*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Sabtu, 04 Agustus 2012

Tips : memilih mesin cuci (3 dr 3)

Pada jenis Mecin cuci Front Loading  ini,  ada ciri khusus ,yaitu  ;
a.    Posisi tabung pd mesin ini adalah horisontal, dgn arah putaran vertikal.
b.    Hanya ada satu tabung,  yaitu tabung stainles steel yg berlubang-lubang seperti pada mesin cuci jenis top loading,
c.    Tabung tidak dilengkapi pulsator.
 Ciri lain bahwa  cucian yg telah tecampur air-deterjen dibawa diputar secara vertikal. Dgn kecepatan putaran tertentu , proses mencuci didesain pd saat posisi cucian tsb sampai puncak putaran, cucian tsb dijatuhkan kebagian tabung bawah shg menimbulkan efek seperti digilas. Dgn  arah putaran tabung berubah-ubah, mk efektifitas penggilasan cucian ini menjadi lebih intensif. Dibanding dengan jenis lainnya, efek cucinya lebih baik.
 Memang sih , tidak ada mesin yang sempurna .  Mesin cuci tidak menjamin pakaian pasti bersih, sebab mesin cuci tidak punya mata. Bagian kerah, pergelangan tangan, siku atau yang lainnya yang umumnya lebih kotor, harus mendapat treatment khusus, misalnya disikat terlebih dahulu atau disemprotkan dengan cairan khusus pengurai lemak/kotoran.

Apabila proses pencucian/penggilasan telah selesai, maka air deterjen dibuang dan diganti dengan air bersih untuk melakukan proses pembilasan. Begitu juga proses pengeringan terjadi setelah air deterjen/air bilas dibuang dan tabung berubah fungsi menjadi tabung pengering.

Yang menarik dari tipe ini adalah daya listrik g lebih hemat dibanding jenis top loading, yang harus memutar cuciannya berikut airnya. Pada jenis front loading, motornya hanya terbeban untuk memutar cuciannya saja. Dengan kapasitas 7 - 8 kg, listriknya berkisar antara 250-300w (cold wash).  Dalam beberapa tipe ini  ada yang dilengkapi dengan fitur hot wash, mencuci dengan air panas. Nah kalau yang ini jangan nanya deh konsumsi listriknya , bisa jadi 2250w (Hot Wash).
 
Perlu diperhatikan juga , mesin ini  membutuhkan fasilitas suplai air dari keran untuk mesin cuci yang berarus  deras, supaya sabun, pewangi/pelembut yang berada di kompartemen/laci sabun, dapat tersiram turun ke dalam drum dibawahnya. Detergen yang digunakan adalah khusus mesin cuci yang tidak terlalu banyak menghasilkan busa. Dan saat mati lampu jadi masalah besar, cucian terkunci didalam, dan harus menunggu hingga listrik menyala kembali.

Secara umum semua proses keja kerja mulai pengaliran air, pemberian deterjen, pencucian, pembuangan air bekas cucian, pengeringan awal, pengaliran air bilas, pembilasan, penggunaan pelembut dan pengeringan akhir semuanya diatur secara otomatis oleh mesin cuci baik secara semi komputerize maupun full computerize.

Hanya diperlukan menentukan pilihan proses pencucian sesuai dengan bahan dari pakaian/cucian yang akan dicuci atau tingkat kerja proses pencucian mulai ringan, sedang, normal berat dan sangat berat. Bahkan pada mesin cuci modern saat ini apabila tingkat pencucian seperti itu dianggap kurang, masih ada opsi untuk menambah waktu pencucian, waktu pembilasan dan mencuci dengan mengatur temperatur air yang digunakan dalam proses pencucian. Demikian juga pemberian deterjen dan softener sudah diatur secara otomatis oleh mesin cuci yang disesuaikan dengan berat dari cucian yang akan dikerjakan.

Cara menggunakan mesin cuci ini sangat mudah dan simple  yaitu :
  1. Masukkan cucian kedalam mesin cuci.
  2. Periksa persediaan deterjen dan softener, tambah bila kurang.
  3. Masukkan stop kontak aliran listrik dan buka kran air.
  4. ”On”kan mesin cuci kemudian pilih program pencucian.
  5. Tekan knob start agar mesin cuci memulai proses kerja.
Dan …… sudah, tinggalkan mesin cuci karena semua proses pencucian akan berlangsung tanpa memerlukan campur tangan kita, sampai nanti kalau proses pencucian selesai kita tinggal mengambil cucian untuk dijemur. Namun pada waktu proses pencucian selesai pintu mesin cuci tidak bisa langsung dibuka, harus ditunggu beberapa menit dulu baru bisa dibuka (sekitar 2 sampai 3 menit).

Kekurangan dari mesin cuci jenis front loading adalah :
  • lebih mahal dibandingkan dengan dua jenis mesin cuci lainnya.
  • Apabila proses pencucian sudah dimulai tidak bisa menambahkan cucian karena pintu mesin cuci tidak dapat dibuka.
  • Pada waktu memasukkan dan mengeluarkan cucian harus dengan membungkuk.
Kelebihan dari mesin cuci jenis top loading adalah :
  • Proses mencuci/membilas dengan cara menggilas cucian dipercaya lebih efektif dibandingkan dengan cara memusarkan cucian didalam air deterjen/air bersih.
  • Kemungkinan terjadi perubahan bentuk pada pakaian dengan bahan tertentu, misalnya baju kaus dengan bahan katun lengannya menjadi lebar atau sering kancing baju menjadi lepas bisa direduksi.
  • Seluruh proses pencucian diatur secara otomatis oleh mesin cuci, tidak memerlukan campur tangan manusia lagi kecuali menjemur, sehingga bisa ditinggal mengerjakan pekerjaan lain.
Sahabat, tak ada yang salah memilih mesin cuci dengan harga lebih terjangkau,  yang penting memahami cara penggunaan yang benar dan memilih detergen yang sesuai  untuk mesin cuci. Penggunaan mesin cuci sesuai buku panduan dan penggunaan detergen sesuai takaran bisa menghemat pengeluaran. Dengan begitu, Anda bisa berhemat detergen, air yang terkait dengan listrik, serta biaya perawatan mesin cuci. Penggunaan alat rumah tangga yang bijak memengaruhi daya tahan mesin cuci. Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk memperbaiki mesin cuci atau bahkan membeli barang baru lantaran penggunaan alat yang sembarangan.

Untuk tipe bukaan depan
(front load) , secara teknis mesin ini mencuci pakaian dengan cara memutar dan seperti dibanting. Cara  seperti ini, diklaim lebih memberikan hasil cucian optimal. Penggunaan airnya juga lebih hemat, termasuk takaran detergen juga bias lebih hemat . Pengeringan pakaian tipe ini lebih optimal, karena putaran yang lebih kuat.  

Jadi untuk tipe ini  secara umum ada 6 variasi gerakan mencuci yang dilakukan :
1.    Tumbling, atau gerakan dasar, berupa gerakan memutar pakian dari dasar tabung keatas dan sebaliknya.
2.    Scrubbing, gerakan mengucek yaitu berupa proses pelarutan deterjen dengan lebih cepat.
3.    Filtration, yaitu proses penyemprotan air melalui sistem sirkulasi yang memungkinkan seluruh pakaian basah secara merata.
4.    Rolloing, proses pemutara pakaian dibawah permukaan air.
5.    Stepping, meerupakan gerakan mengangkat pakaian dan membanting pakaian dengan cepat sehingga dapat menguari kekusutan pakaian.
6.    Swing, yaitu proses pemutaran pakaian kesegala sudut ruang cuci

Utuk jenis bukaan atas  ( top load) lebih murah harganya. Namun   Anda memerlukan air lebih banyak. Mesin akan bekerja dan mulai berputar jika cucian terendam air, sehingga membutuhkan konsumsi listrik lebih.  Disamping itu kemampuan mengeringkan hanya 80 persen, dan Anda masih harus menjemur pakaian manual
Semoga kita lebih bijak memilih alat rumah tangga,  
Semoga bermanfaat.

Allahu a’lam
Sumber : harisistanto.wordpress.com,  SeputarGriya ,  tipsanda.com , KOMPAS.com , dan beberpa sumber bacaan

3 komentar:

Jidi mengatakan...

Mesin cuci front loading saya nggak mau buka. Tadinya masalah listrik mati. Air yg di bawah bekas cucian sdh dibuang habis. Sudah dicoba nyuci sekali lagi sampai selesai pun gak bisa buka. Ada yang tahu tipsnya nggak?

Muhammad Fadholi mengatakan...

Sama kasusnya pintu terkunci, mohon pencerahan

aisyah youleaty mengatakan...

Apa penyebab mesin cuci saya samsung front loading tapi sebelum mencuci ada tanda gembok nyala padahal tanda power belum di nyalakan, apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya.