*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Selasa, 09 Juni 2009

Tips, tentang ground clearance

Salah satu jenis modifikasi mobil kita, adalah menurunkan ground clearance atau istilahnya membuat mobil menjadi lebih ceper. Namun tidak hanya sampai disitu, bahkan sampai pelek standar diganti dengan pelek berdiameter lebih besar, sekaligus juga mengganti ban tapak yang lebih lebar. Dalam mengikuti trend ini, sebaiknya jangan hanya mementingkan faktor ekstrem , asal mobil menjadi kelihatan lebih trendi.

Pada dasarnya perubahan itu membuat peningkatan dalam hal handling. Semakin rendah ground clearance, akan menambah tingkat kestabilan mobil anda. Demikian juga dengan pemakaian pelek berdimensi lebih besar plus tapak ban yang lebar akan membuat pengendalian stir mobil jadi lebih mantap.
Namun, sebenarnya tidak sesederhana itu. Dari segi kenyamanan misalnya modifikasi mobil seringkali malah membuat kenyamanan berkendara jadi berkurang. Mobil yang terlalu ceper misalnya, jika tanpa diikuti penyesuaian pada faktor suspense atau lingkat spatbor dan kedalaman spatbor bisa merepotkan.

Dikala melewati jalan yang kurang rata (berlobang), hentakan sokbreaker terasa mentok. Tebukti dengan terdengarnya suara benturan per-per suspense. Atau pada saat melewati polisi tidur, bemper atau side skirt seringkali justru bergesekan dengan permukaan jalan yang bergelombang. Bisa jadi ini merupakan kesulitan yang harus dilalui pengemudi.

Masalah lain yang bisa timbul, dengan makin lebarnya tapak ban. Jika tak memperhatikan kondisi spatbor, tapak ban yang terlalu lebar bisa saja membuat permukaan ban bergesekan dengan bagian-bagian spatbor. Tentu saja ini membuat jarak main roda menjadi sempit, akibatnya perlu jalan lebih luas untuk berputar.
Nah , tentu saja kita akan kesulitan bila melalui belokan tajam atau tikungan tajam. Ini sebagai akibat dari daya manuver mobil yang makin payah. Apakah ini bukan justru mengganggu kenyamanan berkendara anda.

Jadi apa yang harus diperhatikan, jika tidak ingin terganggu masalah-masalah tersebut? Anda bisa mencoba hal-hal dibawah ini ;

Pada umumnya, jika anda ingin membuat kendaraan lebih rendah dengan tujuan untuk menjaga kestabilan , salah satunya adalah jalan mengganti per (spring) standar dengan yang lebih rendah (pendek). Otomatis dengan per spiral yang makin pendek, ground clearance (jarak terendah terhadap permukaan tanah) juga akan semakin kecil.

Disini perlu diperhatikan juga adalah tingkat kekerasan per-nya. DEngan per yang pendek, tentu jarak mainnya akan lebih pendek pula. Untuk menghindari benturan suspense, harus dicari per yang lebih keras dari sebelumnya atau tak terlalu kenyal.

Kawan, setiap penurunan 1 inci, rata-rata kekerasan per harus dinaikkan 15%. Misalkan saja jika anda menginginkan penurunan ground clearance sampai 2 inci. Sedangkan per standar kendaraan mempunyai kekerasan 300 lb/ inci, maka anda harus menggantikan dengan per yang mempunyai kekerasan :

300 + (300 x 15% x 2) = 390 lb/ inci.

Gabungkan dengan peredam kejut (shock Absorber) berukuran yang sesuai (lebih pendek). Anda usahakan dengan bahan yang kuat dan berkualitas, karena beban kerja yang diterima akan lebih berat. Penggantian dan penyesuaian per dan peredam kejut ini sudah dapat meningkatkan pengendalian secara signifikan.

Bila anda msih ingin performance tambahan lagi , disamping mengganti ban dan shock saja. LAngkah selanjutnya yang akan dilakukannya adalah memasang anti roll bar. Prinsip kerja alat yang dipasang di system suspense roda depan ini, adalah menyeimbangkan perbedaan beban disalah satu ban ketika mobil anda menikung. Manfaatnya adalah memperkecil resiko mobil terguling dan penumpang tidak terasa seperti terlempar ketika mobil sedang menikung dengan kecepatan tinggi.

Perangkat ini banyak tersedia dipasar dengan dengan berbagai model dan harga. Akan sangat bermanfaat bagi mereka yang gemar menekan pedal gasnya dalam-dalam. Pemasangan stabilizer atau strutbar juga akan lebih meningkatkan pengendalian lebih baik.
Untuk masalaah roda yang menyangkut ban dan pelek, biasanya ukuran pelek lebih diutamakan atau dijadikan patokan. Kemudian baru ukuran ban menyesuaikan spesifikasi pelek. Setiap pabrikan mobil selalu memberikan toleransi untuk ukuran pelek yang sesuai buat dipasang pada mobil produknya.
Sebagai pengganti karet yang terlalu lentur, kini banyak dijual bushing yang terbuat dari polyurethane, bahan sintetis yang mempunyai sifat mirip karet, namun lebih tahan. Dan penggantian bushing pada seluruh system suspensi akan memperbaiki tingkat pengendalian mobil mengurangi potensi terguling.


selamat mencoba, semoga bermanfaat

Sumber : Mobil Motor.Tips modifikasi.



Tidak ada komentar: