*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Minggu, 14 Oktober 2012

Operating System, OS (1 dr3)

Untuk bisa menjalankan suatu aplikasi di HP,tablet, PC atau sejenisnya, diperlukan suatu sistem yg sedemikian hingga aplikasi tsb dapat berjalan (operationally). Ini perangkat biasa kita kenal sebagai OS (Operational System ,sistem  operasi ). Atau dpt  diartikan  sbg  suatu  progam tertentu yg didalamnya berisi sekumpulan perintah dasar (sintak, program) yg berperan menjalankan atau  mengendalikan operasional computer, gadget , dst. OS sesungguhnya  program (software) yg berfungsi  melakukan kontrol dan operating management perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi- aplikasi lainnya. Setiap OS mempunyai bahasa atau cara tertentu dalam melakukan manajemen file yg ada, dengan menggunakan perintah-perintah tertentu yg ada didalamnya.


Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Diibaratkan mobil, OS ini bisa dianalogikan sebagai starter untuk menghidupkan mesin, sehingga sistem-sistem yang ada dalam permobilan dapat berfungsi .

Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yg ditujukan untuk melayani user (pengguna), seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainyaDengan OS ini , menjadikan  software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. OS merupakan program yg mengatur perangkat keras komputer dan sebagai pilar pertama bagi aplikasi  (software)  yg ada dalam sistem komputer tsb.

Secara umum pemahaman serta fungsi  dari OS ini adalah
1.  William Stalling dalam  Sistem Operasi,  menyatakan bahwa OS merupakan program  yang sanggup mengoperasikan detail hardware yang rumit kepada programmer serta menyediakan fasilitas yang mudah bagi programmer untuk mengakses hardware dalam pengembangan suatu program.
2.  OS merupakan program yg bertanggung jawab dalam pengelolaan beberapa kegiatan komputer, dan berfungsi sebagai induk dan pengatur berjalannya  aplikasi lainnya  dalam sistem komputer ,
3.  OS berperan sebagai resources allocator , yaitu sebagai media atau aktor yg mengalokasikan sumber daya secara lebih efisien ke memori, CPU, printer , diskdrive  dst , sehingga bisa dihindari terjadinya konflik pada saat penggunaan  beberapa aplikasi lainnya secara bersamaan.
4.  OS berperan sebagai Coodinator, sebagai pengatur atau dirigen dalam alokasi atau penyediaan fasilitas sehingga proses   kerja suatu  aplikasi. OS juga mengatur tata urutan proses suatu aplikasi dengan benar dan cepat.
5.  OS berperan sebagai Guardian , OS  dapat berfungsi sebagai Pengawal yang melakukan control (pengawasan) pada seluruh tahapan kerja aplikasi mulai dari tahapan proses pembacaan, pemrosesan data hingga eksekusi (pengambilan keputusan) data proses.
6.  OS juga dapat berfungsi sebagai pengawas, yg mengendalikan data apa  saja yang bisa (boleh) masuk kedalam  suatu aplikasi (log),  serta melakukan pengawasan   pemrosesan data atas data yang diperbolehkan masuk tsb tersebut serta melakukan pengawasan atas bagaimana aktivitas data masuk tersebut dalam sistem aplikasi.
7.  OS berperan sebagai Optimizer, melakukan optimalisasi pemrosesan data, mulai dari data terebut di-input, pengaksesan  basis data, proses komputasi, hingga data output hasil proses eksekusi suatu operasi komputasi .
8.  OS berperan sebagai Server, yaitu berfungsi sebagai media untuk mempermudah penggunaan komputer, menyediakan sarana dan data yang diperlukan untuk  processing suatu aplikasi.
9.  OS juga sangat membantu mempermudah pengguna dalam penterjemahan jalannya aplikasi  dan  layanan lainnya seperti berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya

Produk OS ini banyak dikembangkan perusahaan-perusahaan besar bidang IT, misalnya OS yang dikembangkan oleh :

Microsoft,
Operating system besutan microsoft seperti Microsoft Windows diluncurkan oleh Microsoft sekitardekade 1980-an .  Sistem operasi ini adalah hasil pengembangan dari OS yang  berbasis  MS-DOS. Pada awalnya OS ini masih berbasis  modus teks dan command-line. Selanjutnya untuk menjawab  tantangan pasar yang menginginkan kemudahan dalam penggunaan , maka Microsoft meluncurkan Windows versi pertama.  Versi ini sudah memperkenalkan Aplikasi teknologi GUI  (Grafic User Interfaces) yang lebih friendly user yaitu Windows Graphic Environment 1.0 .  Tampilan gambar ini merebut hati pasar, sehingga microsoft menjadi pemimpin dalam pasar OS dunia.
Sebenarnya  aplikasi   GUI (Grafic User Interfaces) dianggap sebagai  evolusi dari  program  MS-DOS, ditujukan untuk  memudahkan user dalam pengoperasiannya. Microsoft Windows selalu diperbaruhi dengan perangkat baru untuk menyesuaikan perkembangan teknologi dan makin memudahkan user untuk  operasionalnya. Microsoft diyakini paling produktif dalam merilis produk OS-nya.
Contoh OS keluaran Microsoft ;

Windows NT Server 4 , Windows 2000 Server ( Windows 2k Server, Windows 2k Advanced Server, Windows 2k Datacenter.) , Windows Server 2003 ( Standard Edition, Web Edition, Enterprise Edition, dan DataCenter Edition) , Windows NT 3.1, Windows XP (Versi: NT 5.1.2600),  Windows Server 2003 (Versi: NT 5.2.3790) , Windows Vista (Versi 6.0 Build 6000) , Windows Home , Windows 7 (Versi 6.1 Build 7600) ,  Windows Server 2008 R2 (Versi 6.1) , Windows 8 , Microsoft MS-NET , Microsoft LAN Manager , Microsoft Windows NT Server,dll

Bersambung .......

Allahu a’lam 
Sumber : Rudi Hidayat  TIK untuk SMA/MA kelas X, Erlangga, William Stalling dalam  Sistem Operasi, Jakarta : Prehallindo 2003 ,  linux.or.id , http://www. Jaringan komputer.org , http://www.cecep.web.id, http://irdefebrimudhakarta.blogspot.com, http://wikipedia.org dan http://wartawarga.gunadarma.ac.id, dll

Tidak ada komentar: