Ternyata
teknologi desain DKW RT 125 juga dicopi negara-2 timur , ada
Russia, Hongaria , Polandia, Czeko (slovakia) Jepang, juga Italia , Norwegia,
Perancis juga di Jerman sendiri.
Russia. th 1946, Pabrikan motor Moskow dan Kovrov merekonstruksi DKW RT 125 menjadi model beraura khas Russia M-1A Moskva. Sekitar th 1951 pabrik dipindah ke MMVZ (ММВЗ , Minsk Motovelo Zavod ,Минский Мотовелозавод) di Minsk cycle factory Belarus (negara pecahan bekas Uni Sovyet).
Diera 2000an , pabrikan berinovasi dg merilis versi baru model ММВЗ-3.113.5 Lider . Model ini tetap mempertahankan ciri klasik dan menambahkan beberapa fitur modern utk memenuhi perkembangan selera pasar.
Polandia,
Pengaruh model DKW RT 125 juga merambah Polandia. Polandia tertelak berbatasan langsung disebelah timur negara Jerman. Pabrikan motor Polandia The Huta Ludwików (Ludwików Iron Works), didirikan th 1919 di Kielce, awalnya hanya untuk produk mesin pertanian.
Sejak tahun 1938 mulai produksi sepeda motor dengan desain awal mencontoh British Villiers 98 cc mesin . Produk pertama diberi label SHL 98 (SHL : Suchedniowska Huta Ludwików). Model ini sempat diproduksi hingga lebih dari 1.000 unit. Produksi terhenti tahun 1939 karena Jerman menginvasi negeri ini.
Pabrikan SHL berproduksi dari tahun 1938 sampai 1970, kemudian diteruskan oleh KZWM Polmo SHL di Kielce Warsawa.
Setelah
perang dan pendudukan Jerman berakhir , pabrikan
SHL kembali memproduksi sepeda motor. Sebagai negara yang pernah
diporak-porandakan invasi Jerman, Polandia juga mendapat semacan pampasan
perang , antara lain berupa teknologi dan desain motor Jerman DKW RT 125. Model pascaperang pertama
SHL 125 - M02 keluaran tahun 1947 . Model ini
merupakan perpaduan antyara model dan desain lokal SHL dan penambahan dari
model DKW RT 125.
Pabrikan
PZL Psie Pole di Wrocław ,
mendapat tugas sebagai pemasok
perangkat mesin yang juga merupakan fotokopi teknologi DKW RT125 .
Setelah model pertama mendapat respon baik pasar , maka pabrikan SHL merilis model yang lebih baru SHL M03 tahun 1948, dan kemudian SHL M04 1949.
Pada tahun 1948 namanya berubah menjadi apa yang Huta Ludwików KZWM Polmo SHL (Kieleckie Zakłady Wyrobów Metalowych - Kielce Metal Works). Pada tahun 1951 pabrikan di Kielce ditutp. Selanjutnya produksi diambil alih oleh WFM Warsawa dengan menelorkan versi barunya SHL M04 yang berlanjut di, SHL M05 pada tahun 1955.
Italia.
Negara skuter ini ternyata juga terinspirasi dengan model DKW RT 125. Dibawah ini beberapa model yang terinspirasi model legendaris tsb.
Jerman
Tidak terkecuali pabrikan luar Jerman. Didalam negerinya sendiri DKW RT 125 juga banyak mempengaruhi model motor Jerman yang lain .
Ini
model diproduksi NSU pasca perang. Walaupun sebenarnya model ini berdasar
desain tahun 1939,dengan 3 kecepatan 125
cc dan 6,5 BHP. Pada masa pasca perang
model ini populer dikalangan anak muda dan kelas menengah di Jerman . Model ini
termasuk motor favorit masa itu dikalangan mahasiswa , manajer muda , dokter, Pengacara
dan bahkan pegawai negeri sipil.
Triumph
TWN
Pabrikan Triumph didirikan di Coventry, Inggris oleh usahawan Jerman , Siegfried Bettmann pd th 1886, yg awalnya adalah pabrikan sepeda. Satu dekade kemudian ia membangun pabrik Triumph juga di kota kelahirannya, Nuremberg, Jerman. Pabrik di Inggris merilis sepeda motor pertama di tahun 1902 .
Pabrikan Triumph didirikan di Coventry, Inggris oleh usahawan Jerman , Siegfried Bettmann pd th 1886, yg awalnya adalah pabrikan sepeda. Satu dekade kemudian ia membangun pabrik Triumph juga di kota kelahirannya, Nuremberg, Jerman. Pabrik di Inggris merilis sepeda motor pertama di tahun 1902 .
Dengan situasi politik tahun 1929 , Pabrikan di Jerman diwajibkan pemerintah Jerman untuk memakai komponen dalam negeri , sehingga hubungan daengan pabrikan di Inggris semakin renggang. Model di jerman selanjutnya yang diproduksi dengan mesin besutan MAG dan Sachs. Akhirnya pabrikan di Jerman diubah menjadi TWN - Triumph Werke Nürnberg. Sedangkan di Inggris pada tahun 1930 berganti nama menjadi Triumph Motor Company. Pada tahun 1936 divisi sepeda dijual Triumph Cycle Company karena krisis keuangan.
Spesifikasi
mesin klasik Triumph 125 :
Tahun
konstruksi: 1950 - 1957
Berat: 88-101 kg
Kecepatan maks 90 km / jam
Mesin: dua-stroke
Jumlah silinder: 1
Displacement: 123 cm3
Bore x Stroke: 35,3 mm x 62 mm x 2 (Twin-piston)
Berat: 88-101 kg
Kecepatan maks 90 km / jam
Mesin: dua-stroke
Jumlah silinder: 1
Displacement: 123 cm3
Bore x Stroke: 35,3 mm x 62 mm x 2 (Twin-piston)
Kinerja / kecepatan: 6.5 HP / 4800 min-1
Pengendalian: Slot
Gears: 4
Suspensi Depan: Telescopic fork
Suspensi Belakang: Geradwegfederung 1952
ukuran Ban: 2,75 x 19
Pada
tahun 1951, Triumph Cycle Co
Ltd. dijual ke Birmingham
Small Arms Company. Semenjak itu Triumph identik dengan motor Inggris.
Ketenaran
motor Inggris ini merambah hingga Hollywood.Bintang tenar masa itu juga identik
dengan tunggangan kuda besi ini seperti Steve
McQueen, Marlon Brando dan Evel Knievel
dengan Triumph model mengendarai 1.950
Thunderbird 6T di
1953 (film The Wild One),
McQueen diabadikan TR6 ( film The Great
Escape) dan
daredevil nya Evel
dgn T-120 Triumph
Bonneville dan Bonneville 650 dst
Tahun
2009 , pabrikan ini juga merilis ulang verersi klasiknya seperti Bonneville, Bonneville
SE, dan Bonneville T100 . bertenaga engine berpendingin udara,
bahan bakar injeksi 865cc twin paralel. Versi tahun
2009 ini dilihami oleh versi tampilan 70-an. Versi SE telah dipoles mesin dengan tampilan krom khas Triumph sementara
styling T100 berkelir tahun 60-an dan dengan mengusung two tone paint, spoked wheels, fork gaiters
and twin ‘peashooter’ style exhaust silencers.
Dewasa
ini Triumph Motorcycles adalah pabrikan motor Inggris yang besar. Pabrikan ini
telah mengalami pasang surut waktu yang panjang , bahkan pernah kolaps di tahun
1983, namun berhasil berkembang lagi hingga saat ini. Kemampuannya untuk bertahan menjadikannnya ikon sepeda motor yang
berkualitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar