*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 21 Juni 2012

The miracle Of A Smile

One smile has the power to change countless lives. Many people do not realize the power of a smile. A smile can work magic, it can heal emotional pain, and it can remove physical pain. When you smile at another person you not only let them feel that they are wanted, accepted and appreciated, but that smile can also offer encouragement too.
Salah satu ciri orang beriman selain ucapan salam adlh senyumnya , Rasulullah bersabda, "Senyummu pada saudaramu adalah sedekah", "Jangan sekali-kali kalian meremehkan suatu kebaikan, meski hanya berupa keceriaan wajah ketika kalian bertemu dengan kawan kalian" (HR Muslim),
That one simple smile has the power to calm fear, insecurity, hurt, and anxiety. A single smile has the power within it to change the world because smiles can be shared. Smiles are contagious, so when you smile at another person, you pass all the wonderful benefits of smiling on to that person. Orang yg bermuka masam tidak akan membuat orang lain gembira , ia adalah orang yg tidak memiliki nilai kebaikan disisi Allah.


Senyum adalah  jembatan dunia,  penghubung orang-orang dalam suasanaa penuh keakraban dan persaudaraan. Senyum yang kita berikan menyebar kesekeliling sehingga membuat orang lain merasda lebih bahagia dan siap berinteraksi dengan kita. Maka tersenyumlah. Dan raihlah hidup penuh berkah, rezeki yang selalu berlimpah, dengan dunia yang penuh senyum-senyum cerah.

Sungguh senyum menghancurkan keangkuhan diri, pintu shilaturrahim, menghilangkan ketegangan, semua jadi santai, raut muka menjadi lembut  dan yang terpenting adalah bernilai ibadah.
Banyak penelitian membuktikan bahwa ketika Anda tersenyum maka sesuatu sesuatu yang indah akan tumbuh  dalam diri anda. Kita  merasa lebih bahagia. Otak mengirim pesan  perasaan yang baik ini ke seluruh tubuh . Tahukah Anda bahwa ketika Anda tersenyum Anda melepaskan pesan kimia jauh merasuk di dalam otak  , atau dikenal sebagai hormone endorfin itu.  Endorfin ini bejalan melalui ruas-ruas  tulang belakang dan menyebar mengirim pesan yang  baik ke seluruh tubuh. Endorfin ini bermanfaat dalam mengurangi gejala sakit fisik, atau emosional, dan  menyelimuti tubuh  dengan perasaan  kehangatan perasaan bahagia. Endorfin memiliki kemampuan menstimulasi badan atau untuk membuat Anda merasa tenang, dari  setiap kali kita  tersenyum  tulus.  Energi senyuman juga telah terbukti dapat mempengaruhi lingkungan sekitar , sehingga Anda memiliki kekuatan untuk membuat tersenyum orang lain, dan Anda dapat melakukan ini dengan hanya lewat senyum ke orang lain.

Saudaraku, Islam menjadikan senyuman bagian dari ajarannya. Dalam berbicara, berdakwak, berinteraksi ,kita  juga sangat dianjurkan untu tersenyum. Hal ini antara lain disebabkan bahwa senyuman tidak saja akan menambah suasana menjadi semakin akrab dan hangat. Dengan senyuman pula berarti ada rasa hormat terhadap lawan bicara.
Rasulullah SAW juga selalu menghiasi bicaranya dengan senyuman di bibir. Bahkan Beliau tidak bicara sepatah katapun selain dengan dihiasi senyuman. Hal ini tertuang dalam sebuah hadis riwayat Ahmad sebagai berikut :

عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ قَالَتْ كَانَ أَبُو الدَّرْدَاءِ لَا يُحَدِّثُ بِحَدِيثٍ إِلاَّ تَبَسَّمَ فِيهِ فَقُلْتُ لَهُ إِنِّي أَخْشَى أَنْ يُحَمِّقَكَ النَّاسُ فَقَالَ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُحَدِّثُ بِحَدِيثٍ إِلَّا تَبَسَّمَ  رواه احمد

Abu Darda’ tidak berbicara tentang sesuatu kecuali sambil tyersenyum. Istrinya (Ummi Darda’) berkata kepadanya : “Sungguh aku khawatir bila orang lain menganggapmu pander(tidak waras) ”. Maka dia berkata : “Sungguh Rasulullah tidak berbicara tentang sesuatu kecuali sambil tersenyum”. (HR. Ahmad)

Para sahabat selalu berupaya meniru prilaku Rasulullah . Dia selalu menghiasi bibirnya saat bertutur dengan senyum. Sungguh Rasulullah adalah contoh teladan yang terbaik. Kita biasakan tersenyum dalam keseharian kita. Dengan senyum, kita akan merasakan manfaat dan keajaiban yang tidak saja bagi diri kita, tetapi juga bagi orang-orang yang ada di sekitar kita.

Energi senyuman
tidak ada hubungannya dengan suasana hati . Jika Anda menempatkan senyum di wajah Anda sekarang,  maka hal ini  akan mempengaruhi suasana  hati bergeser menjadi lebih potitif . Penelitian ilmiah  menemukan beberapa korelasi yang luar biasa antara tersenyum dan kesehatan.

Ron Gutman, CEO of interactive health company HealthTap , mempresentasikan beberapa suatu penelitian ilmiah tentang tersenyum dalam sebuah ceramah di TED Talk. Dalam In a 2010 Wayne State University study on 1950s baseball cards,disimpulkan bahwa  kualitas rentang senyum pemain bisa memprediksi rentang hidup mereka! Sebuah penelitian A British study on pleasure inducers , menyimpulkan bahwa satu senyum dapat menghasilkan tingkat stimulasi otak seperti 2.000 batang coklat. Para peneliti telah menemukan bahwa tersenyum dapat mengurangi tingkat stres-meningkatkan hormon seperti kortisol, adrenalin dan dopamin, meningkatkan tingkat hormon meningkatkan suasana hati dan mengurangi tekanan darah.

Seorang pakar  mengatakan bahwa Tersenyum adalah cara mudah dan efektif untuk mengubah suasana hati  menjadi lebih positif.  
Dibawah ini beberpa pendapat tentang kekuatan senyuman ;
·         Too often we underestimate the power of a touch, a smile, a kind word, a listening ear, an honest compliment, or the smallest act of caring, all of which have the potential to turn a life around. (eo Buscaglia)
·         Smile at each other, smile at your wife, smile at your husband, smile at your children, smile at each other (it doesn't matter who it is) and that will help you to grow up in greater love for each other.(Mother Teresa),
·         If you have only one smile in you, give it to the people you love. Don't be surly at home, then go out in the street and start grinning 'Good morning' at total strangers. (Maya Angelou)
·         The harder the conflict, the more glorious the triumph. What we obtain too cheap, we esteem too lightly; it is dearness only that gives everything its value. I love the man that can smile in trouble, that can gather strength from distress and grow (Thomas Paine)
·         Anyone who has a continuous smile on his face conceals a toughness that is almost frightening. (Greta Garbo)
·         The robb'd that smiles, steals something from the thief.(William Shakespeare)
·         What sunshine is to flowers, smiles are to humanity. These are but trifles, to be sure; but scattered along life's pathway, the good they do is inconceivable.(Joseph Addison)
·         Nobody needs a smile so much as the one who has none to give. So get used to smiling heart-warming smiles, and you will spread sunshine in a sometimes dreary world. (Lawrence G. Lovasik)
·         Smile though your heart is aching. Smile, even though it's breaking. When there are clouds, in the sky, you'll get by... If you smile, through your fear and sorrow... Smile, and there'll be tomorrow (Judy Garland)

Saudaraku, suatu senyuman dapat berarti :
1.    Senyum adalah bagian dari  ibadah, Keajaiban pertama dari sebuah senyuman adalah bahwa sebuah senyuman itu merupakan ibadah. Suatu senyuman tidak hanya merupakan aktifitas fisik yang bernilai fisik, tetapi juga aktifitas ruhani dan psikis. Bahkan senyuman juga dikategorikan sebagai sebuah sedekah sebagaimana sabda Rasul “sunggingan senyum dibibir kepada saudaramu adalah sadaqah”. Sungguh luar biasa, tidak perlu keluar biaya untuk mendapatkan kebaikan dari Allah. Tidak perlu repot untuk memberikan kebaikan kepada orang lain. Hanya dengan senyum maka mendapatkan kebaikan itu.
2.    Senyum pembawa berkah ,  Berkah secara sederhana dapat dikatakan sebagai nilai kebaikan dan kebaikan itu terus berkembang dan menjadi lebih banyak. Artinya, satu kebaikan yang kita lakukan, dampak dari kebaikan itu akan terus berkembang dan menjadi semakin banyak lagi nilai kebaikannya. Senyum yang selalu menghiasi bibir kita tentu saja akan berkah karena kebaikan selalu mengiringi orang-orang yang tersenyum. Keberkahan itu dapat berupa kesuksesan yang tak terduga karena senyuman kita.
3.    Senyum itu menyehatkan ,  Ya senyum itu menyehatkan. Di dalam senyuman yang tulus ada kegembiraan, suasana hati yang menyenangkan, rasa bahagia, optimis dan sebagainya. Berbeda dengan kemarahan dan ketakutan. Orang-orang yang marah didominasi oleh hormon noradrenalin. Demikian juga orang-orang yang penuh rasa takut akan dikuasi oleh hormon adrenalin. Kedua hormon ini sangat berbahaya bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Orang-orang yang tidak dapat mengontrolnya lebih beresiko kena penyakit jantung. Berbeda dengan orang bahagia dan gembira, mereka akan diselimuti hormon positif. Dan tentu saja dalam kesehariannya akan memandang segala sesuatu dari sudut positif. Dia selalu positif thinking terhadap segala yang ada disekitarnya. Maka ekspresinya adalah sunggingan senyum di bibir. Orang-orang seperti ini akan menjalani hidup dengan lebih indah.
4.    Senyum itu indah . Dalam wajah yang  dihiasi  senyuman akan tampak lebih menarik. Menarik untuk diajak berbicara dan diskusi serta menyelesaikan masalah. Wajah yang berhias senyuman ikhlas akan memancarkan aura kepribadian positif (inner beauty).

In an even more interesting way, Research has demonstrated that facial expressions can influence our emotions. For example, the act of smiling can make you happier. Other studies also confirmed that “facial changes” involved in Smiling have direct effects on certain activities of the brain associated with Happiness. The power of a smile has nothing to do with your mood. If you put a smile on your face right now, chances are it will shift whatever mood you are in, and even your energy level, in a positive way.

Allahu a’lam
Sumber : The Face : A Natural History (Daniel McNeill),  Mukjizat Senyum-Muhammad Thobroni Umi Far, pak-sodikin.com , dll

Tidak ada komentar: