything good and unique about the old Urals has been maintained,
including the inherently balanced design of a horizontally opposed flat twin
engine with roller bearings in a solid frame.
Di era sekarang Ural lebih fokus pada
produk-produk sepeda motor dengan spesifikasi heavy duty Ural sidecar
motorcycles . Hal ini untuk menyesuaikan dengan luasnya daratan Rusia dan medan
yang berat , berlumpur, pegunungan, salju dst. Motor Ural ber-sespan ini
dirancang untuk jalan Rusia yg kasar berbatu, jadi memang didesain bermesin
badak dan tahan banting. Sepeda motor URAL dilengkapi dengan empat -stroke ,
berpendingin udara , flat-twin engines, gear box dg empat kecepatan dengan gigi
mundur , drive shaft , dua disc kopling kering , spring shock absorbers , dan rem drum brakes . Beberapa model tanpa
sespan telah dikembangkan untuk pasar Eropa , dan perusahaan telah
mengembangkan sebuah mesin yang memenuhi standar yang diperlukan oleh olahraga modern
dan untuk touring. Meskipun begitu mesin
tetap sama seperti sebelumnya , teknik pengendalian kualitas baru mempekerjakan
lebih paduan dan casting , mesin lebih halus
, dan cat dan krom yang lebih baik . Sementara tetap mempertahankan
keuntungan desain tradisionalnya dengan posisi melintang mesin kembar .
Pada awal 1998, Ural dijual ke swasta, yang menjadikan ide-ide baru dalam desin produknya. Sepeda motor Ural telah
banyak berkembang sejak itu .Sementara penampilan diluar mesin tetap mempertahankan tampilan dari Ural klasik,
sementara quality control techniques and use of better alloying and casting,
better engineering tolerances, better paint and chrome, make for a stronger. Segala sesuatu yang baik dan unik tentang Ural lama tetap
dipertahankan, termasuk desain
inheren seimbang mesin
twin datar horizontal
menentang dengan bantalan rolnya.
Motor-motor besutan Ural ini banyak diekspor ke Australia, Inggris, Prancis, Belanda, Belgia,
Spanyol, Yunani, Norwegia, Finlandia, Islandia, Swedia,
Jerman, Mesir, Iran, Afrika Selatan, Brasil, Uruguay, Paraguay, Amerika
Serikat dst. Jumlah total penjualan
sejak pabrik didirikan telah
lebih dari 3,2 juta unit . IMZ-Ural adalah satu-satunya produsen sepeda motor Rusia
yang mempunyai kapasitas produksi besar dan termasuk dalam produsen sepeda motor sespan
terkemuka di dunia.
Seperti produsen sepeda motor
besar lainnya , Ural saat ini
juga mulai melengkapi dengan komponen-komponen pabrikan lain
misalnya alternator
Nippon Denso, rem
dari Brembo, kontrol stang dari Domino, garpu dari Paioli, penyalaan
dari Ducati Energia,
dll . Hal ini dimaksudkan untuk bisa menekan biaya produksi dan
bisa bersaing dengan produk-produk pesaing.
Beberapa model Ural Motorcycles yang baru antara lain Ural Patrol, Ural Gear-Up , Ural sT, Ural Taiga ,Ural Red ,October Ural, Sahara Ural, Wolf Ural, Raven Ura,l Patrol-T ,Ural Retro ,Ural Solo sT, Ural T ,Ural Tourist, Ural Troyka ,Ural Yamal LE, dll .Anda dapat membelinya baru di Amerika Utara atau Eropa cukup mudah, mulai dari sekitar $ 10.000.
"Dulu
orang berkata
bahwa Ural menggantikan semua perkerjaan kuda dengan
lebih hebat," kata Madina Mirzoyeva, salah satu dari delapan karyawan di kantor Ural American di Redmond,
Washington . Ural jagoan Untuk mengangkut barang-barang
belanjaan , tahan dalam perjalanan jauh , juga murah dan
praktis tambahnya.
Bersambung...
Allahu
a’lam
Sumber
: : autogallery.org.ru , motorcyclistonline.com,
wikipedia, motor.com , Motorcycle WW2.com dst
1 komentar:
Motor yg Kuat dan cocok untuk kondisi alam di Indonesia, semoga dijual juga di Indonesia
Posting Komentar