*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Rabu, 27 November 2013

Lepaskan belenggu kemarahan masa lalu , (1 dr 2)

Kita pernah menderita (terluka) , diperlakukan buruk,  disakiti  , nama baik dirusak , terluka oleh orang lain dst. Merasa sakit  (marah) sebenarnya respon yg normal. Yang perlu diperhatikan adl bhw rasa sakit itu bisa membelenggu kita dlm waktu yg sangat lama . Sadar atau tidak bahkan kita sendirilah membikin rasa sakit seakan terjadi  berulang-ulang , atau kitalah yg justru memelihara rasa dalam pikiran kita  atau bahkan  memperbesar rasa sakit itu makin menusuk kalbu. Semakin lama kita semakin sulit  melepaskan diri dari penderitaan  rasa sakit itu.
Apakah Anda terbebani rasa marah oleh sesuatu yg terjadi di masa lalu ? adakah  seseorang menyakiti  kita atau kita sendirilah yg  membuat kesalahan , Dr Phil mengatakan bahwa pengampunan adl apa yg Anda lakukan untuk diri sendiri , bukan untuk orang lain . Bila Anda memaafkan , itu tidak berarti bhw anda membenarkan yg telah terjadi . Namun itu diartikan bhw kita memberi ijin diri sendiri untuk melanjutkan kehidupan yg lebih membahagiakan. Forgiveness does not change the past, but it does enlarge the future. (Paul Boese in Quote : The Weekly Digest)

 

Sebenarnya apa maksud kata memaafkan (Pengampunan ,forgiveness), . Dalam Wikipedia dikatakan forgiveness adalah penolakan atau penghentian kebencian , kemarahan atau marah sebagai akibat dari pelanggaran yang dirasakan , ketidaksetujuan , atau kesalahan , atau berhenti untuk menuntut hukuman atau ganti rugi. Dalam  Oxford English Dictionary mendefinisikan bhw  forgiveness as ‘to grant free pardon and to give up all claim on account of an offence or debt  (memberikan pengampunan secara sukarela dan membebaskan semua tuntutan ,klaim karena menderita suatu pelanggaran atau mempunyai piutang ' .

Seringkali kita tetap memegang kemarahan , menolak untuk memaafkan. Megapa harus memaafkan , kita pantas untuk marah, sedangkan mereka pantas untuk dibalas.

Namun apakah kita berpikir bahwa sebenarnya hal itu adalah penyebab masalah yang terbesar. Selain menyebabkan kita semakin jauh dari bahagia, juga sebagai faktor penyebab utama makin rusaknya hubungan baik kita dengan lingkungan sekitar, membebani pikiran kita sehingga kita harus membagi perhatian kita untuk keluarga bahkan pekerjaan, dan hal penting lainnya. Akibat lain adalah kita terhinggapi rasa enggan untuk membuka diri terhadap hal-hal baru dan orang lain. Kita makin larut dalam pusaran siklus kemarahan dan sakit hati, yang akhirnya menyebabkan kita kehilangan keindahan dan gairah sebagaimana yang diinginkan.

Memberi maaf memang tidak semudah yang diperkirakan . Ketika kita telah dizalimi , sakit hati , dikhianati , ditinggalkan , atau dilecehkan , pemberian maaf sering dianggap mengada-ada dan kita merasa ini adl posisi yg terlalu lemah. Namun , jika kita tidak atau sulit memberikan jalan  untuk memaafkan , berarti kita memelihara kebencian dan ketakutan di dalam hati kita selamanya .

Bayangkan apa jadinya dunia ini bila tidak ada tindakan memaafkan . Bayangkan apa akan terjadi  jika setiap orang dari kita memelihara sakit hati,  kebencian  , semua amarah  ,  merasa dikhianati dst . Jika kita terus memelihara perasaan itu di dalam hati kita dan tidak  membiarkannya pergi , maka itu akan menjadi energi negatif yg terus berkembang mengerogoti kebahagiaan kita . Tanpa pengampunan , kita dipaksa untuk membawa dan memelihara penderitaan masa lalu .

Emosi negatif  ini membelenggu kita dari kejadiaan peristiwa itu, selanjutnya kita terus mengenang kejadian itu  dari waktu ke waktu. Segala emosi yang berkaitan dengan itu semakin maerasuk dalam ke alam bawah sadar. Emosi itu terus berada dialam bawah sadar , dan kita masih saja terus  mengkonsumsi energi mental itu dalam kehidupan kita, sampai kita berhasil melepaskan diri dari belenggu emosi itu. Lalu artinya ? ya kita makin diperbudak oleh energi negatif itu .

Penulis , A path with heart: a guide through the perils and promises of spiritual life , Jack Kornfield mengatakan , ‘ Pengampunan adalah memberikan semua harapan masa lalu yang lebih baik ‘. Dalam hal ini , pengampunan adalah tidak berkaitan dengan perilaku orang lain atu orang lain tsb , melainkan tentang hubungan kita sendiri dengan masa lalu kita .

Forgiveness is a choice. Don't wait for it to just wash over you all of a sudden. You have to choose it.


Jalan terbaik , jika anda ingin emosi itu keluar dari kehidupan anda,  maka  anda  harus membiarkannya pergi. Untuk melakukan ini kita harus memberikan maaf. Memaafkan seseorang yang telah menyakiti kita , bukan berarti bahwa Anda memaafkan perilaku mereka , namun bahwa Anda hanya perlu mengampuni mereka, dan membebaskan mereka.

Dengan memaafkan mereka, Anda melepaskan diri dari belenggu itu dari belenggu emosi negatif diri. Jika anda ingin merasa bebas , dibebaskan dari masa lalu maka anda harus mengampuni . Maafkan semua orang , terutama diri anda sendiri .

Kita paham  betapa sulitnya untuk mengatasi perasaan yg sangat manusiawi ini. Bukan berarti kita tidak boleh marah atau emosi . Namun emosi-emosi ini tetap merupakan energi yg merusak jalan untuk menuju bahagia.  Kita harus menerima bhwa emosi adalah hal yang wajar menghinggapi diri , tetapi kita juga harus segera bersiap untuk membiarkan mereka pergi .

Kita seringkali teguh  mempertahankan kemarahan kita, menolak untuk memaafkan atau melepaskannya. Kita tidak akan pernah meyelesaikan masalah itu hingga sampai pada suatu titik dimana kita mau memaafkannya. Bila tidak maka emosi negatif itu semakin merasuk kedalam diri, emosi itu terus tumbuh dan berkembang sehingga diri kita makin terus mengkonsumsinya. Kita tidak lagi merdeka namun makin dikendalikan oleh emosi itu dan makin jauh dari kehidupan bahagia seperti yang kita. Kita makin dikendalikan oleh kemarahan dan bayang-bayang kejadian atau orang yang menyakiti kita , dalam keseharian kita.Pengampunan adalah sebuah pilihan . Jangan tunggu sampai kemarahan menguasai  Anda  . Anda harus memilih jalan pengampunan.

Brian Tracy seorang Chairman and CEO of Brian Tracy International, sebuah organisasi  yang mbergerak di bidang pelatihan dan pengembangan individu , menyatakan bahwa meMaafkan setiap orang yang telah menyakitimu, bagaimanapun caranya. Memaafkan merupakan aksi mandiri yang sangat sempurna. Ini akan melepaskan dirimu dari belenggu masa lalu.

Saudaraku, jangan menyia-nyiakan energi positif anda  . Benar rasa sakit karena dizalimi  bisa jadi sangat menyakitkan dan tidak bisa dihindari , tapi tetap terus menderita adalah pilihan. Satu-satunya orang yang dapat mengendalikan diri anda adalah Anda sendiri  . Dengan terus-menerus memelihara rasa sakit dalam diri ,  berati anda mentransfer  kekuatan / energi anda  kepada orang yang bersalah padamu .

Jangan memelihara perasaan-perasaan negatif . Kemarahan tidak lebih dari reaksi yang keluar dari perasaan sakit , takut , rasa bersalah , kesedihan atau frustrasi . Sementara itu rasa sakit mungkin tidak akan pernah benar-benar hilang .

Dengan pengampunan maka dapat membantu kita melepaskan kemarahan dan menjadikan  atsmosfir yang baik bagi orang-orang sekitar dalam kehidupan kita,  manjadi makin hangat  bergaul dengan kita .

Allahu a’lam

Bersambung
Sumber : The Heartfelt - Affirmations for Releasing the Past , Cara Nabi menghadapi kesulitan hidup , Hendra S, The secrets law of attraction, Jack Canfield DD Watkins, drphil.com , wikipedia ,dst

Tidak ada komentar: