*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Minggu, 15 Desember 2013

motor Legend, DKW RT125 disainnya jadi inspirator (4 dr 8)



Since its inception in the 1930s, the DKW RT 125 has gone on to be one of the most copied motorcycles of all times. Kecanggihan , kepraktisan, kelincahan serta kemampuan offroad yg oke menjadikan motor ini sbg ikon  yg banyak dicopy pabrikan lain , misal :

England (UK) , Usai PD 2 , sbg pemenang perang mendapat copy blueprint desain dan teknologi DKW RT 125 sbg bagian dari perjanjian pampasan perang.  Desain itu lalu diserahkan kpd BSA (Birmingham Small Arms Company) . Awalnya BSA tak tertarik dg desain ini . Mereka beasumsi bhw komposisi mesin DKW dan power output terlalu kecil utk ukuran motor Inggris. Pada saat itu memang pasar di Inggris dan negeri koloninya didominasi dg mesin besar bertipe empat stroke.

Th 1948, pabrikan BSA mencoba megembangkan teknologi dan desain DKW RT , mk terbitlah branch Bantam. BSA seri Bantam ini segera dilempar ke pasaran Inggris raya dan koloninya. Dg meniru konstruksi dan desain ringkas model DKW, ternyata BSA banyak mengambil keuntungan dimana biaya produksi bisa ditekan , serta kandalan mesinnya yg oke. Dan yg jelas model kecil ini cocok utk negara-negara koloni di Asia yg penduduknya berpostur lebih kecil. Produk ini akhirnya menjadi produk motor Inggris paling sukses di Inggris raya dan negara2 koloninya. 


BSA Bantam menganut sistem dua-stroke seperti DKW RT 125 dan diproduksi dengan beberapa varian mulai dari kapasitas 125 cc sampai 175 cc. Versi pertama BSA Bantam D1, mulai masuk pasar  pada bulan Oktober 1948 dan dilanjutkan dalam produksi selama beberapa tahun. Dari tahun 1948 sd 1973 The BSA telah terjual dipasaran  sekitar 500.000 unit.

Meski Bantam dianggap dijuluki hasil copas dari DKW RT 125, namun citarasa Inggris tetap dipertahankan,  misalnya : letak gearbox diletakkan  di sisi kanan khas gaya Inggris .

Kontstruksi mesin BSA Bantam mengadopsi satu unit mesin dimana didalamnya menyatu dengan gearbox, dengan  single cylinder 2 stroke. Barel ini besi alloy. Pada versi awal masih mengadopsi tiga kecepatan, kemudian diperbaruhi menjadi versi empat kecepatan . Menggunakan , kopling model "wet" clutch.

 

Sebenarnya pabrikan BSA didirikan  pd Juni 1861  di bukit the Gun Quarter, Birmingham, Inggris.  Industri ini mulanya bergerak di bidang produksi senjata dan peralatan (mesin) pendukungnya. Pendirinya adalah the  group of fourteen gunsmith members of the Birmingham Small Arms Trade Association. Pada tahun tahun 1863 mendapat order 20.000 senapan untuk infanteri Turki.

 

Pada masanya BSA bisa memproduksi senjata dan perlengkapannya sebanyak 1.200 unit senapan per minggu. Produk militer BSA yang legendaris adalah The M1919 Browning.  Produk ini  adalah senapan mesin kaliber 30mm  yang banyak digunakan pada abad ke-20. Biasanya dipakai sebagai senapan mesin pendukung infanteri, koaksial, mount, pesawat, dan anti-pesawat , banyak dipakai olehmiliter AS dan banyak negara lain, terutama selama Perang Dunia II, Perang Korea, Perang Vietnam dst.

 

Pada tahun 1908 BSA mulai terjun ke produksi sepeda (sepeda motor). BSA Cycles Ltd dibentuk pada tahun 1919 untuk fokus pada produksi  sepeda dan sepeda motor. BSA menjual bisnis produk sepeda kepada Raleigh pada tahun 1957 dan lebih memfokuskan diri pada produksi motor.

 Pabrikan Inggris selanjutnya , yang juga meniru produk BMW adalah James Motor Cycles of Gough Road, Greet, Birmingham. Pabrikan ini memproduksi motorcycles antara tahun 1902 hingga 1966  di   Birmingham dan London.

 The James Cycle Company Ltd didirikan  di Birmingham pada 22 Mei 1897 oleh Henry William James. Harry telah memproduksi sepeda sejak akhir 1880-an, tetapi sepeda motor pertama perusahaan baru diproduksi sekitar tahun 1902.  Produksisempat dihentikan  pada tahun 1904 namun pada tahun 1908 , produksi motor dilanjutkan di pabrik baru  di Gough Road, Greet, Birmingham 11. 

James Motor memproduksi sepeda motor baru bersistem first two-stroke pada tahun 1913. Beberpa produksi juga digunakan pihak militer  selama Perang Dunia Pertama
Selama periode 1936-1940, berbagai model motor diproduksi dgn tetap konsisten menganut sistem dua-stroke , salah satunya dengan mesin 122cc, memberikan pelayanan yang terbaik selama perang. Mereka juga memproduksi motor untuk keperluan militer yang dijuluki the Military Lightweight the 'Clockwork Mouse'. 


Post World War II. Only two models were built - the Superlux autocycle and the 122cc ML. This was a wartime model with the paint changed to maroon.
Pasca Perang Dunia II. James hanya memproduksi  sedikit dua model , seperti yaitu  autocycle Superlux yang terkenal dengan warna  merah marunnya.



Periode th  1949-1950 , model banyak direvisi dan diperluas, dengan tetap menggunakan mesin Villiers. Ada tiga moel sepeda motor yang diproduksi , The Comet,The Cadet dan The Captain, ditambah dua model khusus untuk arena balap. Semua model mengaplikasi  girder forks. Mulai tahun 1950 an , james mengadopsi teknologi Dunlop yang menggunakan telescopic forks using rubber cushions as springs. The only exception was the autocycle. Untuk model Captain menggunakan suspensi untuk roda belakang.





Produk model James comet inilah yang banyak terinspirasi dari model DKW RT 125. Pada perkembangannya  The Comet dikembangkan menjadi model  Commodore.

Pabrikan Inggris lainnya Royal Enfield, yaitu sebuah nama usaha yang berada dalam grup the Enfield Cycle Company , yang bergerak dibidang pabrikan sepeda motor, sepeda , lawnmowers  dan stationary engines . Core bisnis utamanya tercermin dalam logo dan moto mereka "Made like a gun, goes like a bullet".  .

Pada tahun 1956 Enfield India mulai merakit sepeda motor Bullet di bawah lisensi dari UK components , dan pada th 1962 telah memproduksi sepeda secara utuh . Enfield of India akhirnya membeli branch  Royal Enfield pada tahun 1995 .  Royal Enfield production,  berbasis di Tiruvottiyur , Chennai , India.. Pada Mei 2013 fasilitas perakitan baru dibangun di  Oragadam , Chennai .

Produk The Royal Enfield WD / RE dikenal sebagai "Flying Flea" yaitu sebuah sepeda motor ringan Inggris yang dikembangkan oleh Royal Enfield untuk Departemen Perang. Unit ini banyak digunakan untuk menunjang pergerakan  pasukan Linud (airborne troops). Karena ringan maka speda motor ini dapat dijatuhkan dengan parasut atau dibawa dalam pesawat  glider.


  The Flying Flea: 1948 Royal Enfield RE125, desain asli dari motor ini sebenarnya dari DKW RT100 keluaran th 1935 , sebuah motor dengan mesin 2 -stroke 98cc  yangdi kemudian hari dikembangkan lagi oleh pabrikan Jerman , yang kemudian muncul generasi  DKW RT125 yg sangat sukses dan banyak ditiru.
 Pada awal 1938, Jerman memerintahkan DKW untuk membatalkan hubungan bisnis dengan pabrikan Belanda yang memasarkan produk DKW (Dutch concessionaire, RS Stokvis en Zonen), karena suatu alasan tertentu. Kemudian perusahaan Belanda itu mengirimkan contoh DKW RT 100 ke pabrikan Royal Enfield. Mereka meminta kepada pabrikan Inggris itu untuk membuat model sepedamotor yang sama namun dengan kapasitas mesin 125 cc.  Manager kepala desainer Royal Enfield , Ted Pardoe , menyetujui dan membuat produksi tiruan berbasis DKW Rt 100 dengan peningkatan kapasitas mesin 125 cc. 



Beberapa prototipe hasil produk versi  RE125 sempat dipajang di Rotterdam pada  April 1939 dengan branch Royal Baby.  Produksi massal untuk versi RE 125 ini tidak berlangsung mulus , karena Belanda keburu diserbu pasukan Nazi Jerman.

Untuk versi militer RE 125 dibikin di Inggris , dimana versi awalnya bertajuk  Flying Flea  yang banyak digunakan pasukan payung Inggris (Linud), disamping banyak digunakan di garis belakang sebagai  unit motor pendukung.  

Spascification :
RE 125 memiliki spek konstruksi mesin T125cc dengan  54mm x 55mm bore dan stroke, handshift 3-speed gearbox. Baja kepala silinder dari aluminium , flat-top piston dan rasio kompresi 5.75:1, mesin dapat menyala walau dengan bensin beroktan rendah. The timing chain ran in an oil bath, as did the cork clutch, seperti yang dilakukan gabus kopling. Dinamo Miller dg daya listrik pengapian 6-volt dan 27-watt sistem pencahayaan. Power diklaim 3,5 kuda pada 4.500 rpm. Bahan bakar irit dikelasnya, dimana satu galon BBM sanggup untuk  130 mil.

In USA

Ternyata di AS, Harley-Davidson telah juga menerima blurprint desain DKW RT 125. Pada tahun 1948 HD versi pertamanya yang bertajuk Model 125. Dengan desain mesin dua  stroke, yang berarti dalam mesin harus ada pencampuran antara oli  dengan bensin. Ini konsep mesin  pertama bagi Harley. Dimana , sebelumnya HD konsisten sebagai produsen motor besar dengan mesin kembar dan bertipe empat stroke. Mesin HD ini sering kurang optimal dalam sistem pencampuran oli dengan BBM , sehingga performa mesin tidak maksimal dan hanya mampu  menghasilkan 3 tenaga kuda.  

 

Lebih dari sepuluh ribu , Model ini terjual selama tahun pertama produksi. Meski banyak  dealer tidak tertarik menjual model ini . Namun sebenarnya model 125 cukup populer dikalangan  pengendara muda, banyak dari mereka merasa telah berhasil naik sepeda motor besar.

 

Pd tahun 1953, HD memperbesar ukuran mesin  menjadi 165cc, boosted horsepower hingga  5.5 .

Beberapa varian Hummer model

MODEL
YEARS MADE
SIZE
Model 125
1948-1952
125cc
Model 165
1953-1959
165cc
Hummer
1955-1959
125cc
Super 10
1960-1961
165cc
Ranger
1962
165cc
Pacer
1962-1965
165/175cc
Scat
1962-1965
165/175cc
Bobcat
1966
175cc

 

Bersambung ..........

sumber :  .motorcycleclassics.com , forum.woodenboat.com, harleyhummer.com , wikipedia, dll

Tidak ada komentar: