*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Senin, 05 Maret 2012

Kecepatan akses media internet (1 dr 4)

Ada beragam cara untuk mengakses internet, misalnya dengan menghubungkan komputer ke saluran telekomunikasi yg ada. Butuh perangkat keras dan perangkat lunak untuk menghubungkan ke ISP (Penyedia Layanan Internet). Ada banyak ISP yg menawarkan beragam fasilitas kepada konsumennya dengan harga yg bersaing. Dengan berlangganan ke ISP berarti komputer kita terhubung dengan ISP melalui saluran telekomunikasi. Tipe saluran telekomunikasi dan perangkat keras yang digunakan akan mempengaruhi kecepatan akses internet.

ISP (Internet service provider ) adalah organisasi usaha  yang menyediakan jasa pelayanan sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Umumnya  perusahaan telekomunikasi juga memberikan  jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting. Contoh ISP antara lain Indonet, Linthas Artha, Radnet, Wasantara.net, Meganet, elganet, Centrin, Telkomnet dst.

ISP ini mempunyai jaringan hingga internasional dimana  pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat melakukan akses melalui jalur internet. Terdapat dua macam kecepatan akses internet, yaitu downstream dan upstream. Downstream adalah kecepatan pada saat kita mengambil data informasi  dari server internet ke komputer kita. Misalnya, saat kita masuk ke search engine, browsing, dan lain – lain. Adapun upstream adalah kecepatan transfer data yaitu saat kita mengirimkan data dari komputer kita  ke server. Baik downstream maupun upstream memiliki satuan kecepatan transfer data yaitu bps bit per detik. Artinya, banyaknya bit data yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain tiap detiknya.

Secara umum , akses internet dibagi menjadi dua macam akses. Yaitu : dial up dan akses dedicated.

Dial up

Dial-up (networking)  merupakan cara  sederhana untuk terhubung ke internet: Anda hanya perlu terhubung ke saluran telepon Anda menggunakan modem, jika Anda sudah berlangganan ISP. Kebanyakan, tool software yang Anda butuhkan sudah ada pada Windows computer anda ; beberapa ISP, seperti Earthlink, "memoles" user interface untuk mempermudah setup.

Akses ini dilakukan dengan menggunakan modem (modulator demodulator) dan saluran telepon. Setiap kali penggunan mulai mengakses internet, pengguna akan mendial nomor ISP untuk menyambungkan diri ke internet atau memutus hubungan tersebut jika sudah selesai menggunakannya. Biaya akses dial up ini tergantung pada lamanya akses internet atau juga banyaknya aliran data yang ia gunakan.

Apapun cara yang digunakan, para pelanggan dial-up biasanya hanya perlu indentitas  user name dan password, selain nomor telepon ISP, ke kotak dialog yang muncul. Software dial-up networking menggunakan informasi untuk membangun koneksi dengan ISP dan melakukan pekerjaan lainnya. Setelah setup, yang harus dilakukan pelanggan adalah membangun koneksi dengan meng-klik-ganda sebuah ikon.

Kita dapat bayangkan proses dial-up networking seakan sebagai "jabat tangan pertama “  memulai sebuah kesepakatan perjanjian . Dimana proses ini  mengarahkan modem Anda ke nomor telepon ISP, yang kemudian dijawab oleh modem lain di seberang sana. Untuk beberapa detik modem-modem itu saling mengirim sinyal kontrol untuk menentukan seberapa cepat masing-masing modem bisa terkoneksi. Suara berciut-ciut yang biasa Anda dengar ketika modem Anda pertama kali terhubung adalah suara modem Anda dan modem ISP "mengharmoniskan" koneksi dan menentukan kecepatan yang digunakan.

Jika koneksi telah tercipta, modem Anda akan membungkam speaker internal-nya, dan dial-up networking mengirimkan user name dan password Anda ke ISP menggunakan proses yang disebut CHAP (challenge handshake authentication protocol). Di tempat ISP, sebuah komputer mengecek user name dan password Anda pada database konsumen. Jika ISP sudah mengotorisasi informasi Anda, status window dial-up networking menghilang, dan Anda bebas menjelajah internet, mengecek dan mengirim e-mail, men-download file, dan sebagainya. Semua proses ini bisa berlangsung 30 detik sampai 2 menit.
Men-dial dengan modem masih merupakan cara mengakses internet yang termurah dan paling banyak tersedia. Namun karena ia memiliki kecepatan yang relatif lambat, situs-situs yang kaya grafis butuh waktu lama untuk di-load.
Kecepatan maksimum dalam men-download data menggunakan dial-up networking terbatas pada bandwith analog sistem telepon, kualitas saluran, dan lalu lintas internet.

Akses dedicated
Akses ini memberikan layanan tanpa henti sehingga biaya yang dibebankan tidak bergantung pada lamanya pengguna mengakses internet. Pengguna dibebani biaya langganan pada jangka waktu yang telah ditentukan ISP.
Akses ini merupakan  layanan koneksi ke Internet selama 24 jam sehari dengan menggunakan bermacam metode akses yang sesuai dengan keperluan pelanggan .Perangkat ini bekerja secara   leased line eksklusif atau microwave radio set.  Dedicated line ini menghubungkan komputer-komputer yang ada di Local Area Network  konsumen  dengan server   perusahaan provider dengan bandwidth sesuai dengan perjanjian kedua belah pihak.  Teknologi  dedicated line  memungkinkan  dapat  meninimalkan jalur sibuk yang menghambat koneksi internet konsumen .

Dewasa ini ada banyak seluran telekomunikasi yang dapat digunakan untuk akses internet, seperti;
a)    Saluran telepon rumah
b)    ISDN
c)    DSL Satelit (VSAT) Radio Paket
d)    TV Kabel
e)    Saluran listrik
f)    Saluran telekomunikasi tanpa kabel.

Saluran telepon
Saluran telpon merupakan salah perangkat keras yang  diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Untuk mengakses internet melalui saluran telepon  diperlukan modem. Modem digunakan sebagai alat untuk mengubah sinyal analog dan sebaliknya. Pada saat sinyal dari komputer akan dikirimkan melalui saluran telepon, maka modem mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Demikian juga pada saat sinyal analog diterima melalui saluran telepon, modem akan mengubah sinyal analog tersebut menjadi sinyal digital sehingga bisa dibaca di layar komputer.

Saluran telepon ini digunakan untuk menghubungkan komputer ke ISP untuk akses internet. Umumnya, kecepatan akses internet melalui telepon di Indonesia antara 9,6 kbps sd 28,8 kbps. Sedangkan kecepatan akses internet melalui modem yang disediakan ISP sekitar 28,8 kbps sd 56 kbps.

Bersambung ..
Semoga bermanfaat

Allahu alam
Sumber : dari beberapa sumber bacaan

Tidak ada komentar: