*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Minggu, 16 Mei 2010

Anti virus

Antivirus adalah sebuah jenis program perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).
Prgram antivirus terbaru , tidak hanya mendeteksi virus. Namun juga telah dilengkapi kemampuan mendeteksi spyware, rootkits, dan malware - malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan atau virus ke inbox pengguna.

Berdasarkan penggunanya , program Antivirus dibagi menjadi 2, yaitu Home User , digunakan umumnya oleh pengguna pribadi atau rumahan , antivirus berjalan seperti biasa dan Network /Corporate User. Untuk versi jaringan (network), antivirus dapat melakukan scan di komputer - komputer client dan network drive. Selain itu, proses update komputer client dalam jaringan tidak harus langsung dari Internet. Komputer client dapat melakukan upate langsung dari server jaringan.

Dilihat dari cara kerjanya,antivirus dibagi menjadi dua kategori;


  • 1. Sistem signature. Dalam kategori ini system signature mendeteksi virus berdasarkan pola kode virus. Dalam proses ini program anti virus mengawasi file atau program yang sedang berjalan. Dan bila ada pola kode yang sesuai dengan signature yang dimilikinya, maka secara spontan program antivirus ini menjadikannya sebagai target, dan menampilkan kepada user bahwa antivirus mencurigai file ini.

  • 2. Heuristik,dalam pola ini program antivirus mendeteksi virus berdasarkan suatu peraturan atau perilaku tertentu. Apabila suatu program memiliki karakteristik perilaku mirip dengan ciri-ciri virus tertentu, maka program antivirus ini otomatis berupaya menghentikannya.

Anti virus digunakan untuk mencegah inveksi oleh virus atau melakukan scan/cleaning pada file/sistem yang terinveksi virus/trojans/worm. Software anti virus merupakan pertahanan utama terhadap masalah virus/trojans/worm. Anti virus haruslah efektif dan selalu up-to-date.
Anti virus tidak akan berguna jika dimatikan untuk alasan tertentu dan akan tidak sangat efektif penggunaannya bila tidak sering dilakukan perbaruan(update) untuk mengenali virus terbaru. Signature dari virus seperti sebuah peta kejahatan lengkap dengan ciri-ciri penjahatnya. Tiap kali virus baru muncul, akan dilakukan analisa dan membuat penanda baru agar bila muncul kembali anti virus bisa melakukan blok.

Dalam jagad per-virusan komputer, kita dapat mengunduh program-program antivirus gratisan yang juga efektif membasmi si biang virus komputer kita. Meski , walaupun dengan fitur yang lebih terbatas dibanding versi aslinya (bayar tentunya) , untuk penggunaan komputer pribadi atau rumahan sudah cukup mumpuni.


Anda dapat memilih dan mengunduh beberapa program antivirus gratisan dibawah ini ;



  1. Avast !home editon, di http://www.avast.com/eng/download-avast-home.html.
    Unduh di , http://files.avast.com/iavs4pro/setupeng.exe , ukuran : 31,27MB
    Platform/sistem : windows 95/98/Me/NT 4/2000/XP/Vista (32/64 bit).
    Manual update link : http://files.avast.com/iavs4pro/vpsupd.exe , (23 MB)

  2. AVG Free Antivirus, di http://free.avg.com/download-avg-anti-virus-free-edition.
    Unduh di , http://www.avg.com/filedir/inst/avg_free_stf_en_85_285a1462.exe , ukuran : 60,1MB
    Platform/sistem : windows 2000 SP4 + SRP1, XP home/prof SP2 dan Vista .
    Manual update link : http://free.avg.com/download?prd=afe#tba4

  3. Avira Antivir Personal Free antivirus, di http://www.free-av.com/.
    Unduh di , http://dlce.antivir.com/package/wks_avira/win32/en/pecl/avira_antivir_personal_en.exe , ukuran : 28,61MB ( 31,11 MB Zip)
    Platform/sistem : windows 2000/XP/vista (32/64 bit).
    Manual update link : http://dl.antivir.de/down/vdf/ivdf_fusebundle_nt_en.zip

  4. BitDefender Free Antivirus, di http://www.bitdefender.com/PRODUCT-14-en-BitDefender-Free-Edition.html.
    Unduh di , http://www.bitdefender.com/site/Downloads/browseEvaluation-Version/1/42/. ukuran : 21,08MB
    Platform/sistem : windows 98/NT-SP6/Me/2000/XP IE 4.0 (+)
    Manual update link : ?

  5. ClamAV Antivirus, di http://www.clamav.net.
    Unduh di , http://www.softpedia.com/progDownload/ClamAV-Download.13391.html. , ukuran : 3,76MB
    Platform/sistem : Linux,BSD,AIX,OSF,Solaris,HP-UX,OpenVMS, Win 32 (windows 9x/ME/2000/XP/Vista).
    Manual update link : http://www.clamav.net/download/cvd.

  6. ClamWin Free Antivirus, di http://www.clamwin.com/.
    Unduh di , http://www.clamwin.com/content/view/18/46/. , ukuran : 24,5MB
    Platform/sistem : windows 98/Me/2000/2003/XP/Vista .
    Manual update link : http://www/clamav.net/download/cvd.

  7. Comodo Internet Security (firewall & antivirus), di http://personalfirewall.comodo.com/index.html.
    Unduh di , http://personalfirewall.comodo.com/download_firewall.html. , ukuran : 45,20MB (version 3.8)
    Platform/sistem : windows XP (SP2) ,Vista (32/64 bit).
    Manual update link : ?

  8. CS Anti-Virus, di http://www.creasoftware.net/prodotto.asp?id=16.
    Unduh di , http://www.creasoftware.net/download.asp?id=37. , ukuran : 4,6MB
    Platform/sistem : windows NT /2000/XP/2003/Vista
    Manual update link : ?

  9. My Free Antivirus, di http://smartpctools.com/Free_antivirus/index1.html.
    Unduh di , http://www.smartpctools.com/files/antivirussetup.exe , ukuran : 6,2MB
    Platform/sistem : windows NT /2000/XP/2003/Vista .
    Manual update link : ?

  10. PC Tools AntiVirus Free Edition, di http://www.pctools.com/free-antivirus/.
    Unduh di , http://www.pctools.com/free-antivirus/download/. , ukuran : 43,7MB
    Platform/sistem : windows ®Vista 32-bit, 2000 ,XP
    Manual update link : ?

  11. Rising antivirus Free Edition , di http://www.freeav.com/.
    Unduh di , http://down.rising-global.com/for_down/09globalver/RavINTFree.exe , ukuran : 60,92MB
    Platform/sistem : windows 98/Me/NT/2000/XP/Vista (32/64 bit).
    Manual update link : ?

  12. ThreatFire AntiVirus Free Edition, di http://www.threatfire.com.
    Unduh di , http://www.threatfire.com/files/tfinstall.exe , ukuran : 7,81MB
    Platform/sistem : windows Vista, XP,2000, 2003.
    Manual update link : ?

Jadi untuk meminimalkan komputer kita teriinfeksi dan terserang virus ,maka kita harus waspada ketika berinteraksi dengan file dari komputer lain, file dari media penyimpanan dari orang lain, attachment email, pertukaran file jaringan, lubang keamanan komputer kita, dan lain-lain.
Dan tentunya pasanglah antivirus yang memadai dan bisa di update secara berkala. Dengan program antivirus versi gratisan diatas atau pilihan anda lainnya, sudah memadai untuk meng-amankan komputer anda . Untuk lebih baiknya anda bisa menginstall program-program firewall untuk jaringan dan anti spyware dan adware untuk menanggulangi jenis gangguan komputer lain.
Semoga bermanfaat ,
Allahu a’lam
Sumber kutipan : Daffarisq Irfan, Virus dan Antivirus, dll

Tidak ada komentar: