*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Rabu, 16 Juli 2008

Tips Merawat Laptop anda

Harga laptop kini semakin terjangkau, bukan lagi merupakan barang mewah bergengsi, tetapi sudah mulai menjadi barang kebutuhan kerja. Bahkan dikalangan mahasiswa diluar bidang elektronik pun , sudah familiar dengan laptop.
Apalagi dengan hadirnya fasilitas internet nirkabel (Wi-Fi) yang disediakan free di kampus-kampus mereka. Seakan laptop sudah menjadi kebutuhan sebagaimana kebutuhan mereka akan buku kuliah.Kemajuan ini patut disyukuri. Walaupun demikian , laptop termasuk barang kebutuhan yang tidak murah juga, disamping kegunaanya yang vital. Ada perlunya kita berbagi tips , agar bisa merawat barang berharga ini lebih optimal penggunaanya

Beberapa tips perawatan yang bisa anda jadikan referensi ,


  1. Jangan membuka terlalu banyak program (tutup kembali bila sudah tidak digunakan ) dan kurangi pemakaian external devices seperti USB flash disk, PC card, memory card dan sejenisnya (atau cabut kembali ada baiknya battery baru di-charge jika sudah benar-benarhabis (runout) dan segera matikan bila battery sudah penuh.

  2. Gunakan lapisan plastik pelindung yang ditempelkan ke badan laptop untuk menutupi bagian-badan laptop (bagian atas/penutup laptop dan bagian di sekeliling keyboard) yang terbuat dari plastik adalah bagian rentan goresan. Ada toko laptop yang sudah diberi fasilitas plastik penutup sebagai bonus. Bagi laptop yang belum dilapisi , anda bisa membeli plastik pelindung itu.

  3. Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk.Seperti di kasur atau sofa yang empuk, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam di dalam sofa. Ini dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop dan menjadikan laptop Anda overheat.

  4. Jangan bawa laptop di dalam tas yang campur penuh berisi barang-barang. Laptop bisa terjepit, tertekan barang-barang tersebut (buku dsb), hal ini akan memperbesar peluang tergoresnya badan laptop.

  5. Hindari menaruh laptop diruang yang panas atau lembab misalnya menaruh laptop didalam mobil dibawah terik sinar matahari atau meletakkan minuman didekat laptop. Sisa-sisa air/makanan yang tertumpah akan melekat didalam sirkuit dan menimbulkan karat yang bisa mengurangi kinerja laptop .

  6. Merawat Fisik laptop , jangan menaruh beban berat di atas laptop, menumpuk dengan buku tebal , maupun hal-hal lain yang memberikan tekanan pada laptop. Tekanan pada bagian atas laptop akan menyebabkan goresan permanen pada layar LCD laptop anda.

  7. bila anda bepergian dengan bis , atau pesawat atau angkutan lainnya, jangan taruh laptop anda di bagasi dan bercampur dengan tas-tas lain. Kemungkinan laptop anda tergencet-gencet tas lain selalu ada.

  8. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop. Kadangkala seringkali kita meletakkan kertas-kertas kerja di atas keyboard laptop, kemudian menutup laptopnya. Hal ini berisiko layar tergores menjadi besar.

  9. Gunakan tas khusus untuk laptop anda dan terpisah dari tas barang-barang lainnya. Walaupun lebih merepotkan, namun itu lebih aman.

  10. Setelah makan atau minum, jangan meletakkan makanan atau minuman yang mengandung cairan di didekat atau disekitar laptop. Cairan yang tertumpah kemudian masuk ke keybor laptop bisa menyebabkan kerusakan pada laptop anda.

  11. Jangan bawa laptop anda , bila anda berada dalam bis maupun kereta yang penuh. Bagi yang pulang pergi naik kendaraan yang penuh, sebaiknya laptopnya jangan dibawa, karena berisiko tergencet juga alasan kemanan.

  12. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet.Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki

  13. Hindarkan untuk berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri. Bawa saja ke ahlinya bila ada masalah dalam laptop anda.

  14. lakukan maintenance setidaknya 6 bulan sekali dengan menghubungkan authorized service centre terdekat.

  15. Bacalah buku manual laptop anda dengan teliti karena seluruh sifat , kinerja, dan cara perawatan tercantum dengan jelas dibuku manual.

Sumber : dari beberapa sumber bacaan



Tidak ada komentar: