*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 05 Desember 2013

Motor Legenda DKW RT125- disainnya jdi inspirator (3 dr 8)



Kini kita ulas salah satu legenda motor. Dijuluki The Most Copied Motorcycle of All Time,  Model DKW RT 125 (Dampf-Kraft-Wagen  Reichstyp 125) jadi inspirasi  desain motor modern. Model ini  banyak dicontek  pabrikan lain msl : BSA Bantam D1 Inggris , Harley-Davidson Hummer USA, Maserati  Italia, Mival 125 T Italia , Turismo , MV Agusta Italia , Soviet Moska M1A Russia , Yamaha YA-1 Jepang , Kawasaki Meihatsu 125 Jepang, Peugeot t-55 Perancis , Motoconfort 125 Perancis , SHL 125 and Sokół 125 Polandia , Royal Enfield WD/RE Ingris ,  Czech Jawa 125 Czeckoslovakia , Danuvia Csepel 125 Hungaria , NSU 125 ZDB Jerman, Triumph BDG 125 Jerman dsb.

Berteknologi satu  mesin  satu-silinder 2-stroke. Bisa jadi ini desain teknik otomotif  tercanggih dan efisien  masa itu. Jerman sbg pihak kalah perang dunia II, hrs menyerahkan blue print teknologi ini kpd sekutu. Selanjutnya lahirlah motor-motor baru yg mengaplikasi desain dan teknologi DKW RT 125.  Mesin 125 cc ini juga jadi rujukan teknologi mesin generasi baru spt 250 cc, 500 cc, 750 cc dst .

If there is one motorcycle that could be considered the archetype of lightweight bikes, it would have to be the DKW RT 125. Even if you’ve never seen one before, you’ve most likely seen traces of its iconic design in other bikes. Since its inception in the 1930s, the DKW RT 125 has gone on to be one of the most copied motorcycles of all times and there are some very specific reasons for this we’ll discuss below.

 History of Das Kleine Wunder

Pada tahun 1906 , Jørgen Skafte Rassmussen  sorang ahli mesin keturunan Jerman berkebangsaan  Denmark, mendirikan sebuah perusahaan manufaktur di kota Zchopau . kota Zchopau terletak di wilayah Jerman bagian timur.  Pabrikan ini awal mulanya memproduksi peralatan dan mesin untuk kebutuhan industri tekstil.
Pada tahun 1919, perusahaan  berhasil membuat satu mesin baru yg bisa dipasang pada sepeda sehingga bisa menggerakkan sepeda. Mesin dua langkah ini mampu mendorong sepeda dg laju 40 kilometer per jam. Mesin sepeda ini ternyata mendapat sambutan bagus di pasar Jerman dan luar negeri. Keberhasilan ini menjadikan  J. S Rassmussen  makin fokus dalam pengembangan mesin sepeda.



Selanjutnya perusahaan sepeda bermesin DKW makin giat berekperimen untuk membuat desain mesin yang lebih maju. Tahun 1921 DKW merilis model Golem, sepintas model ini masih perpaduan antara sepeda dgn mesin motor stasioner 140cc yang diletakkan antara kaki pengendara.

 

Pada tahun 1922 , DKW kembali meluncurkan produknya bertajuk Lomos. Lomos mempunyai desain lebih maju dimana mesin dipasang di bawah sadel pengendara. Lomos mendapat respon lumayan bagus dipasaran , produk ini laku terjual hinga sekitar 2.500 unit .

 

 Pada tahun 1927, desainer mesin DKW Dr Ing Schnuerle berhasil memperbaharui perangkat teknologi mesin dua stroke yang lebih modern. Menjadikan teknologi 2 langkah (Tak), dianggap teknologi yang efisien dan ringkas tidak ruwet , dimana  mesin/motor  hanya memerlukan dua langkah torak (1 kali langkah ke atas (ascending) stroke dan satu kali langkah ke bawah ( discending stroke) untuk memperoleh satu kali usaha di ruang pembakaran.

 

 

 

Fitur mesin ini mengadopsi model flat-topped pistons yg mrp hasil pengembangan dari model Schnurle two-stroke scavenging process. Model ini memungkinkan optimalisasi dalam pengkabutan atau pencampuran BBM dengan udara , sehingga menghasilkan transfer energi (power) mesin yang efisien. Suatu temuan teknologi yang baru masa itu.

 

Mesin baru ini sanggup menghasilkan power yg terbaik saat itu  sd  15hp , dimana bisa melaju hingga 120 km per untuk ukuran mesin kecil  (125cc). Ini langkah efisiensi yang luar biasa  dan juga ringan , karena volume (berat) yg lebih kecil daripada mesin konvensional saat itu. Perawatannya juga tidak ribet. Dengan komposisi mesin yang efisien , which Rasmussen menjulukinya sebagai  Das Kliene Wunder (the little marvel) , yang menjadi langkah awal  DKW  memasuki industri sepeda motor modern. Pada masa itu pabrikan motor di  Inggris dan Amerika Serikat, masih mengaplikasikan  teknologi multi-silinder empat stroke , dimana untuk mendapatkan kinerja yang sama, namun dg bobot mesin yg bisa 3 kali lebih berat.

 

Teknologi baru itu menjadikan mesin-mesin produksi DKW  sukses dipasaran. Pada tahun 1928 perusahaan DKW telah menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia, memproduksi 65% dari semua produk sepeda motor yg di diproduksi  di Jerman serta sukses sebagi pemasok komponen dan peralatan mesin bagi banyak pabrikan lain .


Pada tahun 1931 DKW merilis seri RT 125cc. Model  ini karya  desainer kenamaan Hermann Weber.  Ini adalah sepedamotor yang paling ringan di kelasnya. Total berat motor  hanya 68 kg (versi sipil ,aluminium block) dan 90 kg (versi militer , high quality cast iron block). Bisa melaju cepat dan stylish serta model mesin yang paling efisien masa itu. Produk ini ternyata sangat laku dipasaran, dimana tahun 1932 terjual hingga sekitar 60.000 unit . DKW RT 125 , menjadikan salah satu motor yang melegenda  dalam sejarah.

 

DKW RT 125 versi militer  pertama kali ditampilkan ke publik pada tahun 1939. pada awalnya pihak berwenang militer tidak terlalu tertarik, karena power output yang dianggap kecil hanya 4,75 hp. Tetapi setelah menguji  kemampuan off-road yang mumpuni , bobotnya yang ringan dan sanggup melaju sangat kencang , pihak militer mulai tertarik dan memesan untuk versi militer. Penampakan versi militer  terlihat sedikit berbeda dari versi sipil , Yang jelas rangka dan bodinya diperkuat dengan baja pilihan dan tentu berkelir cat militer. Adapun spek versi militer adalah : Engine (1 cylinder , 2-stroke), Displacement (123 cc) ,Power (4.75 hp), Maximum speed: 50 mph , Series: (1943-1944)  , Production: (above 12,000 unit). Untuk versi militer ini motor banyak dipakai untuk unit intai maupun kurir, juga paratroop ( Linud).

 

Inilah yang menjadikan mengapa teknologi dan desain motor Jerman paling keren masa itu.


beberapa varian model DKW al : DKW ARE 175 DKW Golem (Sesselmotorrad), DKW Hobby-Roller, DKW Hummel , DKW KM 200, DKW KS 200, DKW NZ 250, DKW NZ 350, DKW NZ 500, DKW ORE 250, DKW RT 100, DKW RT 125, DKW RT 175, DKW RT 200, DKW RT 200H, DKW RT 250/2, DKW RT 250 H, DKW RT 350 S, DKW SB 200, DKW SB 350, DKW SB 500, DKW Sport 250, DKW SS 500 (watercooled), DKW SS 600 (watercooled), DKW ZS 500, DKW ZSW 500 (watercooled). 


Pihak militer juga punya andil  dalam perkembangan teknologi motor Jerman. Militer Jerman masa itu adalah pasukan yg paling banyak menggunakan unit sepeda motor. Setiap divisi Wehrmacht  dilengkapi dengan ratusan sepeda motor yang didistribusikan kepada resimen, detasemen, batalyon, dan kompi mereka .Di Front Timur, sebuah divisi infanteri Jerman rata-rata dilengkapi 452 sepeda motor, yang ditugaskan untuk pengintaian, sinyal, insinyur dan batalyon senjata anti-tank, infanteri dan artileri resimen, unit penghubung dg markas besar dan unit logistik dst

Untuk itu diperlukan motor dengan performa yang mumpuni dlm mendukung pergerakan dan mobilitas pasukan. Atas dasar itulah pabrikan motor Jerman dituntut menghasilkan unit motor yang tangguh dan canggih teknologinya. Setiap divisi tank Jerman memiliki unit sepeda motor. Satu divisi biasanya mempunyai personel antara 10.000 sd 25.000 prajurit. Unit sepedamotor ini adalah bagian penting dalam kampanye invasi gerak cepat pasukan Nazi Jerman.

 

Spec engine DKW RT125 ver 1952

Country:                     Germany
Engine:                        Air-cooled, single-cylinder, 2-stroke
Ignition:                      flywheel magneto
Power Rating:            5.6 bhp @4,800 rpm
Bore and Stroke:        52 x 58mm
Displacement:            123cc
Fuel System:               Single Bing carbuetors
Transmission:            3-speed
Suspension:                Front telescopic fork, rigid rear
Brakes:                       Front and rear drum
Weight:                       150 lb.
Top Speed:                  45mph


Seri DKW RT 125, adalah salah satu motor andalan di detasemen motor militer saat itu. Kecanggihan , kelincahan serta kemampuan offroad yang oke menjadikan motor ini sebagai ikon  yang banyak dicopy oleh pabrikan lain , misalnya ............
 
Allahu a’lam
Bersambung

Sumber : motorcycleclassics.com, wikipedia, motor.ru ,allaboutbikes.com, histomil.com. motorcycleclassics.com,  histomil.com.dst

Tidak ada komentar: