*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Selasa, 17 Desember 2013

Tips memilih bengkel kendaraan kita (1 dr 2)



Setelah urusan beli kendaraan kelar, acara rutin lanjutan adl perawatan . Biaya perawatan hrs kita perhitungkan sebelum kita membeli kendaraan. Dg perawatan yg baik mk kendaraan akan setia membantu kita dg optimal, bukan malah membebani keuangan kita. Nah  tahap ketiga adl memilih bengkel tempat  melakukan perawatan optimal sesuai dg kemampuan kita. Opsi memilih bengkel  yg pas memang tak mudah , karena tidak ada kriteria baku yg bisa dijadikan dasar penilaian. Ada beberapa faktor yg perlu diperhatikan , yaitu situasi dan kondisi termasuk fasilitas perlengkapan tools bengkel, kemampuan SDM bengkel (teknisi, tenaga administrasi dan pelayanan) , Tingkat kejujuran (empati SDM) thd pelanggan , juga bergantung pd kondisi kendaraan dan sikap kita sendiri. Bisa saja fasilitas bengkel sangat lengkap , tapi pelayanan SDMnya sulit dipercaya (msl  : ada praktek curang dlm pelayanan dst) . Atau kebalikannya. Banyak faktor yg menentukan, namun minimal faktor kepercayaan (bisa dipercaya) yg perlu kita perhatikan lebih, disamping harga tentunya.

Bisa jadi sebuah bengkel tampilanya  keren megah, bersih , lengkap peralatannya , ada standar SOP ttg kualitas hasil pekerjaannya. Namun  kadangkala ada montir atau tenaga SDM lainnya suka  main ganti onderdil dgn yg baru , pelayanannya terkesan tertutup seperti ada yang disembunyikan, tidak memberi kesempatan  pelanggan bertanya lebih detaill dst.
Bengkel resmi agen pemegang merek (APM) rata-rata memiliki standar kualitas yang baku , sesuai dengan syarat dari prinsipal-nya. Artinya, ada standar yang berlaku secara internasional, misalnya workshop BMW, Toyota, Suzuki, Ford, Honda, Chevrolet, Mazda, Daihatsu, dst. Namun kadangkala kualitas pelayanan personal SDM kurang bisa menampung setiap keluhan pelanggan , karena lebih menitikberatkan pada modul SOP yg baku. Dan keluhan pelanggan atas kendaraanya seringkali tidak masuk dalam rincian SOP tsb. Misalnya dalam SOP pelayanan perawatan ,  harus mengganti satu paket komponen onderdil kendaraan, padahal dlm kondisi di lapangan , hanya perlu mengganti satu bagian tertentu dari paket tsb. Dan montir tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan karena harus memenuhi standar SOP standar bengkel. dst

Atau sebaliknya, suatu bengkel kelihatan bergaya konvensional asli bengkel (terlihat kotor dengan ceceran oli atau tool berserakan), kumuh, namun montir bisa memberikan argumen masuk akal kepada pelanggan tentang kondisi kendaraan, bahkan ia bersedia memberikan beberapa alternatif solusi pemecahan dg menyebutkan kelebihan dan kekurangannya. Pokoknya servis pelayanan kpd pelanggan lebih ramah dan terbuka , walaupun terkadang kualitas pekerjaan tidak optimal karena tools peralatan tidak selengkap bengkel besar (resmi). Memang tak mudah menemukan bengkel idaman yang cocok di hati. Kuncinya adalah teliti sebelum membeli. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang suatu bengkel yang anda incar, baik dari teman-teman, mailing list, media cetak dst.

Hal lain yang sering luput dari perhatian kita adalah sikap kita sendiri terhadap para mekanik (montir) atau petugas bengkel lainnya. Bisa jadi kita terlalu cuek atau menjaga jarak komunikasi dengan mereka.  Kita belum tergerak untuk mengakrabkan  diri, diskusi sebentar atau bicara santai atau sekadar untuk menyapa agar suasana kerja mereka lebih cair.

Kadang kala , kendaraan kita belum juga sembuh meskipun sudah ke bengkel itu . Jangan panas hati dulu, merasa di kerjai bengkel. Masalah bisa lebih cepat selesai bila kita lebih bersikap kooperatif dan ramah. Sehingga bisa mennyelaraskan perbedaan persepsi kita dan mereka tentang kondisi kendaraan yang lebih detail.

Lalu bagaimana untuk bisa memulainya.  Sebaiknya  bila Anda merasa berminat pada bengkel itu, mulailah dengan meminta layanan yang ringan dan murah, misalnya penggantian oli, spooring-balancing dst. Dari pekerjaan kecil-kecil itu, Anda bisa mengamatai dan  menilai kira-kira seperti apa kualitas bengkel itu tentang pelayanannya , keterbukaannya atau kejujurannya melayani pelanggan. Dari pekerjaan-pekerjaan kecil tersebut anda bisa menilainya bagaimana kualitas pelayannnya untuk pekerjaan yang lebih besar.

Jadi  jangan ragu dan segan untuk berkomunikasi informal dengan mekanik, manajer atau pemilik bengkel, untuk mengetahui sejauh mana kepedulian (empati) mereka kepada pelanggan, sekaligus mengukur kemampuan mereka dalam dunia perbengkelan.

Nah, ada banyak hal yg bisa kita pertimbangkan dalam memilih bengkel kendaraan  yg berkualitas. Kualitas kerja bengkel tidak terbatas pada kualitas memperbaiki kerusakan dan kelengkapan tools namun juga bagaimana bengkel itu bisa mendapat kepercayaan (trust) dari pelanggan.  Ulasan selanjutnya ... insya’ Allah ttg  beberapa kiat atau tips dalam memilih bengkel kepercayaan sesuai dengan kemampuan kantong kita .....

Bersambung :

Allahu a’lam

Sumber : oto2.wordpress.com , MotorMobile.Net , forum otomotif , dll

Tidak ada komentar: