*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 09 Agustus 2012

Zaitun , pohon yg diberkahi


Zaitun (olive, Olea europaea) berbuah saat berumur lima tahun. Buah yg   muda bisa dimakan ataupun sesudah diawetkan sbg penyegar. Buah tua diperas dan diekstrak menjadi minyak zaitun. Pohon zaitun  berumur ribuan tahun pernah ditemukan di Palestina.Tempat tumbuhnya meliputi daerah-daerah iklim panas sampai iklim sedang. Zaitun banyak tumbuh di kawasan Mediterania. Tumbuhan ini berkerabat dgn melati (Jasminum  sambac). Zaitun masuk kelompok  suku Oleaceae.  Zaitun adalah pohon yg diberkahi. Keberkahan zaitun dinyatakan  dlm Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah SAW. Penyebutannya dlm Al-Qur’an , menjadikan zaitun adalah pohon yg istimewa.
Sebagaimana Allah berfirman, yg artinya “Demi (pohon) tiin dan (pohon) zaitun” (QS At-Tiin: 1). Sebagaimana Allah berfirman, yang artinya , ”Yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yg banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yg tumbuh tidak disebelah timur dan tidak pula disebelah baratnya, yg minyaknya saja hampir-hampir menerangi, walau tidak disentuh api” (QS An-Nuur:35)


Sebagaimana Allah berfirman, yang artinya Dan Dia-lah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman”. (Qs. Al-An’am:99).

Sebagaimana Allah berfirman, yang artinya , “Dia (Allah) menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan”. (Qs. An-Nahl: 11).

Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah meriwayatkan dengan isnad yang jayyid, dari hadits Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya , “Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dari riwayat  Ibnu Umar, Rasulullah SAW, telah bersabda: “Makanlah kalian dengan zaitun dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya zaitun dari pohon yang diberkahi” (HR Al-Baihaqi dan Ibnu Majah).

Ibnul Qayyim  dalam Zaadul Ma’ad berkata bhw  “Minyak zaitun bermanfaat untuk membebaskan racun dan mengeluarkan cacing. Disamping itu, semua jenis minyak zaitun juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan menghambat tumbuhnya uban. Air zaitun yg asin baik untuk bekas luka karena kebakaran dan menguatkan gusi.  Sedangkan daun zaitun digunakan untuk mengobati luka, gatal-gatal dan mencegah keringat.”

