*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Minggu, 01 Desember 2013

Seri motor legenda, IMZ-Ural M72 (2 dr 8)


Histori motor  IMZ-Ural terkait dg Perang Dunia II di Front Timur (sisi timur Jerman). Uni Soviet sedang bersiap menghadapi kemungkinan invasi  militer Nazi Jerman. Pemimpin Sovyet,  Joseph Stalin memerintahkan militer utk segera bersiaga di semua lini, menghadapi strategi invasi blitzkrieg Jerman.  Stalin memprioritaskan pd pembentukan pasukan dg mobilitas tinggi utk mengimbangi kecepatan manuver blitzkrieg Nazi Army, yg telah masuk ke Polandia. German special forces ini punya  ribuan motor sidecars BMW yg luarbiasa tangguh.
Hasil meetingdi Kementerian Pertahanan Soviet , diputuskan segera diproduksi model (prototipe) yg paling cocok utk Tentara Merah (the Red Army). Red Army Merah harus memodernisasi peralatan perangnya pasca Perang melawan Finland. Motor-motor perang yg digunakan sampai saat itu diyakini tak akan sanggup membendung startegi blitzkrieg pasukan Nazi .  Karena kualitas motor yg payah, rentan macet saat musim dingin , teknologi yg sudah usang dibanding motor sidecars BMW Jerman saat itu. AD Sovyet begitu ngebet dg ketangguhan sepeda motor model BMW seri R71 (th 1930an).

Kementerian pertahanan mempunyai catatan intelijen tentang keberhasilan Jerman dalam rancang bangun desain sepeda motor yg tahan bertugas di medan  ekstrem , berbatu dan daya tahan mesin luar biasa, sehingga keputusan segera dibuat untuk dapat mencopi teknologi Jerman itu , dan memodifikasinya agar lebih cocok dengan medan daratan Sovyet yang beriklim lebih  ekstrem.

Contoh model sepeda motor ini sebenarnya bantuan  dari Jerman (Nazi Jerman) , sebagai bagian dari perjanjian kerjasama (pakta non-agresi pada tahun 1939) .  BMW seri R71 yg dilengkapi sespan ini, segera dijadikan model prototipe untuk pengembangan sepeda motor perang Sovyet guna mengantisipasi invasi Nazi Jerman nantinya.

Menurut dokumen sejarah , bahwa setelah melalui perdebatan panjang, sepeda motor BMW R71 dianggap sebagai prototipe paling pas untuk kebutuhan Angkatan Darat pasukan Merah. VM Molotov , Menteri Luar Negeri Uni Soviet dan para pejabat KGB segera mengirim para intelijennya untuk segera bekerja. Intelijen Sovyet berhasil membawa pulang lima BMW seri R71 yang paling gres saat itu. Selanjutnya pada insinyur Soviet di Moskow segera mempreteli habis BMW ini. Para insinyur menyalin dengan teliti desain semua detail motor BMW dalam dan membuat untuk medapatkan model cetakan untuk menghasilkan mesin dan gearbox sendiri di Moskow.Mereka mempelajari setiap detail bagian motor ini, untuk kemudian diciptakan model yang paling sesuai dengan medan daratan Sovyet .



Pada musim semi tahun 1941 prototipe model pertama yang diberi label  M - 72 diluncurkan oleh pabrikan MMZ ( Moskovskiy Mototsikletniy Zavod ,Московский Мотоциклетный Завод) .Awal tahun 1941 , hasil rekayasa teknik tsb , menghasilkan prototipe motor Sovyet yang terkenal dengan nama  M72. Stalin menyetujui  prototipe ini  , dan segera memerintahkan pabrikan IMZ-Ural untuk diproduksi massal .

Berdasarkan perjanjian produksi bersama,  ZIS , sebuah pabrikan mobil Moskow , ditunjuk untuk proyek riset dan pengembangan teknologi serta sebagai pemasok mesin motor , sedangkan pabrikan KIM (sekarang diubah menjadi AZLK (Automobile Plant, Moscow) ditunjuk sebagai pemasok peralatan gearbox , dan GAZ , Gorky Automobile Plant, memproduksi poros gardan dan sespan . Pabrikan Moscow Bicycle Plant, memproduksi sepeda motor ini hingga tahun 1951.

Pada tahun 1941, Pabrikan Jerman BMW mulai produksi seri  barun yaitu BMW R75 dan menghentikan  produksi seri R71 .

Disaat yang sama  Moskow memproduksi ratusan sepeda motor sespan M-72 yg berbasis model BMW R71. Invasi Blitzkrieg pasukan Nazi Jerman begitu cepat dan efektif menggulung front timur dan makin mendekati wilayah Uni Sovyet . Perkembangan ini mengkhawatirkan Moskow, bahwa pabrikan M72 mulai masuk dalam jangkauan pesawat pembom Nazi.  Atas dasar itu  Moskow segera memindahkan pabrik sepeda motor jauh ke wilayah timur negeri itu , sehingga berada diluar jangkauan pembom-pembom Jerman.

Ditunjuklah kota Irbit. Sebuah situs di kota perdagangan kecil  yang terletak di pinggiran dataran Siberia , wilayah pegunungan Ural . Diwilayah ini juga banyak ditemukan bahan-bahan mineral seperti besi dst, sehingga pasokan bahan baku logam tersedia melimpah , jadi tepatlah dibangun pusat produksi di sini.

Pebruari 1942 , pabrik dan fasilitas peralatan produksi sepeda motor M-72  telah dipindahkan ke Irbit , termasuk didalamnya  seluruh fasilitas produksi di pabrikan  MMZ, KiM, ATE-1 juga ZiS. Proyek ini dikomandani oleh  Aleksandr Minovich Fyodorov, II Okunev, NA Kukin, V.V. desainer Bekman dan SI Karzinkin serta BV Zefirov.




Pada Oktober 1942 batch pertama dari pabrik Ural mulai dikirim ke garis depan. Selama Perang Dunia II telah diproduksi sekita  10.000 unit , yang umumnya digunakan oleh brigade mobile dan detasemen pasukan intai.





Setelah perang usai unit sepeda motor ini tetap diproduksi , hingga tahun 1950 sudah sekitar 30.000 unit diproduksi .

Pada awalnya, " URAL " hanya diperuntukkan untuk keperluan militer. Pada akhir 1950-an , pabrik KMZ di Ukraina mengambil alih tugas memasok militer, sedangkan di  Ural sendiri  pabrikan Irbit Motorcycle Works (IMZ ) mulai berkonsentrasi pada pembuatan sepeda motor untuk konsumen sipil di dalam negeri.




Mulai tahun 1953 pabrikan Ural mulai memproduksi keperluan ekspor , dimana tujuan ekspor adalah negara-negara berkembang di Asia dan Afrika yang umumnya berhaluan sosialis.Pada tahun 1957 , lini produksi M - 72 dijual ke Republik Rakyat Cina . Tahun 1970an Antara 1973 dan 1979  Ural muali masuk pasar United Kingdom (Ingrris Raya) dengan  merk SATRA oleh ATPM Cossack motorcycles .

Engine

Secara teknis desain struktural BMW R-71 , dianggap sebagai prduk teknologi baru saat itu yang belum diterapkan  dalam produk sepeda motor bikinan asli. Ini adalah, misalnya, duplex frame, gear changing by foot, spring suspension untuk roda belakang, telescopic front fork, cardan drive, feeding each cylinder from a separate carburetor.

The opposed allocation of the cylinders dalam struktur mesin tidak hanya memberikan keseimbangan yang lebih baik , tetapi juga menperkecil efek gravitasi saat motor digeber kencang. Ini diaplikasikan pada model seri M-72 , dimana letak mesin hanya 592 mm dari tanah.





Fasilitas mesin yang lain (seperti komponen rem, oil pump , generator) were driven with cogwheels;  baja silinder  berbahan baja hitam tahan panas dari jepang  dan dilapisi dengan bahan anti karat, , tongkat batang crankshaft bertipe roller-track, sementara main bearers bertipe bola (bulat) . Connecting rods were not mounted on a common neck, but each had its own. Inilah sebabnya mengapa silinder bagian kiri  menonjol ke depan 39,2 mm


Falitias tambahan untuk motor ini adalah , kotak tas untuk tempat persediaan amunisi dan suku cadang lainnya. Dipasang juga dudukan untuk menempatkan (menginstal)  senapan mesin (revolving bracket). Biasanya dipasang senapan mesin Degtyaryov dg dudukan bipods pada dasar braket bergulir. Ini dimaksudkan untuk mempermudah manuver atau merubah posisi menembak pada saat motor sedang berjalan kencang. Dudukan  Tubular ini ada di depan dan di belakang sespan.
Juga disediakan dudukan untuk pemasangan peluncur mortir 82 mm .


Secara umum model M72 tidak banyak mengalami perubahan  sampai dimunculkan model baru seri model M-72N pada tahun 1956. Mula-mula tahun 1949 pabrik memperkenalkan filter udara ganda, baik mesh filter dan filter oli inersia, yang lebih efektif dari yang sebelumnya, filter mesh. Tahun 1950  mulai diperkenalkan perangkat new generator regulator, RR-31, untuk menggantikan model lama , RR-1. Tahun 1952, diperkenalkan, model G11A. Yang tidak mengalami perubahan adalah perangkat seperti struktur karburator K-37, ukuran ban (3,75 x 19) dan beberapa peralatan lainnya.Menurut catatan total produksi model M-72  lebih dari 330 ribu unit.

Technical Specifications:
Beberapa varian model M72 antara lain  M-72 - ZiS (Moscow), GMZ (Gorkii), IMZ (Irbit) , K-O (Harkov), KMZ (Kiev) ,M-72K, M-72M - IMZ (Irbit) ,M-72N - KMZ (Kiev)

Years of production:
1941-1943 preliminary M-72,
1944-1956 M-72,
1954-1960 M-72K,
1956-1960 M-72M,
1956-1959 M-72N
Total wartime production: 15,335 units.

Payload:                 300 kg, (3 people + 100 kg with sidecar)
Wheelbase:             1400mm
Road clearance:       130/135mm
Engine:                   22hp/4500-4800rpm
, 4800-4900rpm M-72K - 27hp/5000rpm 2-cyl. Engine :              4-stroke SV with horizontal opposed cylinders, 746cc
Compression ratio:    5,5 : 1
Carburetor:             K-37, K-37A from 1950 onward
Ignition system:       battery 3MT-7 or 3MT-14, 6 Volt, 7 or 14 Amph
, except M-72K Magneto Interrupter: points ignition*
Clutch:                    dry twin plates (the very early model - one plate)
Engine cooling:         air
Gearbox:                4 speed with hand and foot shift
Ratios:                    I - 3,60, II - 2,28, III - 1,7, IV - 1,30
Final Drive ratio:       3.89, 4.62 from 1944 onward.*
Cardan:                  Shaft Drive*

Mechanical drum brakes on front and rear wheels Weight (fueled): 225 kg (solo), 350 kg (with sidecar)
Maximum speed (with sidecar):      85 km/h except M-72N 90 km/h and M-72K 120 km/h
Fuel tank capacity:                       22 L
Fuel consumption (with sidecar):     7 L/100km under 50-60 km/h
Engine oil capacity:                       2 liters
Oil consumption:                          0,25 L/100 km
Transmission oil capacity:              0,8 liters
Final Drive oil capacity:                 0,175 liters*

 Modern product

Ekspor perdana Ural pada tahun 1953, awalnya terutama ditujukan  untuk negara-negara berkembang yang berhaluan sosialis. Pada akhir tahun 1960, mulai diekspor ke negara-nagara eropa dan amerika . Urals adalah kombinasi unik dari harga, styling awet muda, dan fungsi sespan.

Pada November 1992, pabrik milik negara diprivatisasi menjadi Uralmoto Joint Stock Company. Dimana , 40% saham dimiliki oleh manajemen dan karyawan melalui hibah, 38% dijual di bursa (umumnya dibeli manajemen dan karyawan), dan 22%  merupakan saham pemerintah.



In early 1998, Ural was bought by private Russian interests; it is no longer a State-owned company. (Shortly after the purchase, in 2000, the government shares were redistributed to investors.) New ownership has brought new management, fresh ideas and production techniques, modernized design and updated technology, and above all, a commitment to quality control at all points of production. Ural motorcycles have been given a new lease on life. While the outward appearance of the engine retains the look of a classic Ural,. Everything good and unique about the old Urals has been maintained, including the inherently balanced design of a horizontally opposed flat twin engine with roller bearings in a solid frame.

Di era sekarang Ural lebih fokus pada produk-produk sepeda motor dengan spesifikasi heavy duty Ural sidecar motorcycles . Hal ini untuk menyesuaikan dengan luasnya daratan Rusia dan medan yang berat , berlumpur, pegunungan, salju dst. Motor Ural ber-sespan ini dirancang untuk jalan Rusia yg kasar berbatu, jadi memang didesain bermesin badak dan tahan banting. Sepeda motor URAL dilengkapi dengan empat -stroke , berpendingin udara , flat-twin engines, gear box dg empat kecepatan dengan gigi mundur , drive shaft , dua disc kopling kering , spring shock absorbers  , dan rem drum brakes . Beberapa model tanpa sespan telah dikembangkan untuk pasar Eropa , dan perusahaan telah mengembangkan sebuah mesin yang memenuhi standar yang diperlukan oleh olahraga modern dan untuk touring. Meskipun begitu  mesin tetap sama seperti sebelumnya , teknik pengendalian kualitas baru mempekerjakan lebih paduan dan casting , mesin lebih halus  , dan cat dan krom yang lebih baik . Sementara tetap mempertahankan keuntungan desain tradisionalnya dengan posisi melintang mesin  kembar .

Pada awal 1998, Ural dijual ke swasta, yang menjadikan ide-ide baru dalam desin produknya. Sepeda motor Ural telah banyak berkembang sejak itu .Sementara penampilan diluar  mesin tetap mempertahankan tampilan dari Ural klasik, sementara quality control techniques and use of better alloying and casting, better engineering tolerances, better paint and chrome, make for a stronger. Segala sesuatu yang baik dan unik tentang Ural lama tetap dipertahankan, termasuk desain inheren seimbang mesin twin datar horizontal menentang dengan bantalan rolnya.
Motor-motor besutan Ural ini banyak  diekspor ke Australia, Inggris, Prancis, Belanda, Belgia, Spanyol, Yunani, Norwegia, Finlandia, Islandia, Swedia, Jerman, Mesir, Iran, Afrika Selatan, Brasil, Uruguay, Paraguay, Amerika Serikat dst. Jumlah total penjualan sejak pabrik didirikan telah lebih dari 3,2 juta unit . IMZ-Ural adalah satu-satunya produsen sepeda motor Rusia yang mempunyai kapasitas produksi  besar dan termasuk dalam produsen sepeda motor sespan terkemuka di dunia.

Seperti produsen sepeda motor besar lainnya , Ural saat ini juga mulai melengkapi dengan komponen-komponen pabrikan lain misalnya  alternator Nippon Denso, rem dari Brembo, kontrol stang dari Domino, garpu dari Paioli, penyalaan dari Ducati Energia, dll . Hal ini dimaksudkan untuk bisa menekan biaya produksi dan bisa bersaing dengan produk-produk pesaing.

 

Beberapa model Ural Motorcycles yang baru  antara lain Ural Patrol, Ural Gear-Up , Ural sT, Ural Taiga ,Ural Red ,October Ural, Sahara Ural, Wolf Ural, Raven Ura,l Patrol-T ,Ural Retro ,Ural Solo sT, Ural T ,Ural Tourist, Ural Troyka ,Ural Yamal LE, dll .Anda dapat membelinya baru di Amerika Utara atau Eropa cukup mudah, mulai dari sekitar $ 10.000.


"Dulu orang berkata bahwa Ural menggantikan semua perkerjaan kuda dengan lebih hebat," kata Madina Mirzoyeva, salah satu dari delapan karyawan di kantor Ural American di Redmond, Washington . Ural jagoan Untuk mengangkut barang-barang belanjaan , tahan dalam perjalanan jauh , juga murah dan praktis tambahnya.
Bersambung...

Allahu a’lam
Sumber : : autogallery.org.ru , motorcyclistonline.com, wikipedia, motor.com , Motorcycle WW2.com dst

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Motor yg Kuat dan cocok untuk kondisi alam di Indonesia, semoga dijual juga di Indonesia