*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Selasa, 05 Juni 2012

Safari Browser

Memilih Web Browser bergantung dengan selera dan kebutuhan. Ada banyak alasan, yang bisa jadi tidak bisa saling dipertentangkan. Safari adalah web browser yang dibuat oleh Apple yang menggunakan engine WebKit, yang sekarang dipakai juga di Safari untuk iOS, Google Chrome, dan browser di Android. WebKit merupakan hasil forking (percabangan) oleh Apple dari KHTML yang dibuat oleh developer KDE, sebuah desktop Linux. Safari was was first released in 2003 and became the default browser in Mac OS X 10.3 Panther.  Version 2 was released in 2005 as the default version for Mac OS X 10.4 Tiger.  Safari 3 is the current version and is the default version included with Mac OS X Leopard.  Note that Safari 3 was included as part of the Tiger 10.4.11 update released in late 2007.  The first non-beta release of Safari for Windows for Windows Vista and Windows XP was released in March 2008


Banyak faktor  yg dipertimbangkan untuk mengklaim satu browser merupakan yang terbaik karena antara satu browser dengan yang lainnya saling unggul  dalam kriteria tertentu. Browser A misalnya, memiliki keunggulan dalam kecepatan, namun browser B unggul dalam hal fitur  dan keamanan . Makanya, ihwal yang terbaik tergantung Anda sebagai user yang bisa memberikan penilaian secara objektif.

Saat ketika pengguna Mac OS X terpaksa harus memakai Internet Explorer, pada masa itu merupakan masa kelam dunia internet bagi pengguna setia Mac OS X. Apple kemudian membuat sebuah browser kesatria putih Safari, yang mulai di luncurkan pada versi 10.2 sebagai aplikasi terpisah, dan mulai di masukan ke dalam Mac OS X versi 10.3. Safari adalah sebuah browser yang luar biasa, inilah alasannya.

Safari untuk desktop bukanlah sebuah browser terpopuler, walaupun sudah ada versi Windows-nya, walaupun begitu Safari sudah terintegrasikan dengan OS X , ini diklaim Safari sbg browser terbaik bagi OS X. Fitur-fitur di safari lumayan lengkap. Terutama, fitur Reading List yang bisa menyimpan sebuah halaman situs untuk di baca dikemudian hari. Salah satu fitur andalan adalah Reader, yang merubah sebuah halaman menjadi seperti tampilan di buku teks. Ketika ada OS X versi baru, seperti Lion OS X, Safari–pun menjadi sebuah aplikasi yang memanfaatkan fitur-fitur baru OS X. Di Lion OS X, Safari mendapatkan fitur Full Screen, desain Pop–over pada Download. Hal ini membuat pengguna mendapatkan pengalaman seru OS X baru.

Internet dipenuhi dengan konten berbahasa Inggris dan penuh dengan istilah-istilah yang asing. Dengan Safari, Anda bisa langsung melihat arti kata/istilah tersebut tanpa harus membuka aplikasi tambahan. Browser lain di OS X tidak ada yang bisa melakukan hal ini dengan cara seelegan Safari.

Dewasa ini Apple resmi memasang nitro engine yang semakin mempercepat laju Safari 4 tersebut untuk lebih memanjakan user setianya. Banyak kalangan mengakui secara empiris bahwa browser ini memiliki keunggulan kecepatan yang melebihi para pesaingnya seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox  .

Nitro engine yang digunakannya tersebut nerupakan perangkat javascript  yang berfungsi dalam melipatgandakan kemampuan browser Safari sampai dengan 30 kali lipat jauh lebih cepat. Diklaim kecepatannya beberapa kali dibadingkan Internet Explorer dan 3 kali lipat
dibandingkan Mozilla Firefox.

Apple juga menignkatkan performa HTML-nya sehingga kemampuan dalam membuka halamannya lebih cepat tiga kali dibandingkan Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Hal ini jelas tak hanya bualan dan cerita saja karena dilakukan pembuktian secara valid dan meyakinkan.

Safari 4 beta diuji menggunakan sunspider untuk mengukur tingkat kecepatannya. Ternyata keluar angka yang menunjukkan waktu sangat cepat yakni 657 milidetik. Sementara Safari 3 membutuhkan waktu jauh lebih lama, 2970 milidetik.

Bagaimana dengan mozilla firefox ? waktu yang dibutuhkan untuk membuka halaman pertama website lebih lama lagi yaitu 2.399 milidetik  Bagaimana dengan firefox terbaru? Ternyata pengujian tersebut berhasil memberikan catatan waktu kepada Firefox 3.1 (terbaru) dengan 1.034 milidetik. Nah, pengujian terhadap browser Internet Explorer menunjukkan yang kinerja yang kurang baik dg kecepatannya. Internet Explorer membutuhkan waktu untuk menyelesaikan tahapan pengujian tersebut dengan 19.902 milidetik. Meskipun Wxplorernya memiliki catatan waktu yang sedikit lebih baik, 4.137 milidetik. Dan satu-satunya yang bisa mengejar akselerasi Safari hanya Chrome 1.0 yang dikeluarkan Google

Meski demikian, faktor kecepatan hanya salah satu kriteria dari sekian banyak kriteria penilaian. Ada penilai lain yang justru paling dominan  yaitu user. Ada user yang lebih memilih fitur sebagai prioritasnya

Dengan Safari Anda bisa menyimpan suatu halaman web dengan format WebArchive, tulisan gambar akan tersimpan sempurna, yang bisa Anda buka lagi kapanpun dalam keadaan offline. Fitur ini merupakan salah satu fitur favorite saya yang sangat berguna apabila sedang melakukan riset tulisan atau referensi.
Safari juga menyediakan Flash  Lion OS X Untuk melihat arti sebuah kata, klik kanan dikata yang ingin dilihat artinya, kemudian di menu kontekstual pilih Look Up. Safari langsung mencari artik kata tersebut dari Dictionary.app, kalau Anda terhubung ke internet ia akan memberikan informasi tambahan dari WikiPedia.

Snow Leopard 
Anda bisa menekan CMD+D untuk tombol pintas mencari arti kata. Tampilannya berbeda dan data yang ditampilkan tidak selangkap Lion OS X.
Bagi saya thumbnail situs di history Safari merupakan sebuah fitur yang sangat berguna, karena setiap hari saya berurusan dengan bidang visual. Judul sebuah laman website kadang tidak nyambung dengan isi atau gambar didalamnya, tapi dengan thumbnail, mencari sebuah laman di history jauh lebih gampang dan mudah.

Saat ini bookmark Safari untuk OS X bisa di sinkronisasi dengan Safari iOS menggunakan MobileMe yang nantinya akan digantikan dengan iCloud.  Pada versi iOS 5 yang akan datang, Reading List di Safari Desktop juga bisa di sinkornisasikan dengan Safari iOS. Hal ini tentu saja hal yang menarik dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna iOS yang mempunyai Mac.

Safari juga bisa melihat halaman situs kontak Anda di AddressBook? Anda bisa melihat-lihat situs kontak Anda dengan Safari tanpa perlu membuka AdressBook. Hal ini mendorong saya untuk melengkapi database kontak dan mengaturnya lebih baik.
Aplikasi Mac OS X dari developer pihak ketiga sudah dipastikan mendukung Safari. Yang saya sebutkan adalah pemakaian Service, sebagai contoh saya mempunya CodeBox untuk mengumpulkan code-code yang saya temukan di situs-situs tutorial. Saya bisa langsung memasukan code tersebut ke CodeBox dari Safari tanpa harus copy-paste manual, tinggal memilih di menu.

Bisa kita simpulkan  bahwa setiap browser punya keunggulan masing-masing  misalnya :

Internet Explorer.  Keamanannya internet explorer sudah tidak bisa diragukan lagi, browser yang dilengkapi spyware,antiphising dan firewall anti virus buatan microsoft sendiri yang ada pada browser IE.  Browser yang banyak dipakai  para pengguna windows. Dari segi kecepatan ie termasuk oke , meski kadang - kadang lemot juga.

Kelebihan:
  • Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
  • Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik
  • Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live
Kekurangan:
  • Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
  • Berat saat awal start dan saat membuka tab baru
  • Browser ini masih kurang bandel. Terdengan kabar IE8  pernah terkena virus saat browsing pakai ini. Maklumlah IE sebagai penguasa pasar web browser memang menjadi target utama serangan para hacker .

Mozzila Firefox . Firefox merupakan browser yang tercepat sebelum eranya chrome berjaya. Seiring tumbuhnya chrome.

Kelebihan:
  • Banyak fitur tambahan (add ons), ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user
  • Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia
  • Updatenya mudah
  • Sistem security kuat
  • Membuka situs-situs multimedia seperti Youtube dan Metacafe memang lebih cocok memakai Firefox. Download managernya juga lebih oke karena masih bekerja ketika browser ditutup , apalagi buat yang suka download file-file besar.
Kekurangan:
  • Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak adds-on yang terinstall.

Google Chrome . Chrome besutan uatan google memang termasuk  browser tercepat saat ini. Secara default Google Chrome menggunakan settingan proxy yang cepat di browser ciptaannya.  Hal ini yang menjadikan  Chrome tampil dengan performa kelajuan yang oke.
Kelebihan:
  • Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab
  • Desainnya simpel dan minimalis
  • Updatenya mudah
  • Sistem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker
·         Browser ini lebih cocok buat buka situs semacam berita yang banyak teks-nya . Seperti : okezone , detik , dsb . Kalau buat yang lain masih mending firefox.
  •  
Kekurangan:
  • Statis, fiturnya kurang banyak
  • Installnya harus online, Chrome tidak menyediakan file masternya, jadi kalau mau menginstall hanya diberi file lauchernya saja

Opera .
Browser ini kecepatannya juga mumpuni dgn mesin turbo . Efek dari penerapan mesin turbo ini adalah pengurangan kualitas ukuran file dari web yang dikunjungi saat browsing, entah itu kualitas gambar, video dan suara yang diminimalisir ukurannya sehingga berdampak pada kualitas gambar, video dan suara yang rendah. Kalau tanpa mesin turbo diaktifkan, Opera berjalan lebih lambat , kontras dengan adiknya opera mini yang dikhususkan untuk pengguna mobile.

Kelebihan:
  • Ringan
  • Memiliki email client dan rss sendiri, jadi tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
  • Pemanggilan kembali Cache cepat
  • Diklaim sebagai browser tercepat didunia (pada versi turbo)
Kekurangan:
  • Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs
  • Untuk meng-update-nya harus men-download kembali file masternya

Safari
Kelebihan:
  • Tampilannya cantik (ciri khas produk Apple)
  • Ada fasilitas untuk memperkecil bandwith
  • Lebih cepat dari Opera (bukan Turbo)
Kekurangan :
  • Kadang macet (appCrash) pada versi Windows-nya
  • Plug in / Add On sedikit banget daripada Mozzila atau Opera

REVIEW :
  • Kalau buat download disarankan menggunakan browser Mozilla Firefox karena sudah terintegrasi dengan IDM (Internet Download Manager) apalagi add-on flashgot dan down them all, yang terakhir ini membuat firefox semakin asik buat download.
  • Google Chrome dan Opera merupakan browser paling ringan dan banyak di minati
  • Jika internet sobat semua menggunakan quota, disarankan menggunakan Opera . karena halaman web dapat dicompress secara otomatis dan pemanggilan cachenya lebih cepat dari browser lain sehingga dapat menghemat waktu dan quota.

Allahu a'lam
Sumber : http://www.anneahira.com/browser-ringan.htm ,  http://asrizalwahdanwilsa. blogspot.com , http://www.makemac.com, windowsm, macam-macam browser, infokom. dll

1 komentar:

Sheba Emmanuel mengatakan...

saya punya mac, dan saya baru saja mendownload google chorme. app namun ketika saya buka justru malah keluar safari yaitu google.com bagaimana cara mengatasi ini?