*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Minggu, 12 Januari 2014

Legenda DKW RT125 , inspirator desain (5 dr 8)



Ternyata teknologi desain DKW RT 125 juga dicopi negara-2 timur , ada Russia, Hongaria , Polandia, Czeko (slovakia) Jepang, juga Italia , Norwegia, Perancis juga di Jerman sendiri.

Russia. th 1946, Pabrikan motor Moskow dan Kovrov  merekonstruksi DKW RT 125 menjadi model beraura khas Russia  M-1A Moskva.  Sekitar th 1951 pabrik dipindah ke MMVZ (ММВЗ , Minsk Motovelo Zavod ,Минский Мотовелозавод) di Minsk cycle factory Belarus (negara pecahan bekas Uni Sovyet).

Diera 2000an , pabrikan  berinovasi dg merilis versi baru model  ММВЗ-3.113.5 Lider . Model ini tetap mempertahankan ciri klasik dan menambahkan beberapa fitur modern utk memenuhi perkembangan selera pasar.

Polandia,

Pengaruh model DKW RT 125 juga merambah Polandia. Polandia tertelak berbatasan langsung disebelah timur negara Jerman. Pabrikan motor Polandia The Huta Ludwików (Ludwików Iron Works), didirikan th 1919 di Kielce, awalnya hanya untuk produk mesin pertanian.

 

 

Sejak tahun 1938 mulai produksi sepeda motor dengan desain awal mencontoh  British Villiers 98 cc mesin . Produk pertama diberi label  SHL 98  (SHL  : Suchedniowska Huta Ludwików). Model ini sempat diproduksi hingga  lebih dari  1.000 unit. Produksi terhenti tahun 1939 karena Jerman menginvasi negeri ini. 

 

 

Pabrikan SHL berproduksi  dari tahun 1938 sampai 1970, kemudian diteruskan oleh KZWM Polmo SHL di Kielce Warsawa.

Setelah perang dan pendudukan Jerman berakhir , pabrikan SHL kembali memproduksi sepeda motor. Sebagai negara yang pernah diporak-porandakan invasi Jerman, Polandia juga mendapat semacan pampasan perang , antara lain berupa teknologi dan desain motor Jerman DKW RT 125. Model pascaperang pertama SHL 125 - M02 keluaran tahun  1947 .  Model ini merupakan perpaduan antyara model dan desain lokal SHL dan penambahan dari model DKW RT 125.



Pabrikan PZL Psie Pole di Wrocław , mendapat tugas sebagai pemasok  perangkat mesin yang juga merupakan fotokopi teknologi DKW RT125 .

Setelah model pertama mendapat respon baik pasar , maka pabrikan SHL merilis model yang lebih baru  SHL M03 tahun 1948, dan kemudian SHL M04 1949.

Pada tahun 1948 namanya berubah menjadi apa yang Huta Ludwików KZWM Polmo SHL (Kieleckie Zakłady Wyrobów Metalowych - Kielce Metal Works). Pada tahun 1951 pabrikan di Kielce ditutp.  Selanjutnya produksi diambil alih oleh WFM  Warsawa dengan menelorkan versi barunya SHL M04 yang berlanjut di, SHL M05 pada tahun 1955.

 

Italia.

Negara skuter ini ternyata juga terinspirasi dengan model DKW RT 125. Dibawah ini beberapa model yang terinspirasi model legendaris tsb.

 

 

 

 

 

 

 

Jerman

Tidak terkecuali pabrikan luar Jerman. Didalam negerinya sendiri DKW RT 125 juga banyak mempengaruhi model motor Jerman yang lain .

 


Ini model diproduksi NSU pasca perang. Walaupun sebenarnya model ini berdasar desain tahun 1939,dengan  3 kecepatan 125 cc dan 6,5 BHP.  Pada masa pasca perang model ini populer dikalangan anak muda dan kelas menengah di Jerman . Model ini termasuk motor favorit masa itu dikalangan mahasiswa , manajer muda , dokter, Pengacara dan bahkan pegawai negeri sipil.

Triumph TWN
Pabrikan Triumph didirikan di Coventry, Inggris oleh usahawan Jerman  , Siegfried Bettmann pd th 1886, yg awalnya adalah pabrikan sepeda. Satu dekade kemudian ia membangun pabrik Triumph juga di kota kelahirannya, Nuremberg, Jerman. Pabrik di Inggris merilis sepeda motor pertama di tahun 1902 .


Dengan situasi politik tahun 1929 , Pabrikan di Jerman diwajibkan pemerintah Jerman untuk memakai komponen dalam negeri , sehingga hubungan daengan pabrikan di Inggris semakin renggang. Model di jerman selanjutnya yang diproduksi dengan mesin besutan MAG dan Sachs. Akhirnya pabrikan di Jerman diubah menjadi TWN - Triumph Werke Nürnberg. Sedangkan di Inggris pada tahun 1930 berganti nama menjadi Triumph Motor Company. Pada tahun 1936 divisi sepeda dijual Triumph Cycle Company karena krisis keuangan.
Spesifikasi mesin klasik Triumph 125 :
Tahun konstruksi:     1950 - 1957
Berat:                    88-101 kg
Kecepatan maks       90 km / jam
Mesin:                    dua-stroke
Jumlah silinder:        1
Displacement:          123 cm3
Bore x Stroke:         35,3 mm x 62 mm x 2 (Twin-piston)

Kinerja / kecepatan: 6.5 HP / 4800 min-1
Pengendalian:                    Slot
Gears:                             4
Suspensi Depan:       Telescopic fork
Suspensi Belakang:   Geradwegfederung 1952
ukuran Ban:            2,75 x 19

Pada tahun 1951, Triumph Cycle  Co Ltd. dijual ke Birmingham Small Arms Company. Semenjak itu Triumph identik dengan motor Inggris.
Ketenaran motor Inggris ini merambah hingga Hollywood.Bintang tenar masa itu juga identik dengan tunggangan kuda besi ini seperti Steve McQueen, Marlon Brando dan Evel Knievel dengan Triumph model mengendarai 1.950 Thunderbird 6T di 1953  (film The Wild One), McQueen diabadikan TR6 ( film The Great Escape)  dan daredevil nya Evel dgn T-120 Triumph Bonneville  dan Bonneville 650 dst




Tahun 2009 , pabrikan ini juga merilis ulang verersi klasiknya seperti Bonneville, Bonneville SE, dan Bonneville T100 . bertenaga engine berpendingin udara, bahan bakar injeksi 865cc twin paralel. Versi tahun 2009 ini dilihami oleh versi tampilan 70-an. Versi SE telah dipoles mesin dengan tampilan krom khas Triumph sementara styling  T100 berkelir  tahun 60-an dan dengan mengusung two tone paint, spoked wheels, fork gaiters and twin ‘peashooter’ style exhaust silencers.




Dewasa ini Triumph Motorcycles adalah pabrikan motor Inggris yang besar. Pabrikan ini telah mengalami pasang surut waktu yang panjang , bahkan pernah kolaps di tahun 1983, namun berhasil berkembang lagi hingga saat ini.  Kemampuannya  untuk bertahan  menjadikannnya ikon sepeda motor yang berkualitas.


Allahu a’lam

Bersambung......

sumber :  .motorcycleclassics.com , forum.woodenboat.com, harleyhummer.com/, vmpk.fi/forum,meisterdinger.de/, wikipedia, dll

Tidak ada komentar: