*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Jumat, 24 Agustus 2012

Komunikasi data seluler (2 dr 5)


Teknologi CSD dan HSCD, Teknologi pertama yang digunakan dalam transfer data jaringan GSM   adalah Teknologi CSD (Circuit Switched Data),bBerawal dari kemampuan komunikasi data menggunakan teknologi CSD (Circuit Switch Data) atau GSM Data Call. CSD menggunakan slot waktu radio tunggal untuk melakukan transmisi data 9,6 kbit/detik ke jaringan GSM dan dapat dihubungkan melalui modem biasa yang digunakan pada telpon rumah atau Public Switched Telephone Network (PSTN).


CSD lalu digantikan n dengan teknologi HSCD (High Speed  Circuit Switched Data). Mirip beda dengan CSD,  HSCSD  masih  mengadopsi sistem teknologi CSD namun dirancang untuk memberikan kecepatan data yang lebih tinggi dengan menggunakan kanal pengkodean  lebih efisien dan/atau slot waktu ganda (hingga 4).
Perbedaan utamanya  lainnya dengan  teknologi CSD bahwa teknologi CSD ini operator seluler mengenakan  biaya berdasarkan waktu pemakaian. Atau  mirip dengan pemberlakuan waktu pemakaian internet menggunakan dial-up pada telepon rumah. Sedangkan teknologi HSCD mulai berdasarkan volume data yang terkirim.

Tekonologi HSCD dapat meningkatkan kecepatan transfer data hingga menjadi 14,4 kbps, namun dalam prakteknya kecepatan jarang mencapai angka tersebut. Beberapa operator selular sebelum mengimplementasikan teknologi GPRS masih mengandalkan fitur ini untuk menunjang komunikasi data seperti browsing internet atau sekedar membuka e-mail.
Teknologi diatas masih menggunakan system circuit Switch. Teknologi ini dianggap kurang mumpuni sehingga sebagian oprator GSM beralih ke teknologi GPRS. Lalu GSM itu sendiri apa sih?
GSM (Global System for Mobile Communication) merupakan sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada mobil communication, khususnya HP. Teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi selular sekaligus sebagai teknologi selular yang paling banyak digunakan.

Teknologi GPRS

Perkembangan teknologi GPRS  bisa dikaitkan  dengan perkembangan teknologi HP generasi 1G dan 2G. Penemuan GPRS terus berkembang hingga kemunculan generasi 3G, 3,5G, dan 4G. Perkembangan teknologi komunikasi ini didasarkan pada kebutuhan memperbaiki kinerja, kemampuan dan efisiensi dari teknologi generasi sebelumnya. 1. Generasi 1G: analog, kecepatan rendah (low-speed), cukup untuk suara. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System). 2. Generasi 2G: digital, kecepatan rendah - menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT. 2G merupakan jaringan telekomunikasi seluler yang diluncurkan secara komersial pada GSM di Finlandia oleh Radiolinja pada tahum 1991.

General Packet Radio Service (GPRS) adalah Mobile Data Service yang tersedia bagi pengguna ponsel GSM dan IS-136. Transfer data GPRS biasanya dibebani biaya per Megabyte data yang ditransfer, sementara komunikasi data melalui circuit switching biasanya dibebani biaya per menit dari waktu sambungan, tidak peduli apakah pengguna melakukan transfer data atau hanya idle. GPRS menggunakan beberapa layanan, diantaranya akses WAP, SMS dan MMS, juga aplikasi Internet, seperti e-mail dan akses Web.

Berikut tabel kemampuan upload & download beberapa teknologi yang digunakan di GPRS dan keluarganya.

Teknologi
Download (Kbit/s)
Upload (Kbit/s)
CSD
9.6
9.6
HSCSD
43.2
14.4
GPRS
60
40
EGPRS (EDGE)
236.8
59.2
EGPRS (EDGE)
117.6
118.4
 

Teknologi GPRS  memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan email, data gambar (MMS)), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW)).

GPRS adalah  sistem transmisi berbasiskan   GSM yang menggunakan prinsip 'tunnelling'. Ia mengkalim  laju data yang lebih tinggi,  sekitar  160 kbps dibandingkan dengan 9,6 kbps yang dapat disediakan oleh rangkaian tersakelar GSM. Kanal-kanal radio ganda dapat dialokasikan bagi seorang pengguna dank anal yang sama dapat pula digunakan dengan berbagi antar pengguna sehingga menjadi sangat efisien. Dari segi biaya, mengacu pada volume penggunaan. Penggunanya ditarik biaya dalam kaitannya dengan banyaknya byte  yang dikirim atau diterima, tanpa memperdulikan panggilan. 

Para operator jaringan komunikasi  meyakini GPRS sebagai dasar amunisis  untuk mengembangkan pasar komunikasi  yang selama ini menjadi lahan tradisonal jaringan kabel, yaitu layanan internet.  Fitur GPRS di input pada jenis ponsel bertipe GSM  dan IS-136, dan mengandalkan dengan kecepatan mulai dari 56 kbps hingga 114 kbps, sehingga dapat memungkinkan akses internet, transfer data multimedia dari dan ke komputer, notebook  dan handheld computer. Sebab GPRS dirancang berdasarkan layanan komunikasi GSM (Global System for Mobile communication), maka secara teori akan lebih murah daripada sambungan telepon seluler jenis lainnya, sehingga kanal yang dipakai dapat dibagi beramai-ramai oleh sejumlah pengguna.

Bersambung …
Allahu a’lam
Sumber : dari beberapa sumber bacaan.

Tidak ada komentar: