*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 13 Mei 2010

seputar Virus komputer

Kawan, tentu kita pernah atau bahkan sering mendengar kata virus komputer. Kesan yang terbayang adalah suatu proses perusakan sistem atau data komputer kita.
" A program that can infect other programs by modifying them to include a slighty altered copy of itself. A virus can spread throughout a computer system or network using the authorization of every user using it to infect their programs. Every programs that gets infected can also act as a virus that infection grows “ ( Fred Cohen ).
Anda benar, pada hakikatnya, virus komputer yang kita kenal selama ini, adalah suatu program komputer juga. Dan program ini tentu dibuat oleh seorang yang ahli di bidang komputer. Para pembuat virus ini tentunya seorang programer yang andal yang faham betul tentang sistem kerja komputer. Sayang ya, keahlian ini bila tidak disalurkan ke hal yang positif.

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali. (wikipedia).

Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan-pesan aneh hingga merusak komputer serta menghapus file atau dokumen kita.

Beberpa literatur , menyatakan bahwa istilah “virus” pertama kali diluncurkan oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat. Virus komputer dinamakan “Virus” karena memiliki beberapa persamaan mendasar dengan virus pada istilah kedokteran(biological viruses).

Virus komputer bisa diartikan sebagai suatu program komputer biasa.Tetapi memiliki perbedaan yang mendasar dengan program-program lainnya,yaitu virus dibuat untuk menulari program-program lainnya, mengubah, memanipulasinya bahkan sampai merusaknya. Ada yang perlu dicatat disini, virus hanya akan menulari apabila program pemicu atau program yang telah terinfeksi tadi dieksekusi, disinilah perbedaannya dengan "worm".

Seperti ibarat ada gula ada semut, maka ada komputer ada virus. Dewasa ini hampir kecil kemungkinan komputer yang tidak pernah terinfeksi virus. Setiap hari bahkan setiap waktu muncul virus-virus baru dengan berbagai variasi yang dibawanya. Secara umum suatu program yang disebut virus baru dapat dikatakan adalah benar benar virus apabila minimal memiliki 5 kriteria :

1 .Kemampuan untuk mendapatkan informasi.
Pada umumnya suatu virus memerlukan daftar nama-nama file yang ada dalam suatu directory, untuk apa? agar dia dapat mengenali program program apa saja yang akan dia tulari,semisal virus makro yang akan menginfeksi semua file berekstensi *.doc setelah virus itu menemukannya, disinilah kemampuan mengumpulkan informasi itu diperlukan agar virus dapat membuat daftar/ data semua file, terus memilahnya dengan mencari file-file yang bisa ditulari.Biasanya data ini tercipta saat program yang tertular/terinfeksi atau bahkan program virus ini dieksekusi. Sang virus akan segera melakukan pengumpulan data dan menaruhnya di RAM (biasanya :P ) , sehingga apabila komputer dimatikan semua data hilang tetapi akan tercipta setiap program bervirus dijalankan dan biasanya dibuat sebagai hidden file oleh virus .


2 Kemampuan memeriksa suat program.
Suatu virus juga harus bias untuk memeriksa suatu program yang akan ditulari, misalnya ia bertugas menulari program berekstensi *.doc, dia harus memeriksa apakah file dokumen ini telah terinfeksi ataupun belum, karena jika sudah maka dia akan percuma menularinya 2 kali. Ini sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan suatu virus dalam hal kecepatan menginfeksi suatu file/program.Yang umum dilakukan oleh virus adalah memiliki/ memberi tanda pada file/program yang telah terinfeksi sehingga mudah untuk dikenali oleh virus tersebut . Contoh penandaan adalah misalnya memberikan suatu byte yang unik disetiap file yang telah terinfeksi.


3 Kemampuan untuk menggandakan diri.
Kalo ini emang virus "bang-get", maksudnya tanpa ini tak adalah virus. Inti dari virus adalah kemampuan mengandakan diri dengan cara menulari program lainnya. Suatu virus apabila telah menemukan calon korbannya (baik file atau program) maka ia akan mengenalinya dengan memeriksanya, jika belum terinfeksi maka sang virus akan memulai aksinya untuk menulari dengan cara menuliskan byte pengenal pada program/ file tersebut,dan seterusnya mengcopikan/menulis kode objek virus diatas file/program yang diinfeksi. Beberapa cara umum yang dilakukan oleh virus untuk menulari/ menggandakan dirinya adalah: File/Program yang akan ditulari dihapus atau diubah namanya. kemudian diciptakan suatu file menggunakan nama itu dengan menggunakan virus tersebut (maksudnya virus mengganti namanya dengan nama file yang dihapus) dan Program virus yang sudah di eksekusi/load ke memori akan langsung menulari file-file lain dengan cara menumpangi seluruh file/program yang ada.


4. kemampuan mengadakan manipulasi.
Rutin (routine) yang dimiliki suatu virus akan dijalankan setelah virus menulari suatu file/program. isi dari suatu rutin ini dapat beragam mulai dari yang teringan sampai pengrusakan. rutin ini umumnya digunakan untuk memanipulasi program ataupun mempopulerkan pembuatnya! Rutin ini memanfaatkan kemampuan dari suatu sistem operasi (Operating System) , sehingga memiliki kemampuan yang sama dengan yang dimiliki sistem operasi.

5. Kemampuan Menyembunyikan diri.
Kemampuan Menyembunyikan diri ini harus dimiliki oleh suatu virus agar semua .pekerjaan baik dari awal sampai berhasilnya penularan dapat terlaksana.langkah langkah yang biasa dilakukan adalah:


  • Program asli/virus disimpan dalam bentuk kode mesin dan digabung dengan program lain yang dianggap berguna oleh pemakai.

  • Program virus diletakkan pada Boot Record atau track yang jarang diperhatikan oleh komputer itu sendiri

  • Program virus dibuat sependek mungkin, dan hasil file yang diinfeksi tidak berubah ukurannya

  • Virus tidak mengubah keterangan waktu suatu file, dll

Dengan semakin berkembanganya teknologi pemograman vrius ini, muncullah aneka variasi yang berbeda, antara lain



  1. Boot virus, virus ini menyerang boot sector pada hardisk. Virus ini aktif saat booting kom-puter, yaitu saat komputer kita pertama start. Virus Boot sector ini sudah umum sekali menyebar.Virus ini dalam menggandakan dirinya akan memindahkan atau menggantikan boot sector asli dengan program booting virus. Sehingga saat terjadi booting maka virus akan di load kememori dan selanjutnya virus akan mempunyai kemampuan mengendali-kan hardware standar(ex::monitor, printer dsb) dan dari memori ini pula virus akan menyebar keseluruh drive yang ada dan terhubung kekomputer .

  2. Mikro virus, virus ini menempel pada file-file office dan biasanya menyerang word processing atau spreadsheet sebagai macro. Virus ini menjadi aktif saat macro dijalankan. Jenis Virus ini pasti sudah sangat sering kita dengar.Virus ini ditulis dengan bahasa pemro-graman dari suatu aplikasi bukan dengan bahasa pemrograman dari suatu Operating Sys-tem. Virus ini dapat berjalan apabila aplikasi pembentuknya dapat berjalan dengan baik, maksudnya jika pada komputer mac dapat menjalankan aplikasi word maka virus ini bekerja pada komputer bersistem operasi Mac.

  3. Program virus, virus ini menempel dan menyerang file-file tertentu, misanya hanya menyerang file-file yang berkstensi .exe,com, sys dst. Virus ini akan aktif ketika file-file yang diserang itu diaktifkan.

  4. Resident virus, virus ini menyusupi ke dalam memori komputer dan akan meng-link dirinya ke eksekusi program lain di komputer anda.

  5. Polymorphic Virus , Virus ini Dirancang buat mengecoh program antivirus,artinya virus ini selalu berusaha agar tidak dikenali oleh antivirus dengan cara selalu merubah rubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi file/program lain.

secara umum siklus hidup virus, melalui 4 tahap:



  1. Dormant phase ( Fase Istirahat/Tidur ), Pada fase ini virus tidaklah aktif. Virus akan di-aktifkan oleh suatu kondisi tertentu, semisal:tanggal yang itentukan,kehadiran program lain/dieksekusinya program lain, dsb. Tidak semua virus melalui fase ini

  2. Propagation phase ( Fase Penyebaran ), Pada fase ini virus akan mengkopikan dirinya kepada suatu program atau ke suatu tempat dari media storage (baik hardisk, ram dsb). Setiap program yang terinfeksi akan menjadi hasil “klonning” virus tersebut (tergantung cara virus tersebut menginfeksinya),

  3. Trigerring phase ( Fase Aktif ),Di fase ini virus tersebut akan aktif dan hal ini juga di picu oleh beberapa kondisi seperti pada Dormant phase

  4. Execution phase ( Fase Eksekusi ),Pada Fase inilah virus yang telah aktif tadi akan melakukan fungsinya. Seperti menghapus file, menampilkan pesan-pesan, dsb

Selanjutnya , bagaimana virus bisa sampai ke komputer kita?
Ya benar, tentu saja memalui perantara. Perantara itu misanya, CD/DVD, hardisk, flashdisk, jaringan LAN, internet, bluetooth dan media lainnya.
Bila media-media itu tidak digunakan sama sekali, tentu tidak ada virus yang menyerang.
Namun apakah mungkin dijaman sekarang ini , kita tidak menggunakan media-media diatas?
Jawaban yang paling sesuai dengan masalah diatas tentunya anda harus menggunakan antivirus yang efektif.

Selanjutnya program antivirus seperti apa yang kita perlukan?
Tentu antivirus yang kuat, handal, terpercaya atau bikinan perusahaan ternama.
Untuk pembahasan program anti-virus, kita bahas di kesempatan berikutnya.

Allahu a’lam
Sumber : Daffarisq Irfan, Virus dan antivirus, http://organisasi.org, http://ezine.echo.or.id,
Catatan :
1. [ Stallings, William ],“CRYPTOGRAPHY AND NETWORK SECURITY,principle and practice: second edition ” ,Prentice-Hall,Inc., New Jersey ,1999
2. R.[ Salim, IR.Hartojo ],“Virus Komputer, teknik pembuatan & langkah-langkah penaggulangannya ,Andi OFFSET,Yogyakarta , 1989.
3. [ Amperiyanto, Tri ],“Bermain-main dengan Virus Macro”,Elex Media Komputindo, Jakarta,2002
4. [ Jayakumar ], “ Viruspaperw.pdf ”, EBOOK version
5. [ y3dips ],“pernak pernik Virus”,http://ezine.echo.or.id,Jakarta,2003
6. Virus Definition dari salah satu Antivirus ”

Tidak ada komentar: