Sobat, yg lalu kita ulas
ttg perawatan rutin kendaraan. Biaya
perawatan hrs diperhitungkan sebelum membeli kendaraan. Dg perawatan yg baik mk
kendaraan akan setia membantu kita dg optimal, bukan malah membebani keuangan
kita. Nah tahap ketiga adl memilih bengkel tempat kita melakukan perawatan yg optimal sesuai dg
kemampuan kita.
Untuk
mencari bengkel umum
yg pas ,teknisi yg peduli, maka komunikasi jadi kunci. Saat yg paling tepat cari bengkel adalah ketika mobil anda belum membutuhkan
jasa mereka. Jadi proses hunting
bisa lebih sabar, teliti dan cermat. Mulailah dg hasil rekomendasi kawan, , kolega, ttg bengkel mana yg memuaskan layanannya.
Ada beberapa faktor yg bisa anda jadikan referensi saat memilih sebuah bengkel utk perawatan kendaraan kesayangan adalah sebagai berikut : (semoga bermanfaat)
Ada beberapa faktor yg bisa anda jadikan referensi saat memilih sebuah bengkel utk perawatan kendaraan kesayangan adalah sebagai berikut : (semoga bermanfaat)
Lokasi Bengkel Motor, untuk melakukan perawatan kendaraan
motor dibengkel motor, mulailah memeilih
lokasi
bengkel yg terdekat dg tempat tinggal anda. Ini dimaksudkan untuk memudahkan pengawasan dan mengontrol kondisi kendaraan anda. Dan jangan lupa ada semacam adat kebiasaan
bhw penduduk disekitar bengkel lebih disegani pemilik bengkel daripada yg
tinggal di lokasi yg jauh dengan lokasi bengkelnya. Atau paling tidak bengkel
akan berpikir lebih ulang apabila ia punya maksud curang kpd pemilik kendaraan
yg berlokasi disekitar bengkel. Bila bengkel tahu bahwa anda penduduk lokal
disitu, jadi gak beranilah bengkel berbuat aneh-aneh.
Pelayanan. ini juga termasuk faktor utama yang menjadi pilihan. Pelayanan disini lebih dititik beratkan pd bagaimana bengkel bisa dipercaya pelanggan. Disamping pelayanan lainnya seperti kelengkapan peralatan, service yang cekatan dst. Salah satu faktor yg mendukung kesuksesan palayanan adalah fasilitas bengkel.
Memang sih ada beda fasilitas yg diberikan sebuah bengkel resmi dengan bengkel umum. Tetapi ada juga loh begkel umum yg lengkap gak beda jauh dengan bengkel resmi. Secara umum fasilitas yang ada dibengkel resmi lengkap misal ruang tunggu yang berAC, bersih, toilet bersih, dan pastinya jenis perawatan kendaraan yg lebih bervariatif sesuai dengan permintaan para customer.
Pelayanan. ini juga termasuk faktor utama yang menjadi pilihan. Pelayanan disini lebih dititik beratkan pd bagaimana bengkel bisa dipercaya pelanggan. Disamping pelayanan lainnya seperti kelengkapan peralatan, service yang cekatan dst. Salah satu faktor yg mendukung kesuksesan palayanan adalah fasilitas bengkel.
Memang sih ada beda fasilitas yg diberikan sebuah bengkel resmi dengan bengkel umum. Tetapi ada juga loh begkel umum yg lengkap gak beda jauh dengan bengkel resmi. Secara umum fasilitas yang ada dibengkel resmi lengkap misal ruang tunggu yang berAC, bersih, toilet bersih, dan pastinya jenis perawatan kendaraan yg lebih bervariatif sesuai dengan permintaan para customer.
Kualitas Spare Part Motor Yang Diberikan. Sudah barang tentu bengkel moter resmi kualitas spare-partnya lebih bergaransi. Memang seh harga untuk spare part asli ini lebih mahal karena mereka hanya menjual parts rekomendasi resmi pabrikan . Disamping itu bengkel resmi umumnya tidak menyediakan alternatif parts subtitusi yg lebih miring harganya. Pokoknya konsumen bisa komplain apabila spare parts nya ternyata aspal.
Untuk bengkel umum non resmi, umumnya juga menyediakan
parts second line, artinya parts yg bukan rekomendasi resmi dari pabrikan.
Secara kualitas bisa jadi tidak beda jauh dg parts rekomendasi pabrik, namun
ada baiknya kita lebih teliti dalam menggunakan parts yg bukan rekomendasi
pabrikan resmi, walaupun dengan harga yang lebih miring.
Pilih Montir. Untuk montir dibengkel resmi tentu lebih terlatih - terdidik bahkan bersertifikat. Namun itu belum menjamin bahwa montir tsb punya pengalaman lapangan yang lebih mumpuni, terutama untuk kendaraan kita yg keluaran tahun lama. Sertifikasi keahlian memang tidak selalu berbanding lurus dgn tingkat kepedulian atau empati thd pelanggan. Keramahan dan kepedulian kpd pelanggan inilah yg kadangkala menjadi nilai jual bengkel umum dalam menjaring kesetiaan pelanggan.
Yang perlu diperhatikan juga, bahwa sebelum
membawa mobil ke bengkel pastikan dulu secara garis besar apa yang bermasalah. Pastikan anda bisa
menggambarkan gejala-gejala sejelas dan setepat mungkin , bila perlu cari referensi seputar keluhan sejenis,
bisa dari buku, majalah atau internet. Bila anda sudah mendapatkan gambaran umum
seputar masalah tersebut , berarti anda sudah punya modal referensi tentang
kerusakan dan skema arah perbaikannya. Hal ini untuk menghindari salah diagnosa
atau bahkan dibohongi pihak bengkel karena dianggap kita awam dg problem
kerusakan tsb.
Saat diagnosis, anda bisa mengajak kawan untuk r berdiskusi dan mengecek bersama mekanik bengkel . Hal ini dilakukan untuk mendapatkan second opinion , bila kita kurang sepaham dg penjelasan mekanik. Perhatikan benar penjelasan mekanik tentang problem mobil anda. Apakah sesuai atau bahkan bertentangan dengan beberapa informasi yang telah anda kumpulkan. Namun upayakan untuk tidak menampakkan sok tahu apa problem mobil anda. Biarkan mekanik itu terlatik untuk melakukannya , sambil mengawasi tingkat kejujurannya dalam olah analisis problem.
Setelah mencapai titik temu dalam diskusi , kita bisa minta estimasi biaya perbaikan yang mendekati. Lebih-kurang sedikit, yaaa.. bisa ditolerir. Tapi tolak bila harga yang harus dibayar sangat jauh lebih mahal dari perkiraan semula.
Apabila sudah sepakat seputar besaran biaya, maka untuk
pengawasan selanjutnya , mintalah bengkel untuk mengabarkan setiap
tambahan pekerjaan/biaya dan dikerjakan berdasarkan persetujuan anda. Namun bila
tidak puas dengan perkiraan harga yg harus dibayar, cari second opinion, cari referensi bengkel lain. Apabila cocok ya teruskan.
Saat
mau mengambil kendaraan yang selesai direparasi, coba amati apakah pihak bengkel ada inisiatif untuk
memperlihatkan parts yg diganti , atau justru anda yg harus meminta untuk
diperlihatkan parts yang diganti itu. Bila anda harus minta atau bengkel tidak
berinisiatif untuk memperlihatkan. Lain kali tidak usah kembali ke bengkel itu
lagi.
Bila problem tidak juga lenyap setelah kunjungan kedua, anda mungkin harus bicara dengan atasannya. Bila tidak berhasil, hubungi pembuatnya atau representative-nya di tingkat regional. Jalur legal adalah alternatif terakhir. Biasanya problem bisa diselesaikan di tingkat dealer atau regional.
Biaya
Peratawan Kendaraan . Ini
juga menjadi salah satu faktor dalam memilih kendaraan kita untuk aksi perawatan dan pemeliharaan . Seakan sudah jadi keumuman walaupun tidak sepenuhnya pas
, bahwa bila biaya service di bengkel resmi akan lebih mahal karena
bengkel resmi tersebut memberikan kelebihan dalam hal pelayanan dan fasilitas
untuk para pemilik kendaraan. Namun bengkel non resmi juga penya kelebihan tersendiri
dalam hubungan personal yang lebih kekeluargaan dengan pelanggan setianya. Agaknya,
kita perlu perhatikan bahwa penampilan sebuah
bengkel tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas pekerjaan dan layanannya.
Agar kendaraan kita
bisa dirawat dengan baik , maka perlu mekanik yang punya pemahaman yang baik
tentang karakteristik kendaraan kita. Untuk itu anda dianjurkan untuk
tidak menggonta-ganti bengkel atau singkatnya setia kepada bengkel langganan. Penanganan kerusakan
atau perawatan kendaraan oleh bengkel yang berbeda-beda akan memberikan dampak
yang kurang baik, karena beda makanik akan beda style atau seni
penanganannya. Memang perawatan kendaraan tidak melulu bahasan teknis
permesinan namun style atau seni mekanik dalam proses memperbaikinya juga
berperan . Jangan sampai mobil Anda malah jadi compang-camping,
lantaran onderdil di dalamnya belang-belang dan diutak-atik oleh tangan banyak orang.
Bengkel langganan akan
lebih mengenal karakteristik permasalahan pada kendaraan pelanggannya. Anda pun
jadi lebih mengenal kinerja para mekanik bengkel tersebut. Jadi, sebaiknya Anda
tetapkan saja satu bengkel sebagai bengkel langganan. Bengkel langganan bisa
hapal karakteristik kendaraan kita dan permasalahannya. Namun, sangat penting
mengetahui bahwa hak-hak Anda sebagai konsumen untuk mendapatkan bengkel dan
teknisi yang berkualitas dan peduli akan lebih mudah terpenuhi.
Selain
itu, jangan ragu untuk berkomunikasi dengan mekanik, manajer atau pemilik
bengkel. Komunikasi yang baik
dan bersahabat akan membuat kita lebih tahu apakah mereka bisa dipercaya atau
tidak, punya motivasi untuk jujur atau cenderung menipu atau menyembunyikan
sesuatu yang tidak jujur. Disamping sebagai penjajakan kita untuk mengetahui sejauh mana kepedulian mereka
kepada pelanggan, sekaligus seni kemampuan
mereka dalam dunia permobilan.
Semoga bermanfaat
Allahu a’lam
Sumber : motormobile.net , northeist.wordpress.com , Motor kita, oto2.wordpress.com , forum otomotif , dll
Tidak ada komentar:
Posting Komentar