*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 02 Januari 2014

Tips memilih bengkel kendaraan kita (2 dr 2)


Sobat, yg lalu kita ulas  ttg perawatan rutin kendaraan. Biaya perawatan hrs diperhitungkan sebelum membeli kendaraan. Dg perawatan yg baik mk kendaraan akan setia membantu kita dg optimal, bukan malah membebani keuangan kita. Nah  tahap ketiga adl memilih  bengkel tempat  kita melakukan perawatan yg optimal sesuai dg kemampuan kita.
Untuk mencari bengkel umum yg pas ,teknisi yg peduli, maka komunikasi jadi kunci. Saat yg paling tepat cari bengkel adalah ketika mobil anda belum membutuhkan jasa mereka. Jadi proses hunting  bisa lebih sabar, teliti dan cermat. Mulailah dg hasil rekomendasi kawan, , kolega, ttg bengkel mana yg memuaskan layanannya.
Ada beberapa faktor yg bisa anda jadikan referensi saat memilih sebuah bengkel utk perawatan kendaraan kesayangan adalah sebagai berikut : (semoga bermanfaat)

Lokasi Bengkel Motor, untuk melakukan perawatan kendaraan motor dibengkel motor, mulailah memeilih lokasi bengkel yg terdekat dg tempat tinggal anda. Ini dimaksudkan untuk memudahkan pengawasan dan mengontrol kondisi kendaraan anda. Dan jangan lupa ada semacam adat kebiasaan bhw penduduk disekitar bengkel lebih disegani pemilik bengkel daripada yg tinggal di lokasi yg jauh dengan lokasi bengkelnya. Atau paling tidak bengkel akan berpikir lebih ulang apabila ia punya maksud curang kpd pemilik kendaraan yg berlokasi disekitar bengkel. Bila bengkel tahu bahwa anda penduduk lokal disitu, jadi gak beranilah bengkel berbuat aneh-aneh.

Pelayanan.
ini juga termasuk faktor utama yang menjadi pilihan. Pelayanan disini lebih dititik beratkan pd bagaimana bengkel bisa dipercaya pelanggan. Disamping pelayanan lainnya seperti kelengkapan peralatan, service yang cekatan dst. Salah satu faktor yg mendukung kesuksesan palayanan adalah fasilitas  bengkel.
Memang sih ada beda fasilitas yg diberikan sebuah bengkel resmi dengan bengkel umum.  Tetapi ada juga loh begkel umum yg lengkap gak beda jauh dengan bengkel resmi. Secara umum fasilitas yang ada dibengkel resmi lengkap misal ruang tunggu yang berAC, bersih, toilet bersih, dan pastinya jenis perawatan kendaraan yg lebih bervariatif sesuai dengan permintaan para customer.

Kualitas Spare Part Motor Yang Diberikan.
Sudah barang tentu bengkel moter resmi kualitas spare-partnya lebih bergaransi. Memang seh harga untuk spare part asli ini lebih mahal karena mereka hanya menjual parts rekomendasi  resmi pabrikan . Disamping itu bengkel resmi umumnya tidak menyediakan alternatif parts subtitusi yg lebih miring harganya. Pokoknya konsumen bisa komplain apabila spare parts nya ternyata aspal.
Untuk bengkel umum non resmi, umumnya juga menyediakan parts second line, artinya parts yg bukan rekomendasi resmi dari pabrikan. Secara kualitas bisa jadi tidak beda jauh dg parts rekomendasi pabrik, namun ada baiknya kita lebih teliti dalam menggunakan parts yg bukan rekomendasi pabrikan resmi, walaupun dengan harga yang lebih miring.   

Pilih Montir.
Untuk montir dibengkel resmi tentu lebih  terlatih - terdidik bahkan bersertifikat.  Namun itu belum menjamin bahwa montir tsb punya pengalaman lapangan yang lebih mumpuni, terutama untuk kendaraan kita yg keluaran tahun lama. Sertifikasi keahlian memang tidak selalu berbanding lurus dgn tingkat kepedulian atau empati thd pelanggan.  Keramahan dan kepedulian kpd pelanggan  inilah yg kadangkala menjadi nilai jual bengkel umum dalam menjaring kesetiaan pelanggan.

Yang perlu diperhatikan juga, bahwa sebelum membawa mobil ke bengkel pastikan dulu secara garis besar apa yang bermasalah. Pastikan anda bisa menggambarkan gejala-gejala sejelas dan setepat mungkin , bila perlu cari referensi seputar keluhan sejenis, bisa dari buku, majalah atau internet. Bila anda sudah mendapatkan gambaran umum seputar masalah tersebut , berarti anda sudah punya modal referensi tentang kerusakan dan skema arah perbaikannya. Hal ini untuk menghindari salah diagnosa atau bahkan dibohongi pihak bengkel karena dianggap kita awam dg problem kerusakan tsb.

Saat diagnosis,
anda bisa mengajak kawan untuk r berdiskusi dan mengecek bersama mekanik bengkel . Hal ini dilakukan untuk mendapatkan second opinion , bila kita kurang sepaham dg penjelasan mekanik. Perhatikan benar penjelasan mekanik tentang problem mobil anda. Apakah sesuai atau bahkan bertentangan dengan beberapa informasi yang telah anda kumpulkan. Namun upayakan untuk tidak menampakkan sok tahu apa problem mobil anda. Biarkan mekanik itu terlatik untuk melakukannya , sambil mengawasi tingkat kejujurannya dalam olah analisis problem.

Setelah mencapai titik temu dalam diskusi , kita bisa minta  estimasi biaya perbaikan yang mendekati. Lebih-kurang sedikit, yaaa.. bisa ditolerir. Tapi tolak bila harga yang harus dibayar sangat jauh lebih mahal dari perkiraan semula.

Apabila sudah sepakat seputar besaran biaya, maka untuk pengawasan selanjutnya , mintalah bengkel untuk mengabarkan setiap tambahan pekerjaan/biaya dan dikerjakan berdasarkan persetujuan anda. Namun bila tidak puas dengan perkiraan harga yg harus dibayar, cari second opinion, cari referensi bengkel lain. Apabila cocok ya teruskan.

Saat mau mengambil kendaraan  yang selesai direparasi, coba amati apakah pihak bengkel ada inisiatif untuk memperlihatkan parts yg diganti , atau justru anda yg harus meminta untuk diperlihatkan parts yang diganti itu. Bila anda harus minta atau bengkel tidak berinisiatif untuk memperlihatkan. Lain kali tidak usah kembali ke bengkel itu lagi.

Bila problem tidak juga lenyap setelah kunjungan kedua, anda mungkin harus bicara dengan atasannya. Bila tidak berhasil, hubungi pembuatnya atau representative-nya di tingkat regional. Jalur legal adalah alternatif terakhir. Biasanya problem bisa diselesaikan di tingkat dealer atau regional.

Biaya Peratawan Kendaraan . Ini juga menjadi salah satu faktor dalam memilih kendaraan kita untuk aksi  perawatan dan pemeliharaan . Seakan sudah jadi keumuman walaupun tidak sepenuhnya pas , bahwa bila biaya service di bengkel resmi akan lebih mahal karena bengkel resmi tersebut memberikan kelebihan dalam hal pelayanan dan fasilitas untuk para pemilik kendaraan. Namun bengkel non resmi juga penya kelebihan tersendiri dalam hubungan personal yang lebih kekeluargaan dengan pelanggan setianya. Agaknya, kita perlu perhatikan bahwa penampilan sebuah bengkel tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas pekerjaan dan layanannya.

Agar kendaraan kita bisa dirawat dengan baik , maka perlu mekanik yang punya pemahaman yang baik tentang karakteristik kendaraan kita. Untuk itu anda dianjurkan untuk tidak menggonta-ganti bengkel atau singkatnya setia kepada bengkel langganan. Penanganan kerusakan atau perawatan kendaraan oleh bengkel yang berbeda-beda akan memberikan dampak yang kurang baik, karena beda makanik akan beda style atau seni penanganannya. Memang perawatan kendaraan tidak melulu bahasan teknis permesinan namun style atau seni mekanik dalam proses memperbaikinya juga berperan . Jangan sampai mobil Anda malah jadi compang-camping, lantaran onderdil di dalamnya belang-belang dan diutak-atik oleh tangan banyak orang.

Bengkel langganan akan lebih mengenal karakteristik permasalahan pada kendaraan pelanggannya. Anda pun jadi lebih mengenal kinerja para mekanik bengkel tersebut. Jadi, sebaiknya Anda tetapkan saja satu bengkel sebagai bengkel langganan. Bengkel langganan bisa hapal karakteristik kendaraan kita dan permasalahannya. Namun, sangat penting mengetahui bahwa hak-hak Anda sebagai konsumen untuk mendapatkan bengkel dan teknisi yang berkualitas dan peduli akan lebih mudah terpenuhi.

Selain itu, jangan ragu untuk berkomunikasi dengan mekanik, manajer atau pemilik bengkel. Komunikasi yang baik dan bersahabat akan membuat kita lebih tahu apakah mereka bisa dipercaya atau tidak, punya motivasi untuk jujur atau cenderung menipu atau menyembunyikan sesuatu yang tidak jujur. Disamping sebagai penjajakan kita  untuk mengetahui sejauh mana kepedulian mereka kepada pelanggan, sekaligus seni kemampuan mereka dalam dunia permobilan.

Semoga bermanfaat
Allahu a’lam
Sumber :  motormobile.net , northeist.wordpress.com , Motor kita, oto2.wordpress.com , forum otomotif , dll

Tidak ada komentar: