*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Rabu, 15 Agustus 2012

Tips merawat Wiper mobil anda


Antisipasi datangnya musim hujan, perlu teliti lagi perangkat wiper dan juga  washer mobil anda . Dengan merawat alat pembersih kaca itu, anda dpt lebih tenang berkendara saat hujan turun. Saat kemarau begini ini alat sering terlupakan.  Perlu diketahui juga bhw peralatan ini dpt terganggu akibat panas kemarau  (terik)Begitu hujan datang, kita baru menyadari bahwa ada yg tak beres pada peralatan khusus hujan ini.
Sahabat, Wiper washer  termasuk perangkat vital, ketika kotoran dan cipratan air selalu membayangi. Belum lagi bila kaca depan sudah terlapis jamur,  namun  belum sempat men' treatment. WIPER (penghapus curah air di kaca mobil) adalah  komponen wajib saat  mengemudi di musim hujan. Menjadi persoalan bila komponen tsb tiba-tiba ngadat, seret , atau malah sama sekali tak mau bergerak saat hujan lebat.


Selain waktu hujan, air  ini juga berfungsi untuk membasuh kotoran seperti getah pohon, kotoran burung dan sebagainya. Sesedikit apapun kotoran di kaca, pastikan Anda menggunakan washer  sebelum menghidupkan wiper.  Sebab bila tidak, kotoran yang bersarang sangat potensial membaret kaca.

Untuk lebih mendapatkan kenyamanan mengemudi, khususnya karena fungsi wiper yang optimal, luangkan waku untuk memeriksa kerja rangkaian, mulai dengan mengaktifkan wiper dengan menguyurkan air sebelumnya, hingga mengamati optimasi kerja motor listrik dan tingkat kekenyalan karet penghapusnya. Dan melakukannya pun tidak sulit. Jauh lebih sulit mengemudi waktu hujan dengan peralatan yang tidak beres ketimbang merawatnya.

Kita paham bahwa tanpa washer, kerja wiper tidak akan sempurna. Semprotan air ini sangat diperlukan, khususnya saat hujan mulai berhenti untuk membersihkan kotoran di kaca akibat cipratan dari kendaraan lain. Masalah yang sering timbul, dimana semburan washer  loyo atau malah tak keluar sama sekali, padahal pompa elektrik masih berfungsi. Penyebabnya bisa dipastikan adanya hambatan pada jalur air dari tangki reservoir ke nosel washer.

Berikut
trik praktis untuk membantu Anda memecahkan masalah ini:
1.    Cabut slang di bawah tabung reservoir, periksa apakah ada hambatan dengan menekan switch washer.  Bila tak ada air yang mengucur, telusuri slang air washer  di balik kap mesin.
2.    Ada kemungkinan pompa tidak berfungsi saat switch  ditekan. Bila ini yang terjadi, periksa konektor dan kabel yang menuju pompa. Sambungan buruk atau konektor kotor bisa menyebabkan pompa tak bekerja.
3.    Jika ada sepasang washer  di mobil, periksa sambungan ‘T’ yang membagi debit air. Kerap terjadi sambungan itu tersumbat kotoran atau dipenuhi lumut. Cuci bersih dan gunakan benda tajam untuk membersihkan bagian dalam sambungan.
4.    Cabut slang dari nosel washer  dan tiup dengan angin kompresor untuk mengeluarkan kotoran.
5.    Terakhir, bersihkan nosel dengan jarum atau benda tajam lain. Setelah bersih, arahkan semprotan nosel ke bidang yang tepat di kaca depan. Jangan terlalu tinggi karena saat mobil melaju, ada kemungkinan semprotan tak jatuh di kaca akibat tertiup angin. Sebaliknya jangan terlalu rendah sampai menghalangi pandangan pengemudi.

Bila telah kelar , maka washer ini perlu dirawat agar tetap berfungsi dengan baik. Berikut beberapa langkah yang diusulkan untuk anda :
1.     Lihatlah bagian dalam tabung air wiper. Jika sudah banyak keraknya, bersihkan tabung dengan sikat botol.
2.    Isilah tabung wiper dengan air suling atau biasa disebut destillated water. Air suling ini sama dengan air aki penambah dengan botol berwarna biru.  Bila diperlukan, campurlah air penyemprot dan wiper fluid dengan perbadingan sesuai kemasan. Produk pencampur air wiper ini mampu menghilangkan minyak dan kotoran yang hinggap di kaca depan. Jangan menggunakan sabun biasa karena bisa merusak cat dan membuat mampat saluran washer.
3.    Jika semprotan air wiper tersendat atau tidak lancar, bersihkan nosel dengan jarum.
4.    Perhatikan juga arah semprotan. Pastikan arah semprotan pas pada bagian yang tersapu wiper. Jika kurang pas, setel juga dengan bantuan jarum.
5.    Bersihkan soket pompa air pada tabung washer dengan elektro contact cleaner.


Sobat, jika motor wiper atau tabung air washer pecah, memang paling tepat diganti dengan yang orisinal. Namun jika harga tabung air orisinal tentu lebih mahal, Anda bisa menggunakan komponen universal atau milik mobil yang harganya jauh lebih murah.

Wiper berfungsi, namun jalannya lamban
Bila mendapati gejala ini maka yakinkan salah satu kerusakan dari dugaan umumnya kerusakan yang paling sering terjadi seperti berikut ini.

Tahanan dalam koil yang menuju ke pengganti arus besar, mengalami kekotoran
Segera lepas bagian ini bersihkan dengan hati-hati. Biasanya tumpukan debu dan kerak korosi yang menyebabkan kotornya bagian ini.

Poros engkol macet
, Menghadapi masalah ini sama saja dengan memperoleh kondisi untung-untungan. Artinya, kalau poros engkol macet akibat korositas ringan, maka pengobatannya dapat mudah dilakukan dengan menyemprotkan cairan 4wd. Namun bila korositasnya telah parah, mungkin diperlukan pencopotan paksa dan pengelasan untuk mengembalikan fungsi maksimalnya.

Tombol kontak macet
, Ini dapat diketahui dengan cara menyatukan aliran positif dan negatif rangkaian kabel di luar tombol kontak. Bila penyatuan kutub negatif dan positif menimbulkan bunga api dan rangkaian bergerak, maka jelas macetnya tombol kontak sebagai penyebabnya. Ini harus dilakukan penggantian piranti tersebut.

Motor listrik rusak
Bila pengontrolan rangkaian telah dilakukan dan tak ditemukan keanehan, sementara gerakan wiper tetap lamban, maka dugaan paling besar harus ditujukan pada fungsi motor listrik. Mintalah bantuan bengkel dinamo untuk memperbaiki kerusakaan motor listrik tersebut.

Wiper mati
Anda periksa dulu fungsi sekering yang berkait dengan rangkaian wiper ini terlebih dahulu, sebelum menduga penyebab kerusakan lainnya.
1.  Sekering putus, Sekering memang disiapkan untuk menangkal (memutuskan) terjadinya hubungan arus pendek. Karena itu bila terjadi beban berlebihan atau tak maksimalnya kerja salah satu rangkaian listrik akan membuat sekering putus. Setelah menggantinya, yakinkan bahwa memang tak terjadi kerusakan aliran listriknya.
2.  Hubungan kabel rusak , Ini bisa diakali dengan menggunakan taspen, obeng dengan kabel dan memiliki lampu. Ambil aliran listrik positif yang biasanya diwakili oleh kabel berwarna merah. Bila satu sisi tak menyala sementara bagian lain mendapati aliran listrik (membuat obeng menyala), maka kerusakan ini biasanya diakibatkan karena kabel rusak atau malah putus.
3.  Hubungan roda gigi pada wiper rusak
Biasanya roda gigi wiper rusak setelah mengalami kelelahan kerja. Menghadapi masalah ini, hanya satu penyelesaiannya, menggantinya dengan piranti yang baru.
Lalu, bila semua kegiatan di atas telah dioptimalkan dan wiper masih tetap lamban atau malah tak kunjung bergerak, bawa mobil ke bengkel dengan penjelasan telah dilakukan sejumlah tindakan darurat secara mandiri.

Tidak kalah penting nya adalah  dengan selalu memeriksa cairan shampo pada tangki wiper. Ketersediaan cairan ini memang tetap harus terus diperhatikan.Sebab cairan inilah yang membantu wiper bekerja membersihkan kaca depan mobil anda. Bila di tengah jalan anda ingin mengguna-kannya dan ternyata habis, wiper akan kesulitan membersihkan kaca dan bila dipaksakan maka resiko kaca baret pun bukan sesuatu hal yang mustahil.

Begitu pula , dengan  pula motor penggerak wiper. "Bagian ini harus secara berkala diperiksa. Mintalah mekanik untuk memeriksanya bila Anda sedang servis berkala, karena biasanya bagian ini memang sering terlupakan. Karena bila tidak diperiksa secara berkala, maka kita tidak tahu kondisi terkini dari komponen itu. Motor penggerak yang terdiri dari beberapa bagian ini bila kita tahu kondisinya akan bisa kita cegah kerusakannya dengan cara menservisnya sebelum terjadi kerusakan.
Motor ini kan terdiri dari banyak bost, kalau tidak dirawat takutnya nanti ketika ada masalah malah tidak bisa di servis dan jadi harus beli motor baru.

Oh ya, jangan lupa , ada perlu rutin perhatikan kondisi karet wiper, apakah karet-karetnya masih elastis. Jangan-jangan sudah mengeras sehingga kurang berfungsi dengan sempurna saat menyapu air dari kaca depan. Keras dan tidak fleksibel adalah ciri utama karet wiper yang sudah harus diganti.
Selain dapat menggores kaca hingga meninggalkan bekas yang mengganggu pemandangan, karet wiper yang sudah buruk biasanya ditandai dengan timbulnya embun pada bagian-bagian kaca yang tersapu wiper. Meskipun tampak sederhana, wiper sebaiknya memang tidak luput dari perhatian dan harus kita rawat dengan sebaik-baiknya.

Sinar matahari yang menyengat kaca akan membuat temperatur permukaan kaca ikut naik. Bila wiper menempel, tentu panas itu akan menyentuh bagian wiper yang terbuat dari karet. Sesuai sifat dan karakternya, panas berlebih dapat merusak karet.

Awalnya, pengaruh buruk panas terlihat dari perubahan bentuk karet yang memuai. Lama kelamaan, karena sering mengalami perubahan dari panas ke dingin karet menjadi tidak elastis (keras). Ketika dioperasikan, wiper dengan karet yang keras semacam itu tentulah akan membuat kaca tergores.
Untuk menjauhkan karet wiper dari kaca, kita bisa langsung menegakkannya setiap kali memarkir di bawah terik matahari. Selain dengan menegakkan batang wiper (tuas wiper), sebetulnya di toko-toko aksesoris mobil banyak dijual alat yang bisa menunjang batang wiper sehingga karetnya bisa terjauh dari kaca jika alat penunjang ini difungsikan. Dengan alat ini, batang wiper tidak perlu sampai berdiri tegak

Semoga bermanfaat.
Allahu a'lam

Sumber : http://forum.x-voc.com , okezone.com dll

1 komentar:

Pembersih Mobil mengatakan...

Wah pas sekali