Studi penelitian U.S.Food and Drug Administration (FDA) mengkonfirmasi bahwa setiap hari mengkonsumsi 23 gram minyak zaitun, secara efektif dapat mengurangi insiden penyakit jantung, juga bisa mengatur metabolisme tubuh, mengurangi pengentalan darah serta mengurangi resiko timbulnya tumor.
Asam lemak yang terkandung bersifat satuan yang tanpa titik jenuh, dapat meningkatkan kolesterol positif (HDL), menurunkan kolesterol negatif (LDL), juga membantu melancarkan pencernaan, mencegah batu empedu, meringankan tukak lambung. Minyak zaitun berkualitas unggul juga mengandung sejumlah besar antioksidan yang berfungsi melawan kanker, ia benar-benar sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Khasiat Zaitun
1.    Jika dioleskan ke mahkota kepala, minyak zaitun akan membantu menyuburkan rambut sehingga membuatnya hitam dan lebat. Biasanya kaum wanita Arab meminyaki rambut mereka dengan minyak zaitun sebelum tidur kemudian berkeramas keesokan harinya menjadikannya lebat, tidak mudah rontok dan panjang. Hal ini pulalah yang, konon, dipraktikkan oleh Cleopatra di masa lalu. Caranya bisa dicampurkan dengan penggunaan sampo yang biasa dipakai sehari-hari kemudian bilas hingga bersih.
2.    Minyak zaitun juga berkhasiat untuk membunuh ketombe.  Beberapa studi yang dilakukan di beberapa universitas dan akademi di Amerika, tentang ketombe, menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun sebagai minyak pada rambut yang mengandung ketombe, dalam beberapa jam saja bisa membunuh ketombe tersebut.
3.    Oleskan pada wajah , Minyak zaitun juga memberi manfaat tersendiri jika digunakan pada wajah, khususnya untuk wajah kering dan mulai berkeriput. Hal tersebut tak lain karena buah zaitun yang mengandung minyak sebesar 15 persen sehingga mampu melembabkan kulit dengan baik. Di sisi lain, kelembaban tersebut akan menjaga elastisitas kulit dan memperlancar proses regenarasi kulit, sehingga meminimalkan munculnya keriput dini. Ada yang melakukannya dicampur dengan bahan lain, seperti buah alpukat dan ada pula yang langsung mengoleskan minyak zaitun murni ke wajah. Oleskan secara merata di permukaan wajah hingga leher setiap malam dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu, bilaslah hingga bersih. Sembari mengoleskan ke wajah, berilah sedikit pijatan karena minyak tersebut juga dapat membantu mengendurkan ketegangan otot di wajah setelah lelah beraktivitas. Apabila dilakukan secara teratur, kulit wajah pun akan terlihat lebih segar.
4.    Minyak zaitun adalah pelembab yang sangat baik. Anda bisa menggunakannya ketika mandi (luluran sebelum mandi). Kulit tubuh pun akan terjaga kelembabannya dan terlihat lebih halus, segar, dan bercahaya. Caranya: bath tube (bak mandi / ember) diisi dengan air biasa sampai penuh, kemudian dicampur dengan minyak zaitun sebanyak 5-10 sendok makan, hasilnya kulit terasa lebih lembut, tidak kering, bercahaya serta membuat badan sehat dan segar. Ada lagi cara yang lebih praktis: pakai sabun zaitun. Anda juga bisa menggunakannya setiap kali sehabis mandi ke seluruh kulit tubuh, sebagai pelembab untuk kulit Anda.
5.    Disamping itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk mengatasi problem kulit yang kering dan pecah-pecah. Caranya: oleskan minyak zaitun di bagian kulit yang kasar seperti tumit dan siku.
6.    Minyak zaitun yang dipijatkan pada seluruh tubuh dapat menghilangkan rasa letih atau lelah, sakit atau pegal-pegal pada otot-otot tubuh. Pemijatan dengan minyak zaitun pada otot yang tegang akibat aktivitas keseharian yang terlalu berat dapat mengendurkan otot-otot tersebut.
7.    Minyak zaitun juga kerap dioleskan untuk mempercepat penyembuhan kulit yang luka atau iritasi. Daun zaitun sudah lama dimanfaatkan masyarakat kuno Yunani sebagai pembasuh luka, karena mengandung zat anti mikroba dan sangat efektif memerangi sejumlah jamur, virus, dan bakteri.
8.    Makan 1/2 cup buah zaitun setiap hari dapat mencegah kegemukan. Khasiat ini berasal dari lemak tak jenuh tunggal yang mempercepat pembakaran lemak dan mencegah gula diubah menjadi lemak.
9.    Demikian pula minyak zaitun juga bisa dikonsumsi untuk diet. Minumlah minyak zaitun murni satu jam sebelum atau sesudah makan. Selama selang waktu satu jam tersebut, jangan makan atau minum apapun termasuk gosok gigi, dan hanya air putih yang tidak dilarang (bagi yang haus).
·         Untuk menurunkan berat dibawah 10 kg, minumlah minyak zaitun  murni sebanyak satu sendok makan satu kali sehari.
·         Untuk menurunkan berat dibawah 10-20 kg, minumlah minyak zaitun murni dua sendok makan, dengan aturan satu kali sehari.
·         Untuk menurunkan berat lebih dari 20 kg, minumlah minyak zaitun  murni tiga sendok makan, dengan aturan satu kali sehari.
10. Buah zaitun yang muda dapat dimakan, rasanya enak. Buah zaitun juga digunakan sebagai penyedap makanan. Buah yang diawetkan digunakan sebagai penyegar dan sering digunakan sebagai campuran hidangan seperti salad, pizza, mezze dari Yunani atau untuk campuran tapas dari Spanyol. Anda bisa mencampurkan buah atau minyak zaitun pada makanan atau masakan Anda. Minyak zaitun juga merupakan pengganti mentega atau margarin yang baik. Cara terbaik menggunakan minyak zaitun adalah dengan mencelup bumbu-bumbu kesukaan Anda di dalamnya selama beberapa hari.
11. Meminum 1 x 2 sendok minyak zaitun setiap pagi akan membantu melancarkan pernafasan, mencegah penyakit maag, sekaligus membantu proses pencernaan makanan. Kandungan vitamin E dan pengaruh antioksidan didalam minyak zaitun akan menghambat proses penuaan sel-sel di dalam tubuh.

Secara ringkas, manfaat mengkonsumsi zaitun antara lain: mengurangi kolesterol berbahaya, mencegah penyumbatan atau penebalan pembuluh darah, mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi, dan menjaga sistem pencernaan (mencegah maag dan memudahkan buang air besar).
Anda tidak boleh salah pilih ketika membeli minyak zaitun. Jangan salah, tidak semua minyak jenis minyak zaitun cocok untuk obat / kesehatan, karena ada minyak zaitun untuk bahan produk kecantikan, dan ada juga minyak zaitun untuk minyak goreng.
Minyak zaitun dibedakan berdasarkan tingkat keasamannya. Makin rendah tingkat keasamannya berarti kualitasnya makin tinggi. Makin rendah tingkat keasamannya, warnanya akan semakin hijau. Dan semakin tinggi tingkat keasamannya, warnanya akan semakin kuning.

Cara Menyimpan
Khasiat dan bentuk minyak zaitun mudah sekali rusak ketika minyak tersebut terkena sinar langsung, udara, dan panas. Oleh karena itu, ketika membeli minyak zaitun di supermarket, ambillah botol yang paling belakang. Botol paling belakang cenderung lebih terlindung dari sinar lampu toko. Untuk penyimpanan di rumah, simpanlah botol minyak zaitun di lemari yg gelap, sejuk, dan tidak sering dibuka-tutup. Atau, jika Anda jarang menggunakannya, bisa juga disimpan di dalam lemari pendingin. Jangan dekat kompor. Jika Anda membeli  minyak zaitun dalam botol kaca, bungkuslah dengan aluminium foil untuk mencegah minyak zaitun terkena cahaya atau panas langsung.

Banyak yg menyebut minyak zaitun  sbg minyak kesehatan, karena banyak  manfaat yg terkandung. Namun anda tetap cermat , jangan salah ada juga minyak zaitun untuk bahan produk kecantikan, ada minyak zaitun sebagai minyak goreng dst

Secara umum macam tingkatan minyak zaitun adalah  Extra Virgin, Virgin, Pure,  Extracted and Refined, dan Pomace.
1.    Extra Virgin dihasilkan dari zaitun kualitas terbaik. Dihasilkan dari perasan pertama, dan tidak lebih. Tingkat keasamannya tidak melebihi dari 1% saja. Rasa dan aroma buahnya kuat. Jenis minyak zaitun ini sangat dianjurkan untuk kesehatan. Artinya bisa dikonsumsi langsung.
2.    Virgin. Telah diproses secara mekanik dengan metode perasan tidak menggunakan panas. Minyak zaitun Virgin diambil dari buah zaitun yang lebih matang, sehingga tingkat keasamannya lebih  tinggi dibandingkan Extra Virgin,  berkisar 1 sampai 5%. Masih bisa dikonsumsi secara langsung.
3.     Pure. Minyak zaitun yang didapatkan dari campuran dari minyak zaitun hasil sulingan dan minyak zaitun Virgin. Tehnik penyulingan disini sudah menggunakan panas, dan sedikit campuran bahan kimia. Adapun penambahan minyak zaitun Virgin digunakan sebagai penguat rasa biasanya. Tingkat keasaman minyak zaitun Pure berkisar 3 sampai 4%.  Minyak zaitun ini biasanya dipakai untuk memasak.
4.    Minyak zaitun Extracted and Refined. Minyak zaitun ini dibuat dari sisa perasan pertama, dengan menggunakan pelarut kimia. Minyak zaitun Virgin juga ditambahkan sebagai penguat rasa. Tingkat keasamannya lebih tinggi dari 3,3%.
5.     Pomace. Minyak zaitun yang dibuat dengan ekstraksi kimia dari residu yang tersisa setelah perasan dan pemrosesan kedua. Tingkat keasamannya 5-10%, minyak zaitun Virgin juga ditambahkan sebagai penguat rasa dan aroma minyak zaitun. Minyak zaitun Pomace, biasanya dipakai sebagai bahan baku produk kecantikan, sabun, shampo atau lainnya.

Istilah-istilah tersebut diatas biasanya dicantumkan dalam produk minyak zaitun yang dijual di pasaran, sebaiknya Anda memperhatikan dengan istilah yang mana Anda akan memanfaatkan minyak zaitun. Disarankan jika untuk kesehatan sebaiknya memilih jenis minyak zaitun Extra Virgin. Jenis minyak zaitun ini lebih aman untuk tubuh, kadar keasamannya tidak lebih dari 1%, tentu akan lolos sensor lambung kita.

Sementara itu pengobatan dengan mengkonsumsi minyak zaitun hendaknya dikonsumsi secara rutin dan berkali-kali. Dimana khasiat akan terasa jika memang sudah biasa mengkonsumsi harian. Fakta mengenai hal ini sudah banyak dibuktikan, misal beberapa daerah di Eropha sedikit penduduknya menderita penyakit jantung, ternyata meraka biasa memakan salad dengan minyak zaitun.

Peneletian dari  University of Foggia, Italia, dengan melakukan analisis terhadap berbagai jenis minyak zaitun yang diproduksi perkebunan di beberapa desa di Italia. Minyak zaitun bisa kehilangan 40% kadar virgin olive oil yang merupakan antioksidan alami, jika disimpan di dalam rak dapur selama enam bulan.  Dalam tiga bulan pertama sejak segel dibuka, aktivitas antioksidan dalam minyak zaitun belum mengalami perubahan reaksi kimia. Tapi jika sudah enam bulan, kadar virgin olive oil-nya menurun.

Kondisi suhu dan iklim di tempat penyimpanan juga sangat berpengaruh terhadap keawetan minyak zaitun. Para peneliti menyarankan menyimpan minyak zaitun dalam suhu 20-25 derajat celcius. Saat menyimpannya, sebaiknya Anda masukkan ke botol kecil. Maksimum ukuran satu liter. Sebab botol yang terlalu besar akan membuat oksigen yang masuk terlalu banyak. Hal itu akan menyebabkan oksidasi tinggi.

Allahu a’lam
 Semoga bermanfaat 

Sumber : http://abdurrosyid.wordpress.com, dll

Tidak ada komentar: