*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 21 November 2013

Mengapa perlu menghargai diri sendiri (2 dr 2)

Meningkatkan pemahaman ttg  harga diri berarti bahwa kita akan belajar untuk menjadi teman terbaik bagi diri sendiri , juga keluarga atau lingkungan terdekat. Ini berarti anda merasa baik  dg kondisi dan realistis tentang diri anda dan orang lain.  Dengan berpikir lebih positif tentang kondisi dan realistis terhadap diri sendiri diri, mk kita dapat mengembangkan bakat dan kemampuan kita , menghargai  diri sendiri, percaya diri dan mencintai  diri  sendiri . Saat kita berupaya lebih toleran terhadap diri sendiri , mk sebenarnya kita akan lebih memandang secara lebih realistis  tentang orang lain.
Pengalaman negatif dan hubungan yg bermasalah akan  menurunkan citra (harga diri) , dan pengalaman positif berakibat sebaliknya . Tidak ada peristiwa tunggal atau orang yg menentukan dinamisasi tingkat harga diri , namun dari serentetan banyak peristiwa yg berkembang dari waktu ke waktu.


Jika kita memandang harga diri terlalu rendah , maka kita lebih banyak akan memandang negatif ttg diri. Kita akan lebih banyak terfokus pada kelemahan diri dan juga kesalahan yang telah kita buat. Salanjutnya akan timbul perasaan atau pikiran untuk menyalahkan diri sendiri, sehingga kurang fokus pada tindakan perbaikan.

Terlalu banyak pirkiran negatif tentang diri sendiri , justru akan  menurunkan ketahanan dan kemampuan untuk mengatasi persoalan dan tekanan hidup. Hal ini dapat menempatkan risiko lebih tinggi terkena masalah kesehatan mental seperti gangguan makan, depresi atau fobia sosial, yang terkait erat dengan mood dan kepercayaan diri. Harga diri yang rendah dapat dipicu atau diperburuk oleh ada masalah kesehatan mental, seperti gangguan panik atau skizofrenia.

Keyakinan negatif tentang diri akan memudahkan timbulnya prasangka , dimana biasanya prasangka semakin mengabaikan beberapa fakta sebenarnya dan justru lebih menerima opini orang lain .

Disisi lain orang yang terlalu over dalam memandang citra atau harga dirinya , maka ia akan berupaya untuk menolak kenyataan bahwa kelemahan atau kesalahan itu juga ada dalam dirinya, dan ia berupaya untuk mengalikan hal itu dengan menyalahkan orang lain.

Jadi , kegagalan kita  untuk memahami diri sendiri , akan menjadi sumber kegagalan dalam mengembangkan aspek-aspek yang lebih luas kehidupan. Seseorang yang merasa tidak mampu, merasa rendah, tidak cocok atau sebaliknya merasa benar, terbaik, mampu, terkenal,  dst. Hal –hal seperti ini seakan menjadi informasi yang biasa bagi diri sehingga bisa mengambil keputusan yang tidak tepat dan sesuai dengan kondisi diri kita sendiri.

Dengan berpikir positif, kita akan lebih mudah dan lebih luas dalam memaknai, apapun pengalaman itu, entah tentang keberhasilan ataupun serentetan kegagalan yang dialami sekecil apapun itu..yang terpenting bukan terletak pada keberhasilan atau  kegagalan. Namun yang terpenting adalah mencoba menggali makna dalam tiap kejadian untuk dijadikan pelajaran tentang kehidupan ini dan motivasi berusaha untuk bisa berbuat lebih baik lagi dan menggunakan pengalaman tersebut untuk melakukan perbaikan diri. .

Jika Anda ingin meningkatkan kepercayaan akan harga diri Anda , berikut adalah beberapa langkah untuk mulai memberdayakan diri sendiri:
·         Try to stop thinking negative thoughts about yourself. Cobalah anda berhenti terlalu memikirkan hal-hal  negatif tentang diri Anda . Jika terlalu  berfokus pada kekurangan Anda , maka imbangilah dengan mulai berpikir tentang aspek positif yg ada pada dari diri Anda . Setiap orang pasti punya kekurangan,  tidak ada yang sempurna, kita tidak bisa menyia-nyiakan hidup dengan berfokus pada hal-hal negatif. Mengubah pola pikir Anda dari negatif ke pemikiran positif akan membuat Anda lebih fokus pada hal-hal positif yang ada di diri Anda. Ini akan membuat Anda secara pasti menjadi mudah menghargai diri sendiri. Belajarlah untuk tidak berpikir negatif , pasti Anda akan merasakan manfaatnya. Mulailah berupaya menerima situasi dan kondisi  diri apa adanya. Hindarkan penghakiman diri atau mencoba membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Ini tidak adil , semua orang memiliki kelebihan yang berbeda dan juga kelemahannya sendiri.Kekurangan-keruangan itu dapat  terobati dengan  perilaku, tabiat dan kemuliaan akhlaknya. Hindarkan sikap membandingkan karena kebiasaan ini hanya akan membawa keburukan pada diri sendiri dan berimbas pada semakin anda merasa rendah diri.
·         Aim for accomplishments rather than perfection. Janganlah mengejar kesempurnaan sebagaimana prestasi-prestasi seperti yg telah dicapai orang lain , namun  fokuslah  kepada prestasi diri dengan mempertimbangan setiap kemampuan dan kekurangan diri. Ingatlah prestasi masa lalu Anda. Salah satu cara untuk meningkatkan harga diri Anda adalah dengan membuat daftar semua yang telah Anda capai dalam hidup Anda. Ketika Anda merasa ragu atau down tentang diri Anda, bacalah kembali daftar tersebut. Ingat keberhasilan yang pernah Anda capai dan bagaimana perjuangannya untuk mencapai keberhasilan tersebut. Ini adalah tip yang bagus untuk menghargai diri sendiri. Inilah satu cara  menghargai diri sendiri yaitu  jujur pada diri sendiri, tentang apa prinsip yang Anda pegang atau pun hal-hal yang Anda percayai. Jangan terpengaruh oleh kriteria atau memaksa menggunakan standar orang lain , karena kita punya standar sendiri yang sesuai dengan porsi kita sendiri.
·         View mistakes as learning opportunities. memandang kesalahan atau kegagalan sebagai kesempatan belajar . Menerima dengan sabar bahwa setiap orang pernah kesalahan atau kegagalan , dan meyakini bahwa semua orang pernah mengalami . Kesalahan atau kegagalan adalah bagian dari pembelajaran . Yang terpenting adalah bagaimana memperbaiki kesalahan  untuk langkah selanjutnya. Belajar dari setiap kesalahan atau pun kegagalan , banyak  orang yang sukses dapat mencapai kesuksesan setelah melalui sekian banyak kegagalan.
·         Try new things. Mencoba hal-hal yang baru . Percobaan dengan berbagai kegiatan yang akan membantu Anda makin dengan bakat Anda atau hobi anda .
·         Recognize what you can change and what you can't. Kenali sesuatu yang  Anda dapat mengubahnya dan apa yang tidak bisa . Jika Anda menyadari bahwa Anda tidak puas dengan sesuatu tentang diri Anda maka ada dapat berubah, maka mulai hari ini . Jika sesuatu yang Anda tidak dapat mengubahnya ( seperti tinggi badan dst) , dari mulailah berupaya ke arah mencintai diri sendiri dengan cara Anda
·         Set goals. Tetapkan tujuan . Pikirkan tentang apa yang Anda ingin capai , kemudian membuat rencana bagaimana melakukannya . Patuhilah rencana Anda dan terus maju dengan bertahap sesaui rencana.
·         Take pride in your opinions and ideas. Banggalah dengan pendapat dan ide-ide . Jangan takut dan malu untuk mengatakannya.
·         Make a contribution. Upayakan kita punya manfaat bagi orang lain atau lingkungan sekitar. Hal ini menjadikan kita sebagai pribadi yang bermanfaat bukan hanya bagi diri sendiri dan ini akan membantu lingkungan sekitar untuk menghargai kita dan ini membantu untuk meningkatkan harga diri . Sulit untuk menghormati orang lain ketika Anda tidak menghargai diri sendiri. Banyak harga diri ada hubungannya dengan menjadi baik kepada diri sendiri. Untuk alasan yang sama kita perlu bersikap baik kepada orang lain. Dalam beberapa kasus, Anda harus menunjukkan rasa hormat untuk mendapatkan rasa hormat.
·         Exercise! Latihan , nikmatilah latihan , akan menghilangkan stres , dan ada akan lebih sehat dan lebih bahagia
·         Have fun. Jangan terlalu serius dalam hidup karena dapat  membuat semuaa hal dalam hidup ini menjadi sulit. Hidup dimaksudkan untuk dinikmati, karena toh setiap momen dalam hidup tidak bisa diulang kembali. Bersenang-senang dengan teman dan keluarga Anda; luangkan waktu untuk menghabiskan hari bersama mereka; melakukan sesuatu yang luar biasa.
·         Memupuk rasa malu. Orang justru dihargai karena penempatan rasa malunya secara tepat. Malu jika harus melakukan keburukan, sehingga dia berusaha berperilaku baik. Maka memupuk rasa malu adalah kebutuhan mutlak untuk menjaga harga diri kita sendiri.
·         Menjaga nama baik. Tidak ada yang mau menghargai orang-orang yang tidak mempunyai nama baik. Jika nama Anda sudah tercemar, maka orang pun akan segera menjauhi Anda. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya untuk menjaga nama baik. Menjaga nama baik itu sebenarnya sederhana saja. Cukup dengan berperilaku baik saja, pasti kita bisa menjaga nama baik.
·         Menjaga perilaku tetap baik. Hadiah paling indah yang bisa kita berikan kepada diri sendiri adalah amal baik yang kita lakukan. Mengapa? Karena amal baik tidak pernah rusak atau musnah. Sungguh, perilaku yang baik itulah yang bisa mengantarkan kita kepada pengkabulan doa untuk bisa meraih kebahagiaan.
·         Berada di lingkungan yang positif ,Jika Anda menemukan diri Anda dalam situasi yang sering merendahkan dan tidak menghormati maka saatnya untuk mempertimbangkan tip ini untuk harga diri Anda dan mengubah lingkungan Anda. Lingkungan yang positif akan menciptakan pengalaman yang lebih baik dan memberi Anda lebih banyak hal untuk lebih mengharga diri sendiri
·         Bersyukur, banyak dari kita lupa atau bahkan enggan bersyukur.  Inilah sebenarnya obat terbaik untuk memahami diri sendiri , jangan  terjebak dalam apa yang tidak kita miliki dan lupa untuk mensyukuri hal-hal yang sudah kita miliki. Buatlah daftar tiap hari, hal-hal yang Anda syukuri setiap harinya dari apa pun kejadian yang Anda alami, hal apa saja yang Anda miliki, bahkan perbuatan baik yang Anda lakukan hari ini dst.

Kebanyakan kita mudah  mengeluh bahwa  tidak cukup baik, tidak cukup kaya, tidak cukup hebat, tidak cukup menarik, terlalu jelek, pendek, kurus, terlalu tua/muda, tidak berbakat, bodoh, bernasib sial, tidak pantas ini itu dan tidak mungkin sukses, tidak bisa dan seterusnya. Ada banyak godaan alasan untuk tidak menyukai diri mereka. Alasan-alasan ini menyebabkan menurunnya penghargaan thd diri yang menjadi penghambat untuk bertindak maksimal untuk goal.

Bahkan lebih parah lagi ada yang berharap atau membayangkan  menjadi orang lain yang lebih baik dari diri mereka. Percayalah kepada diri Anda sendiri bahwa Anda bisa menjadi apapun yang Anda inginkan tidak peduli siapa diri Anda sekarang, apakah Anda miskin, tidak berbakat, susah dan sebagainya. Anda bisa mengubah hidup Anda sekarang juga, dan percayalah Anda bisa. Anda adalah terbaik untuk diri anda sendiri dengan situasi dan kondisi yang ada  pada anda, dalam bebarap hal mungkin orang lain lebih baik, namun dalam banyak hal anda lebih baik dari orang lain.

Jika Anda tidak menyukai diri Anda sendiri, Anda akan cenderung memiliki perasaan, sikap dan perlakuan yang juga tidak baik kepada diri Anda. Ketika Anda merasa tidak nyaman terhadap diri Anda, penghargaan kepada diri Anda akan turun yang berakibat Anda akan merasa tidak bahagia, malu, depresi, frustrasi dan marah. Ketika Anda merasakan hal negatif tersebut, Anda akan menjadi tidak percaya diri.

Ketika Anda tidak percaya diri, Anda tidak akan menggunakan seluruh kemampuan dan potensi Anda yang terbaik yang berakibat tindakan Anda cenderung tidak maksimal serta tidak memiliki energi dan antusiasme. Akhirnya ketika tindakan Anda tidak maksimal, Anda bisa menebak sendiri hasil yang akan Anda dapatkan.

Ketika Anda memperolah hasil yang buruk, Anda akan semakin tidak menyukai diri Anda dan penghargaan diri Anda akan semakin menurun. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi hidup Anda. Cobalah lihat disekeliling Anda orang-orang yang terjebak dalam depresi dan frustrasi dan amati bagaimana tindakan mereka serta kehidupan mereka.

Sebaliknya ketika Anda mencintai diri Anda sendiri,
1.    Anda akan sangat bahagia dan nyaman kepada Anda sendiri yang membuat penghargaan diri Anda naik.
2.    Anda juga akan (sangat) percaya diri yang membuat Anda mengeluarkan semua kemampuan dan potensi terbaik Anda.
3.    Dengan kemampuan dan potensi Anda, tindakan Anda memiliki antusiasme yang membara dan hasil yang akan Anda peroleh akan membuat Anda merasa puas.
4.    Ketika Anda memperoleh hasil yang baik, dimana hasil yang baik ini tidak bisa diukur dengan standar orang lain karena memang berbeda. Penghargaan diri Anda akan semakin besar yang membuat Anda semakin percaya diri dan kesempatan Anda untuk meraih kesuksesan menjadi lebih besar. Inilah yang harus Anda pahami.

Kesimpulan
Harga diri dibentuk dan bagamaimana anda memandang sesuatu melalui  pikiran Anda , hubungan perilaku dan pengalaman anda sendiri . Memahami kisaran harga diri dan manfaat dari mempromosikan diri yang sehat - termasuk kesejahteraan mental , ketegasan , ketahanan dan banyak lagi.

Ketika kita menghargai diri sendiri dan memiliki harga diri yang baik , kita  merasa lebih nyaman  dan lebih berharga dan lebih mudah menjalin  hubungan positif dengan orang lain . Kita merasa lebih yakin dan realistis tentang kemampuan kita dan cenderung untuk melakukannya dengan baik di lingkungan pekerjaan atau dalam keluarga . Kita menjadi lebih  terbuka untuk belajar dan umpan balik , semua ini akan membantu kita untuk mengembangkan ketrampilan baru dan perbaikan diri yang lebih bermanfaat.

Harga diri (Self-esteem)  mulai terbentuk mulai usia dini . Banyak faktor yang mempengaruhinya, antara lain :
-          Pikiran dan persepsi Anda sendiri    (Your own thoughts and perceptions)
-          Bagaimana orang lain (lingkungan ) bereaksi terhadap Anda (How other people react to you)
-          Pengalaman di sekolah , tempat kerja dan di masyarakat (Experiences at school, work and in the community)
-          Penyakit, cacat atau kekurangan fisik    (Illness, disability or injury)
-          budaya   (Culture)
-          agama Religion,
-          Peran dan status dalam masyarakat  (Role and status in society) , dll

Penghargaan diri , mencerminkan sikap kita terhadap diri kita sendiri. Kita sendirila yang menaikkan dan menurunkan penghargaan terhadap diri kita.

·         apakah kita merasa baik atau nyaman terhadap diri kita sendiri,
  • apakah kita mencintai diri kita  atau sebaliknya merasa buruk dan bahkan membenci diri sendiri.
  • Ketika Anda merasa buruk dan tidak menyukai diri Anda, bagaimana perlakuan Anda terhadap diri Anda sendiri.
  • Ketika Anda merasa baik dan mencintai diri Anda, bagaimana sikap dan perlakuan yang Anda berikan terhadap diri Anda.

Obat termanjur dari semua  itu adalah bersyukur kepada Allah atas segala yang telah Dia berikan kepada kita.

Allahu a’lam
Sumber :  D'Arcy Lyness, PhD ,  mayoclinic.com , Dadang Kadarusman  dlm Natural Intelligence Leadership Training , IndoTopInfo.com  , pegasuscinta.blogspot.com , beritaunik.net , successkingdom.googlepages.com dll

Tidak ada komentar: