*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Minggu, 09 Mei 2010

Hiburan mengatasi kepenatan

Nikmatilah setiapwaktu anda. Bersikap optimis pada kebaikan adalah awal dari kekuatan diri. Kesulitan adalah awal dari kebaikan dan penderitaan adalah awal dari ketenangan. Ingatlah bahwa musim dingin adalah awal dari musim semi. Hiburlah diri anda.
Dr Ibrahim Elfiky, menyatakan bahwa hiburan memiliki kekuatan terapi yang luar biasa. Ia menjauhkan anda dari tekanan hidup sehari-hari serta membawa anda pada ketenangan dan kebahagiaan.
Setiap orang dalam segala lapisan usia pantas mendapatkan hiburan, walaupun mungkin jenis hiburannya bisa berlainann. Coba hidarkan , pernyataan, bahwa kita tidak cukup punya waktu untuk menyelesaikan tugas pekerjaan, apalagi harus melakukan kegiatan hiburan.

Sobat, ada seorang peneliti dari Swedia , menyatakan bahwa, orang-orang yang menyibukkan diri dengan kegiatan hiburan yang disukai , tidak akan mengalami gangguan jiwa. Peluang mereka lebih sehat jauh lebih besar.

James F Materson dalam Mencari Hakikat Diri , menyatakan bahwa jika tidak ada hiburan, aku tidak dapat berpikir dengan baik. Dan aku tidak akan mendapatkan kesuksesan ini.
Majalah Readers Digest ,menulis bahwa kegiatan hiburan membuat orang merasa bahagia dan dapat mengendalikan hidupnya. Hiburan membantu meraih keberhasilan.

Saudarakau ,orang yang terlalu sibuk hingga tidak punya waktu untukmelakukan hiburan akan rentan menderita sakit fifikmaupunkejiwaan. Dan akan mudah marah,baik yang dilampiaskan kepada orang lain maupun yang disembunyikan dalam hati. Akan terlhat gugup, cemas dan hanya memikirkan pekerjaan,baik ketika berada dalam jam kerja ataupun pada hari liburan.

Saudaraku, kesibukan pekerjaan dan istirahat adalah dua sisi mata uang. Dengan bekerja , maka anda mencapai sesuatu,berkembang dan maju.
Sementara itu dalam istirahat sembari menyalurkan kegemaran, anda akan merasakan ketenangan dan kedamaian jiwa yang membantu anda mencapai prestasi terabaik. Kondisi ini tentu memmeliahara kesehatan anda.

Pilihlah dan lakukanlah hiburan anda yang terbaik. Yakinlah bahwa anda akan merasa bahagia dengan keputusan anda.

Saudaraku,ingatlah bahwa Rasulullah pun mempunyai hiburan favorit yang selalu dia lakukan pada setiap mengahdapi kesulitan dan kesedihan yang mendera. Hiburan terbaik itu adalah shalat.

Shalat adalah rahmat Allah yang sangat besar, jadikanlah shalat sebagai hiburan ketika anda mengalami kesedihan maupun kepenatan.
Sebagaimana Hudzaifah ra berkata, bahwa Apabila Rasulullah SAW mengalami kesulitan , maka beliau segera melaksanakan shalat (Hr Ahmad –Abu Dawud).

Dengan hiburan yang baik, Orang akan memiliki kecenderungan sikap mental positif seperti lapang dada, perasaan gembira, optimistis memiliki daya tahan tubuh dan system pemulihan tubuh yang prima . Walhasil, ”Kesembuhan datang lebih cepat,” ujar Cole sebagaimana yang dilansir Web MD Health April 2002.

Sementara , seseorang yang penat pikirannya akan lebih mudah berfikiran negatif, seluruh system energy tubuh orang yang berfikir negatif tersebut akan menyerap energy buruk yang bersifat destruktif atau merusak , dan memancarkannya kembali ke seluruh tubuhnya dan lingkungan sekitarnya.dalam foto Kirlian, orang yang sering berfikir negative, stress, maupun depresi memancarkan aura yang redup, atau keabu-abuan.Sementara orang yang sedang berfikir positif dengan atau tanpa ia sadari sebenarnya ia sedang menyerap dan kemudian memancarkan kembali energy baik yang bersifat konstruktif yang jelas baik untuk kesehatan.

Pikiran dan perasaan yang rileks , menjadikan pancarkan yang memberi dampak pada alam sekitar apalagi tentunya diri kita sendiri, fikiran dan perasaan positif menghasilkan gelombang energi konstruktif yang dapat memberikan dampak positif pula bagi yang bersangkutan dan lingkungan sekitarnya .
Sebaliknya fikiran negatif memancarkan energi bersifat destruktif yang kurang baik bagi kesehatan, dan berdampak kurang baik bagi diri sendiri dan lingkungan.

Allahu a'lam


Sumber : Quwwat al Tafkir, Dr Ibrahim Elfiky, Akbar Kuspriadi GMR, http://kriyasemes-tafoundation.blogspot.com

Tidak ada komentar: