*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Selasa, 29 Desember 2009

tips praktis Merawat Kulkas

Hampir di setiap rumah terdapat kulkas. Yap, piranti yang satu ini memang sudah menjadi kebutuhan dasar di dapur. Pasalnya, kulkas merupakan solusi paling tepat bagi mereka yang tak punya waktu setiap hari ke pasar untuk untuk sekedar membeli daging dan sayur-sayuran.
Lantaran dipakai setiap hari, tentu kulkas bisa menjadi kotor. Bahkan bisa juga menyebarkan bau tidak sedap yang ditimbulkan oleh aneka bahan mentah yang tersimpan di sana.

Oleh karena itu, ada beberapa langkah / tips perawatan yang bisa dilakukan secara periodik pada kulkas. Hal ini perlu dilakukan agar kulkas awet dan bisa bekerja secara optimal. Langkah-langkah tersebut antara lain adalah:

1. Membersihkan dinding bagian dalam minimal sebulan sekali agar tidak menimbulkan bau tidak sedap.

2. Membersihkan bagian belakang (kompresor) dari debu.
Sebelum dibersihkan, sebaiknya cabut kabel dari stop kontak terlebih dulu.

3. Bersihkan bagian luar kulkas agar untuk menjaga penampilan luarnya.

4. Jangan mencungkil bunga es dengan benda yang tajam karena akan merusak evaporator. Untuk mencairkan bunga es, Anda cukup mematikan aliran listrik atau menekan tombol agar bunga es mencair.

5. Usai dibersihkan, atur suhu secara benar, yaitu medium untuk freezer dan minimum atau maksimum untuk refrigerator. Hal ini perlu karena kalau suhu pada freezer diatur maksimum, maka refrigerator akan berkurang dinginnya.

6. Setelah kulkas selesai dibersihkan, jangan langsung mengisinya dengan barang. Biarkan suhu dingin di dalamnya stabil terlebih dulu (sekitar 20-30 menit) baru setelah itu mengisinya.

7. Jangan pernah menaruh makanan yang masih panas ke dalam kulkas (contohnya agar-agar) karena akan membuat kompresor bekerja keras.

8. Agar kulkas tahan lama dan mampu mendinginkan dengan sempurna, jangan pernah menaruh kulkas dekat dengan sumber panas seperti halnya kompor.

9. Jika kulkas diletakkan di kitchen set, berikan ruang masing-masing 5 cm untuk kestabilan sirkulasi udara di kulkas agar dinginnya maksimal.

semoga bermanfaat

Source: Klasika Kompas 26 Maret 2008http://kumpulantipspilihan.blogspot.com




Tidak ada komentar: