*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 18 Oktober 2012

Tips : perangkat kenyamanan berkendara (1 dr 3)


Maklumlah tak semua jalan mulus disamping fakta bhw mobil berjalan tidak melayang , tapi menyusur daratan dgn roda sbg penopang. Atas kondisi itu mk kendaraan yg berjalan  selalu mengalami getaran (goncangan)  karena kondisi jalan juga karena getaran mesinnya sendiri . Untuk meredamnya ,  mobil  dilengkapi dgn perangkat sistem suspensi. Kenyamanan (keamanan) berkendara terakait dgn kinerja sistem ini. Perangkat  ini  adalah sesuatu sistem kostruksi yg menghubungkan antara chasis  dg roda.  Sistem ini  berfungsi sbg isolator (peredam) getaran yg terjadi. Gangguan  pd sistem suspensi , berakibat berkurangnya kenyamanan (keamanan) kendaraan .  Umumnya sistem kontruksi  suspensi digolongkan menjadi 2 jenis yaitu:  suspensi independent (untuk roda depan dan belakang), dan  suspensi rigid (untuk roda depan dan belakang)
Mekanisme kerja sistem ini adl otonom setiap roda , jadi mekanisme di  roda kanan dan roda kiri dipasang terpisah. Setiap sistem pd roda bekerja sendiri saat menerima energi kejut dari permukaan jalan.

Kinerja sistem kontruksi
Telah dipahami bahwa sistem suspensi merupakan kumpulan komponen tertentu yang berfungsi meredam kejutan, getaran yang terjadi pada kendaraan  itu sendiri maupun akibat permukaan jalan yg tidak rata , sehingga memudahkan  pengendalian kendaraan.

Secara umum fungsi dari suspensi adalah sebagai berikut :
1.    Bersama dengan ban, menyerap dan mengurangi bermacam-macam getaran, ayunan, dan guncangan yang diterima oleh kendaraan karena ketidak teraturan permukaan jalan, untuk melindungi penumpang dan barang, dan menambah kestabilan pengemudian.
2.    Menyalurkan energi akibat  driving dan pengereman, yang dihasilkan akibat friksi antara permukaan jalan dan roda, dengan casis dan badan kendaraan.
3.    Mendukung badan kendaraan pada porosnya dan menjaga hubungan geometris yang konstan antara badan kendaraan dan roda, sehingga memperkecil dampak dari efek puntir akibat traksi saat mobil berjalan.
4.    Sistem suspensi menghubungkan axle dan bodi dan mencegah penyaluran getaran dan impact secara langsung dari permukaan jalan ke kendaraan, sehingga memperlambat laju kerusakan terhadap bodi (cargo), dan membantu menyamankan pengendaraan .
5.    Sistem suspensi berperan sbg media penerusan gaya gerak dari roda – roda penggerak atau daya pengereman ke masing – masing roda (gaya centrifugal) dst, pada saat membelok , ke body , dan menstabilkan kondisi perjalanan kendaraan terhadap keadaan permukaan jalan yang beragam.

Sistem suspense yang baik  haruslah memenuhi persyaratan sbb;
1.    dapat mengurangi vibrasi dan meredam tumbukan serta sanggup  melindungi body, penumpang dan muatan
2.    Menyalurkan gaya pengereman dan gaya gerak ke body melalui gesekan antara jalan dengan roda-roda. Sehingga  mobil dalam keadaan stabil saat berjalan cepat serta dapat diminimalisir kendaraan tergelincir (terguling).
3.    Sanggup menjaga posisi roda sedemikian hingga posisinya tetap dalam kondisi geometris antara body dan roda-roda .
4.    Dapat menopang body pada axle dan meredam potensi atau efek limbung.
5.    Dapat menjaga kemampuan kelincahan dalam  bergerak .

Prinsip kerja sistem suspensi
Sistem  suspensi kendaraan dirancang agar mampu menghadapi kondisi  perubahan jalan, perubahan kecepatan dan massa muatan. Suspensi merupakan suatu sistem yg terdiri atas pegas, damper (shock absorber), dan lengan–lengan penghubung sistem roda dan bodi kendaraan

Ketika kendaraan berjalan baik konstan , atau saat mengalami perlambatan atau percepatan  . Pada saat itu roda roda menerima banyak energi kejutan dari permukaan jalan . Energi kejut ini selanjutnya  diteruskan ke lower maupun upper arm. Dalam kondisi ini gaya energy  diredam  pegas ,  dengan metode  pemendekan dan pemanjangan pegas.  Peredaman energy oleh pegas , diperhalus lagi  oleh peredam getaran (shock absorber) sehingga tidak terjadi gerakan ayunan (oksilasi)  berlebihan.  Dengan demikian, mobil menjadi lebih stabil dan tidak terus berayun setelah  melibas jalan bergelombang atau pada kecepatan tinggi. Proses-proses peredaman ini  untuk menjaga posisi  roda roda tetap konstan menapak pada jalan.

Gambaran model konstruksi teknologi suspensi
Model konstruksi teknologi suspensi yang umum terdapat di Indonesia  ada dua system besar , yaitu  ;

A.   Suspensi yang berbasis konstruksi jenis independent, ada dua kategori ;
1.    system konstruksi berbasis suspensi independent depan , ada dua macam system konstruksi berbasis suspensi independent depan yaitu ;
a.    suspensi wishbone , ada dua model untuk jenis suspense ini
              i.    Suspensi wishbone pegas coil
             ii.    Suspensi wishbone pegas torsi

b.    suspensi mac pherson , ada dua jebnis model juga yaitu .
              i.    Suspensi mac pherson dengan lengan ‘melintang’
             ii.    Suspensi mac pherson dengan lengan model ‘L’

2.    Untuk Konstruksi jenis suspensi independen belakang, ada 3 jenis konstruksi ;
a.    Suspensi mac pherson penggerak roda depan.
b.    Suspensi kombinasi mac pherson dgn batang torsi
c.    Suspensi mac pherson penggerak roda belakang.

B.   Suspensi yang berbasis konstruksi jenis suspensi rigid, ada dua kategori ;
1.    Jenis suspensi rigit roda depan, khusus utk roda depan  dipasang suatu alat (knuckle) yang  berfungsi menahan efek  momen punter karena gaya pengereman , ada empat jenis knuckle kemudi dgn menggunakan poros kingpin :
a.    Jenis reverse eliot
b.    Jenis eliot
c.    Jenis Lemoine
d.    Jenis marmon.

2.    Jenis suspensi rigit roda belakang, terdiri atas ;
a)    Pegas daun
b)    Pegas koil

Allahu a’lam
Bersambung ……

Sumber pustaka :  Sutantra, Nyoman I - Teknologi Otomotif Teori dan Aplikasinya, . Campos, J, David, F, Lewis, S, Ikenaga, S, Scully,Enans, M - Active Suspension Control of Ground Vehicle Heave and Pitch Motion. , Novriza, S.Pd. – modul memperbaiki  system suspense, Drs. SLAMET HARIYANTO- modul PEMERIKSAAN SISTEM SUSPENSI, almuh4ndisu.wordpress.com, dll

Tidak ada komentar: