*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Jumat, 17 Mei 2013

Tips: atasi lampu redup skuter klasik (2 dr 5)



Setelah bahasan produk skuter klasik di Jerman, kita teruskan dgn produk skuter klasik di Perancis dan Jepang.  Menarik memang motor jenis ini, bentuk model yg relatif baku namun ada ciri khusus  dari negara-negara produsennya, mari kita lihat.  
1.    Perancis ,  
Motor skuter ternyata juga diperkenalkan di Perancis . Th 1902, pabrikan auto-fauteuil  juga memperkenalkan  model awal  skuter .  Pabrikan ini sudah mengadopsi pemasangan mesin  bagian belakang , namun untuk  penggerak  belakang dengan masih menggunakan sistem rantai, seperti layaknya sepeda motor biasa. Ciri khasnya adalah jok pengendara mengadopsi model kursi (rumah) dengan sandaran tangan dan punggung.  

Auto-Fauteuil adalah perusahaan Perancis milik George Gauthier  di  kota Blois . Tuan Gauthier  bercita-cita dapat  menciptakan sebuah kendaraan yang efisien yang menggabungkan keunggulan mobil dengan sepeda motor.  Ide ini kemudian diujudkan dalam bentuk  skuter   di tahun 1906. Mskuter ini telah mengadopsi mesin berpendingin udara maupun  liquid-cooled 3,5 hp. Harga Auto Skuter ini  untuk versi standar dijual seharga 1.200 franc , dan disediakan pula asesoris khusu untuk pengendara wanita. Sungguh saat itu ini skuter melambangkan status sosial bagi pengendaranya




Kenilworth (AS) , reynolds runabout (inggris) dan unibus (Inggris) juga ikut meramaikan pasar skuter di Perancis  sekitar tahun 1930an.

Produk skuter  Perancis yang  banyak  dikenal adalah  Manurhin. Produsen Manurhin ini sebenarnya adalah perusahaan alat-alat perang  yaitu Manufacture de Machines du Haut-Rhin . Manurhin ini diadopsi dari  DKW Hobby Scooter. Body nya khas skuter klasik umumnya. Manurhin mulai diperkenalkan di era tahn 1950an , merk yang paling terkenal adalah Manurhin MR75, namun untuk pasar Inggris dijual dengan merk Concord. Pada tahun 1957, Kepopuleran Manurhin di Eropa menempel ketat kepopuleran skuter besutan negeri spageti yaitu  Lambretta dan Vespa.  

 

 

 

2.    Jepang, 
Skuter  juga diperkenalkan di pasaran Jepang  pabrikan Nakajima aircraft company dan mitsubishi adalah bekas pabrikan pesawat di jepang yang memproduksi skuter.  Pabrik-pabrik ini sebenarnya adalah produsen pesawat tempur di era perang Pasifik. Namun setelah era perang, Jepang dilarang memproduksi alat-alat perang. Nah untuk menggerakkan ekonomi dan membangun kembali Jepang dari kehancuran, maka pabrik-pabrik alat-alat perang diubah menjadi industri alat-alat keperluan sipil. Nakajima  yang kemudian diubah menjadi Fuji Sangyo Co , di penghujung era 1940 an  memperkenalkan skuter Fuji Rabit S-1.   Produk ini berdasar lisensi dari Skuter Powell  yang banyak digunakan pasukan Airbone Sekutu.   Sementara mitsubishi mengeluarkan c10 sebagai model pertama dari jajaran skuter silver pigeon. 



Skuter Rabit berhasil menembus pasar Amerika sekitar tahun 1957 yang diperkenalkan oleh distributor utamanya  the American Rabbit Corp. of San Diego.  Varian Rabit misalnya S-1, S-12, S-2, ES, S-22, S-31, S-23, S-24, S-25, S-41, S-47, S-48, S-52, S-53, S-55, S-61, S-71, T-75, S-72, S-101, S-82, S-201, S-601, S-102, S-301, S-402, S-202A, S- 302T, S-211.  Tahun 1968, produk skuter rabit dihentikan.
Sedangkan  Honda juga memperkenalkan model skuternya. Sementara CHF50 adalah salah satu dari beberapa skuter 49 cc yang ditawarkan oleh Honda sejak awal 1960-an

Di era 80 an , skuter mulai populer lagi di Jepang. Pada tahun 1977 Yamaha merilis  Passol S50. Motor  berkapasitas 50cc dengan 2-stroke skuter ini nantinya menjadi cikal bakal skuter atau skutik yang saat ini mulai mendominasi jalanan di beberapa negara. Pada tahun 1978 model skuter itu berganti nama menjadi Passola.
Latar belakang Yamaha menggembangkan Passola ialah sebagai kendaraan bagi perempuan agar bisa melakukan aktifitas sehari-hari dengan menggunakan sepeda motor. Selain itu, Yamaha berusaha mengekploitasi pasar baru yang pada dekade 70-80an di dominasi oleh sepeda motor untuk kaum pria.
Di tahun 1980, Yamaha memperkenalkan model terbaru dari Passola, yaitu Passola SA50 ME dan langsung menjadi primadona bagi kaum hawa. Yang membedakan Passola SA50 ME dengan keluaran sebelumnya adalah panel bodi plastik, styling diperbarui, transmisi otomatis, mulai listrik dan sistem injeksi minyak. Semua fitur tersebut membuat skuter lebih mudah untuk dikendarai dan sekarang ditemukan di hampir setiap skuter modern.




Yamaha Passola ini  adalah skuter paling populer di Jepang masa itu , dan banyak digemari kaum wanita. Ada penambahan keranjang pada bagian depannya dan bagasi di belakang sehingga bisa digunakan untuk membawa barang. Skuter ini tidak hanya dipasarkan di Jepang, tapi juga di dataran Eropa.Pada tahun 1985 Yamaha menghentikan produksi dari Passola SA50 ME. Meskipun sudah tidak lagi diproduksi hingga saat ini Yamaha Passola SA50 ME masih tetap diburu oleh para kolektor motor klasik. Di era 2000an Yamaha kembali mengeluarkan skutik Mio.

Semoga bermanfaat 
bersambung ....

Sumber : motosdoseculoxx.blogspot.com,  Nanasemper VIO 063, ndalorkebo.blogspot.com, dieselpunks.blogspot.com badjingan-scooter.blogspot.com , wikipedia, scooter.com dll

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Wow.

Anonim mengatakan...

Hmm.