*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Rabu, 07 Maret 2012

Tips : Prinsip Kerja Pendingin mesin Mobil (3 dr 3)


Karakteristi mobil Eropa mempunyai tipikal yg berlainan dengan mobil Asia . Sesuai  iklim Eropa, mereka mendesain dg penyesuaian karakteristik iklim Eropa yg ekstrim, termasuk titik beku air.  Produsen mobil Eropa memperhatikan aspek titik  anomali air, yg menyatakan bahwa sebelum beku volume air akan memuai maksimal pd 4 derajat Celcius. Suhu 4 derajad Celcius adalah suhu yg sering terjadi di sebagian besar Benua Eropa hingga Russia. Jika air pendingin mesin sempat beku, dan mulai mencair, pada saat mendekati 4 derajat Celcius, volumenya akan mengembang maksimal, sehingga  mendesak komponen dalam water jacket di blok mesin. Kekuatan  anomali air ini sanggup untuk  memecahkan dinding silinder.

Lalu apa  freeze plug. Freeze plug adalah lempengan logam berbentuk koin yang biasanya diletakkan dekat dengan silinder atau bagian head silinder yang tugasnya mencopot diri sendiri jika terdesak pemuaian air akibat anomali air tadi. Bocor dong? Ya... Bocor, agar silinder yang harganya mahal tidak pecah. Cukup mengganti freeze plug yang murah.  Umumnya para mekanik bengkel menyebutnya dengan "tutup koin air pendingin". Atau "koin blok mesin".

Di kita di Indonesia perangkat ini biasanya tak digunakan . Bahkan
dirasa banyak mengganggu. Freeze plug ini berbahan besi atau kuningan yang tidak sekuat blok silinder. Freeze plug ini lebih mudah keropos. Jika terjadi pengeroposan maka air pendingin mesin akan keluar menetes dan membuat perangkat pendingin tidak optimal lagi.

Seperti kasus yang agak sering terjadi pada Mercedes W124 (300E, E320, E220, dll.), freeze plug di silinder no 6 paling sering keropos. Freeze plug ini agak berbeda bentuk dengan yang di silinder lain karena memiliki drat (threaded). Pada Peugeot 504, 505, 604, 404, freeze plug pada silinder head sering bermasalah karena menjadi longgar akibat overheat, bukan karena keropos.

Head Gasket  Intake Manifold
Paking (gasket) dan sil adalah bagian mesin yang digunakan untuk mencegah kebocoran dua komponen mesin yang disatukan. Misalnya, antara blok dan kepala silinder. Pada bagian ini, tugas paking tidak hanya menyecegah kebocoran antara ruang bakar dengan bagian luar mesin. Juga mencegah terjadi kebocoran pada sistem pelumasan dan pendinginan.
Gasket umumnya bisa rusak karena “positive crankcase ventilation” (PCV) tidak bekerja dengan baik atau klepnya rusak.

Dalam sistem pendinginan air panas dari proses pembakaran dipindahkan dinding silinder dan ruang bakar melalui lobang air pendingin pada blok dan kepala silinder. Air pendingin yang panas mengalir ke bagian atas engine kemudian ke tangki radiator bagian atas, melalui inti radiator ke tangki radiator bagian bawah. Panas dari air pendingin dipindahkan pendingin udara saat melalui inti radiator dan air pendingin kembali masuk ke engine pada bagian bawa untuk proses yang akan berulang.

PCV atau ahli bengkel biasanya menyebut Katup Ventilasi Ruang Engkol  dirancang untuk membuang kebocoran asap yang dihasilkan oleh pembakaran-pembakaran yang masuk keruang engkol. Asap ini dihasilkan karena tekanan pada engine yang meningkat, dihasilkan karena kebocoran perapat oli pada silinder.

PCV adalah bagian yang menghubungkan kepala silinder dengan saluran isap. Tugasnya, menyalurkan uap oli yang terjadi karena tekanan yang sangat tinggi di dalam mesin. Untuk mengurangi pencemaran, uap oli itu dibakar dengan cara menghisapnya ke saluran isap (intake manifold).

Adapun
Fungsi  oli pelumas adalah :
1. Mengurangi keausan engine agar minimum.
2. Mengurangi gesekan dan kehilangan tenaga yang diakibatkannya.
3. Memindahkan panas.
4. Mengurangi suara engine
5. Sebagai perapat.
6. Membersihkan kompone-komponen engine.

Lima hal yg menjadi penyebab kotornya oli pelumas mesin :
1. Kotoran karbon dari pembakaran mesin.
2. Debu dan kotoran yang terbawa masuk ke engine oleh oleh udara atau bahan bakar.
3. Debu halus logam, sebagai akibat gesekan atau keausan mesin lalu  tercampur oli.
4. Bahan bakar oplosan dan pembakaran tidak sempurna mengakibatkan kebocoran ring piston kedalam ruang engkoll.
5. Kondensasi / pengembunan air dari udara yang melalui pori-pori mesin. 

Di dalam unit PCV ada katup searah yang menyalurkan tekanan menuju ke ruang bakar. Selain katup, juga ada saringan. Nah, bagi mesin mobil yang pergantian olinya jarang, kondisi olinya sering atau jumlah oli yang dimasukkan ke dalam mesin terlalu banyak, lambat laun akan menyebabkan filternya mampat. Atau bisa pula karena katupnya tidak bekerja. Akibatnya, tekanan pada sistem pelumas akan tinggi yang selanjutnya menyerang gasket atau sil lain pada blok dan kepala silinder.

Penyebab
kerusakan lainnya adalah, suhu kerja mesin yang terlalu tinggi atau overheating. Pada kondisi seperti ini bukan hanya paking dan sil yang rusak, juga bisa menyebabkan kepala silinder yang dibuat dari aluminium melengkung. Kalau sudah begini harus turun mesin dan makin banyak biaya yang harus keluar.

Bila gasket dan sil di kepala silinder rusak, air dari radiator bisa masuk ke oli. Akibatnya,
kinerja mesin terganggu. Karena itulah, bila ada oli yang merembes dari gasket atau sil, segera diperbaiki dan dicari penyebab dasarnya. Segera bawa mobil ke bengkel bila ditemukan ada tetesan oli di kolong setelah di parkir beberapa saat. Pasalnya, hal ini menandakan, gasket atau sil mobil anda sudah tidak bekerja normal alias bocor.

Perlu diperhatikan juga, apabila  packing (gasket) yang bermasalah dapat menyebabkan oli juga bisa berkurang karena kebocoran gasket intake manifold pada sejumlah mesin V6 dan V8 yang menyebabkan oli masuk keruang bakar. Karena kebocoran terletak dibagian bawah intake manifold, jadi sulit untuk memeriksanya. Problem ini dicirikan dengan busi buram (kotoor)  pada salah satu silinder akibat kebocoran itu.
Perlu perhatian  jangan sampai volume oli dibawah batas yang direkomendasikan pabrik. Bila hal itu terjadi, maka anda sudah memiliki gambaran apa yang harus dilakukan bukan?


Heater Inti
Pendingin panas juga digunakan untuk menyediakan panas untuk interior kendaraan bila diperlukan. Ini adalah sistem sederhana dan lurus ke depan yang meliputi inti pemanas, yang terlihat seperti kecil versi radiator, terhubung ke sistem pendingin dengan sepasang selang karet. Satu selang pendingin membawa panas dari pompa air ke inti pemanas dan selang lainnya pendingin kembali ke atas mesin. Biasanya ada katup kontrol pemanas di salah satu selang untuk memblokir aliran pendingin ke dalam inti pemanas ketika penyejuk udara maksimum disebut untuk.

Sebuah kipas, (blower), menarik udara melalui inti pemanas dan mengarahkan melalui saluran pemanas untuk interior mobil. Suhu panas diatur oleh sebuah pintu yang mencampur campuran dingin udara luar, atau kadang-kadang udara AC dengan udara panas datang melalui inti pemanas. Pintu ini campuran memungkinkan Anda untuk mengontrol suhu udara yang datang ke pedalaman. Pintu lain memungkinkan Anda untuk mengarahkan udara hangat melalui saluran-saluran di lantai, saluran defroster di dasar kaca depan, dan saluran AC terletak di panel instrumen. 



Selang

Ada beberapa selang karet yang berbentuk  pipa yang menghubungkan komponen-komponen sistem pendingin mobil . Selang utama disebut selang radiator atas dan bawah. Kedua selang sekitar 2 inci dan diameter pendingin langsung antara mesin dan radiator.

Fungsi selang radiator bagian atas (saluran masuk radiator), adalah sebagai saluran air pendingin dari engine bagian atas ke tangki radiator bagian atas.
Saluran-saluran air pendingin (water jackets), adalah rongga antara ruang bakar dengan dinding silinder, konstruksi pembuatannya untuk mengalirkan air pendingin untuk memindahkan panas yang tidak dikehendaki (berlebihan).
Selang radiator bagian bawah (saluran keluar), berfungsi untuk mengalirkan air pendingin dari tangki radiator bagian bawah kepada engine bagian bawah.

Dua selang tambahan, disebut selang pemanas, pendingin pasokan panas dari mesin ke inti pemanas. Selang ini memiliki katup kendali pemanas dipasang di garis untuk memblokir pendingin panas dari memasuki inti pemanas ketika AC diatur untuk max-dingin.

Adapun Selang by-pass mensirkulasikan air dalam engine dan kepala silinder, saat thermostat tertutup untuk mencegah penguapan air di sekitar ruang bakar yang dapat mengakibatkan keretakaan engine.

Ini selang dirancang untuk mengatur  tekanan di dalam sistem pendingin. Karena panas mesin , alat ini mudah  ausa dan mungkin memerlukan penggantian sebagai bagian dari perawatan rutin. Jika karet mulai terlihat kering dan pecah-pecah, atau menjadi lembut , atau Anda melihat beberapa gelembungan  di ujungnya, maka saatnya untuk melakukan penggantian.

Allahu a'lam
Sumber : http://www.borneo-drive.com, dll

Tidak ada komentar: