Karakteristi mobil Eropa mempunyai tipikal yg berlainan dengan mobil Asia . Sesuai iklim Eropa, mereka
mendesain dg penyesuaian karakteristik iklim Eropa
yg ekstrim, termasuk titik beku air.
Produsen mobil Eropa memperhatikan aspek titik anomali air, yg menyatakan bahwa sebelum
beku volume air akan memuai maksimal pd 4 derajat Celcius. Suhu 4 derajad
Celcius adalah suhu yg sering terjadi di sebagian besar Benua Eropa hingga Russia. Jika air pendingin mesin sempat beku, dan mulai mencair, pada saat
mendekati 4 derajat Celcius, volumenya akan mengembang maksimal, sehingga mendesak komponen dalam water jacket di
blok mesin. Kekuatan
anomali air ini sanggup untuk memecahkan dinding silinder.
Lalu apa freeze plug. Freeze plug adalah lempengan
logam berbentuk koin yang biasanya diletakkan dekat dengan silinder atau bagian
head silinder yang tugasnya mencopot diri sendiri jika terdesak pemuaian air
akibat anomali air tadi. Bocor dong? Ya... Bocor, agar silinder yang harganya
mahal tidak pecah. Cukup mengganti freeze plug yang murah. Umumnya para mekanik bengkel menyebutnya
dengan "tutup koin air pendingin". Atau "koin blok mesin".
Di kita di Indonesia perangkat ini biasanya tak digunakan . Bahkan dirasa banyak mengganggu. Freeze plug ini berbahan besi atau kuningan yang tidak sekuat blok silinder. Freeze plug ini lebih mudah keropos. Jika terjadi pengeroposan maka air pendingin mesin akan keluar menetes dan membuat perangkat pendingin tidak optimal lagi.
Seperti kasus yang agak sering terjadi pada Mercedes W124 (300E, E320, E220, dll.), freeze plug di silinder no 6 paling sering keropos. Freeze plug ini agak berbeda bentuk dengan yang di silinder lain karena memiliki drat (threaded). Pada Peugeot 504, 505, 604, 404, freeze plug pada silinder head sering bermasalah karena menjadi longgar akibat overheat, bukan karena keropos.
Head Gasket Intake Manifold
Paking (gasket) dan sil adalah bagian mesin yang digunakan untuk mencegah kebocoran dua komponen mesin yang disatukan. Misalnya, antara blok dan kepala silinder. Pada bagian ini, tugas paking tidak hanya menyecegah kebocoran antara ruang bakar dengan bagian luar mesin. Juga mencegah terjadi kebocoran pada sistem pelumasan dan pendinginan.
Di kita di Indonesia perangkat ini biasanya tak digunakan . Bahkan dirasa banyak mengganggu. Freeze plug ini berbahan besi atau kuningan yang tidak sekuat blok silinder. Freeze plug ini lebih mudah keropos. Jika terjadi pengeroposan maka air pendingin mesin akan keluar menetes dan membuat perangkat pendingin tidak optimal lagi.
Seperti kasus yang agak sering terjadi pada Mercedes W124 (300E, E320, E220, dll.), freeze plug di silinder no 6 paling sering keropos. Freeze plug ini agak berbeda bentuk dengan yang di silinder lain karena memiliki drat (threaded). Pada Peugeot 504, 505, 604, 404, freeze plug pada silinder head sering bermasalah karena menjadi longgar akibat overheat, bukan karena keropos.
Head Gasket Intake Manifold
Paking (gasket) dan sil adalah bagian mesin yang digunakan untuk mencegah kebocoran dua komponen mesin yang disatukan. Misalnya, antara blok dan kepala silinder. Pada bagian ini, tugas paking tidak hanya menyecegah kebocoran antara ruang bakar dengan bagian luar mesin. Juga mencegah terjadi kebocoran pada sistem pelumasan dan pendinginan.
Gasket umumnya bisa rusak karena “positive crankcase ventilation”
(PCV) tidak bekerja dengan baik atau klepnya rusak.
Dalam sistem
pendinginan air panas dari proses pembakaran dipindahkan dinding silinder dan
ruang bakar melalui lobang air pendingin pada blok dan kepala silinder. Air
pendingin yang panas mengalir ke bagian atas engine kemudian ke tangki radiator
bagian atas, melalui inti radiator ke tangki radiator bagian bawah. Panas dari
air pendingin dipindahkan pendingin udara saat melalui inti radiator dan air
pendingin kembali masuk ke engine pada bagian bawa untuk proses yang akan
berulang.
PCV atau ahli
bengkel biasanya menyebut Katup Ventilasi Ruang Engkol dirancang untuk membuang kebocoran asap yang
dihasilkan oleh pembakaran-pembakaran yang masuk keruang engkol. Asap ini
dihasilkan karena tekanan pada engine yang meningkat, dihasilkan karena
kebocoran perapat oli pada silinder.
PCV adalah bagian yang menghubungkan kepala
silinder dengan saluran isap. Tugasnya, menyalurkan uap oli yang terjadi karena
tekanan yang sangat tinggi di dalam mesin. Untuk mengurangi pencemaran, uap oli
itu dibakar dengan cara menghisapnya ke saluran isap (intake manifold).
Adapun Fungsi oli pelumas adalah :
1. Mengurangi keausan engine agar minimum.
2. Mengurangi gesekan dan kehilangan tenaga yang diakibatkannya.
3. Memindahkan panas.
4. Mengurangi suara engine
5. Sebagai perapat.
6. Membersihkan kompone-komponen engine.
Lima hal yg menjadi penyebab kotornya oli pelumas mesin :
1. Kotoran karbon dari pembakaran mesin.
2. Debu dan kotoran yang terbawa masuk ke engine oleh oleh udara atau bahan
bakar.
3. Debu halus logam, sebagai akibat gesekan atau keausan mesin lalu tercampur oli.
4. Bahan bakar oplosan dan pembakaran tidak sempurna mengakibatkan kebocoran ring
piston kedalam ruang engkoll.
5. Kondensasi / pengembunan air dari udara yang melalui pori-pori mesin.
Di dalam unit PCV ada katup searah yang menyalurkan tekanan menuju ke ruang bakar. Selain katup, juga ada
saringan. Nah, bagi mesin mobil yang pergantian olinya jarang, kondisi olinya
sering atau jumlah oli yang dimasukkan ke dalam mesin terlalu banyak, lambat
laun akan menyebabkan filternya mampat. Atau bisa pula karena katupnya tidak
bekerja. Akibatnya, tekanan pada sistem pelumas akan tinggi yang selanjutnya
menyerang gasket atau sil lain pada blok dan kepala silinder.
Penyebab kerusakan lainnya adalah, suhu kerja mesin yang terlalu tinggi atau overheating. Pada kondisi seperti ini bukan hanya paking dan sil yang rusak, juga bisa menyebabkan kepala silinder yang dibuat dari aluminium melengkung. Kalau sudah begini harus turun mesin dan makin banyak biaya yang harus keluar.
Bila gasket dan sil di kepala silinder rusak, air dari radiator bisa masuk ke oli. Akibatnya, kinerja mesin terganggu. Karena itulah, bila ada oli yang merembes dari gasket atau sil, segera diperbaiki dan dicari penyebab dasarnya. Segera bawa mobil ke bengkel bila ditemukan ada tetesan oli di kolong setelah di parkir beberapa saat. Pasalnya, hal ini menandakan, gasket atau sil mobil anda sudah tidak bekerja normal alias bocor.
Perlu diperhatikan juga, apabila packing (gasket) yang bermasalah dapat menyebabkan oli juga bisa berkurang karena kebocoran gasket intake manifold pada sejumlah mesin V6 dan V8 yang menyebabkan oli masuk keruang bakar. Karena kebocoran terletak dibagian bawah intake manifold, jadi sulit untuk memeriksanya. Problem ini dicirikan dengan busi buram (kotoor) pada salah satu silinder akibat kebocoran itu.
Perlu perhatian jangan sampai volume oli dibawah batas yang
direkomendasikan pabrik. Bila hal itu terjadi, maka anda sudah memiliki
gambaran apa yang harus dilakukan bukan?
Heater Inti
Pendingin panas juga digunakan untuk menyediakan panas untuk interior kendaraan bila diperlukan. Ini adalah sistem sederhana dan lurus ke depan yang meliputi inti pemanas, yang terlihat seperti kecil versi radiator, terhubung ke sistem pendingin dengan sepasang selang karet. Satu selang pendingin membawa panas dari pompa air ke inti pemanas dan selang lainnya pendingin kembali ke atas mesin. Biasanya ada katup kontrol pemanas di salah satu selang untuk memblokir aliran pendingin ke dalam inti pemanas ketika penyejuk udara maksimum disebut untuk.
Pendingin panas juga digunakan untuk menyediakan panas untuk interior kendaraan bila diperlukan. Ini adalah sistem sederhana dan lurus ke depan yang meliputi inti pemanas, yang terlihat seperti kecil versi radiator, terhubung ke sistem pendingin dengan sepasang selang karet. Satu selang pendingin membawa panas dari pompa air ke inti pemanas dan selang lainnya pendingin kembali ke atas mesin. Biasanya ada katup kontrol pemanas di salah satu selang untuk memblokir aliran pendingin ke dalam inti pemanas ketika penyejuk udara maksimum disebut untuk.
Sebuah kipas, (blower), menarik udara melalui
inti pemanas dan mengarahkan melalui saluran pemanas untuk interior mobil. Suhu
panas diatur oleh sebuah pintu yang mencampur campuran dingin udara luar, atau
kadang-kadang udara AC dengan udara panas datang melalui inti pemanas. Pintu
ini campuran memungkinkan Anda untuk mengontrol suhu udara yang datang ke
pedalaman. Pintu lain memungkinkan Anda untuk mengarahkan udara hangat melalui
saluran-saluran di lantai, saluran defroster di dasar kaca depan, dan saluran
AC terletak di panel instrumen.
Selang
Ada beberapa selang karet yang berbentuk pipa yang menghubungkan komponen-komponen sistem pendingin mobil . Selang utama disebut selang radiator atas dan bawah. Kedua selang sekitar 2 inci dan diameter pendingin langsung antara mesin dan radiator.
Fungsi selang
radiator bagian atas (saluran masuk radiator), adalah sebagai saluran air
pendingin dari engine bagian atas ke tangki radiator bagian atas.
Saluran-saluran air pendingin (water
jackets), adalah rongga antara ruang bakar dengan dinding silinder, konstruksi
pembuatannya untuk mengalirkan air pendingin untuk memindahkan panas yang tidak
dikehendaki (berlebihan).
Selang
radiator bagian bawah (saluran keluar), berfungsi untuk mengalirkan air
pendingin dari tangki radiator bagian bawah kepada engine bagian bawah.
Dua selang tambahan, disebut selang pemanas,
pendingin pasokan panas dari mesin ke inti pemanas. Selang ini memiliki katup kendali pemanas dipasang di garis untuk memblokir
pendingin panas dari memasuki inti pemanas ketika AC diatur untuk max-dingin.
Adapun Selang by-pass mensirkulasikan air dalam
engine dan kepala silinder, saat thermostat tertutup untuk mencegah penguapan
air di sekitar ruang bakar yang dapat mengakibatkan keretakaan engine.
Ini selang dirancang untuk mengatur tekanan di dalam sistem pendingin. Karena panas
mesin , alat ini mudah ausa dan mungkin
memerlukan penggantian sebagai bagian dari perawatan rutin. Jika karet mulai
terlihat kering dan pecah-pecah, atau menjadi lembut , atau Anda melihat
beberapa gelembungan di ujungnya, maka saatnya
untuk melakukan penggantian.
Allahu a'lam
Sumber : http://www.borneo-drive.com, dll
Tidak ada komentar:
Posting Komentar