*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Sabtu, 25 Februari 2012

internet : kecepatan Akses

Banyak hal ttg internet, diantaranya mencari data- nformasi. Ada banyak kegunaan lain, misal; mendengarkan siaran radio luar negeri, menonton video , mengirim surat elektronik, bahkan dlm transaksi bisnis. Situs-situs di internet seolah perpustakaan yg tak terbatas, yg menyajikan bermacam informasi : gambar, foto atau jurnal ilmiah. Informasi ini seringkali berbentuk multimedia , yg membutuhkan ukuran file data  besar. Sebuah file film berdurasi beberapa detik saja dapat berukuran hingga megabytes. File berukuran besar ini tentu sulit diperoleh jika kecepatan akses internet yg dimiliki terbatas. Nah untuk mengakses informasi dgn muatan (content) multimedia di internet butuh kecepatan akses mumpuni. Lalu berapakah kecepatan akses internet yg diperlukan agar menghemat waktu? Kecepatan akses internet dapat diukur berdasarkan bandwidth (lebar pita). Apakah bandwidth itu?

Bandwidth merupakan ukuran banyaknya informasi yg mengalir setiap satuan waktu atau besarnya kapasitas koneksi internet untuk transfer data. Secara logika makin besar bandwidth berarti aliran data atau akses internet akan semakin cepat. Bisa dibayangkan sebagai makin lebar saluran air maka makin banyak air mengalir dlm setiap satuan waktu. Bandwidth dapat menunjukkan kecepatan aliran data analog maupun digital.

Ukuran kecepatan akses internet dinyatakan dengan byte per second disingkat Bps atau bit per second disingkat bps. Dimana 1 Bps = 8 bps (bit per second)

Ukuran kecepatan yg lain :
1 KBps = 1000 Bps        (Kilo Byte per second)
1 MBps = 1000 KBps      (Mega Byte per second)
1 GBps = 1000 MBps      (Giga Byte per second)
1 TBps = 1000 GBps      (Tera Byte per second)

Besarnya kecepatan akses internet ditentukan oleh lebarnya band width. kecepatan akses internet bisa diukur oleh suatu program software aplikasi seperti speedtest.net . Kecepatan akses internet berbeda-beda tergantung kepada provider, saluran dan hardware yang digunakan. Kecepatan akses internet dari sebuah provider yang akan kita dapatkan tergantung langganan bandwidth ( lebar pita ) yang kita sewa, Misalnya 128 kbps, 256 kbps , 512 kbps, 1 Mbps, 2 Mbps dan seterusnya.

Kecepatan Akses Internet untuk beberapa provider ( ISP ) al  : Dialup (kabel telephone) Telkomnet Telkom <=56 kbps , ADSL (kabel telephone) Speedy Telkom 128 kbps – 3 Mbps , GPRS Telkomsel (indosat, xl, axis, tree dsb)  56 kbps – 115 kbps ,  3G (Telkomsel, indosat, XL, axis, tree.Telkom, esia, fren Smart, ceria dsb)  144 kbps- 2 Mbps
 

Jadi secara umum konsep bandwidth, merupakan suatu besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dialirkan dalamkoneksi sebuah network atau kemampuan maksimum dari suatu alat untuk mengalirkan informasi (data) dalam satuan detik. Konsep bandwitdth ini mempunyai keterbatasan  pada jangkauan media (kabel) yang digunakan dan kcelapat maksimal transmisi data pada kabel atau media tersebut.  

Contoh

1.  Kabel Coaxial 50 ohm (ethernet 10 Base2, ThinNet),max panjang 200 m , max koneksi 10 sd 100 Mbps.

2.  Kabel Coaxial 70 ohm (ethernet 10 Base5, ThickNet),max panjang 500 m , max koneksi 10 sd 100 Mbps.

3.  UTP kategori 5 (ethernet 10 BaseT, 100 base-TX),max panjang 100 m , max koneksi 10 Mbps.

4.  UTP kategori 5 (ethernet 100 BaseTX, Fast ethernet),max panjang 100 m , max koneksi 100 Mbps.

5.  Multimode (62.5/125 um) serat optic 100 BaseFX, max panjang 2km , max koneksi 100 Mbps.

6.  Singlemode (10 um core) serat optic 1000 BaseLX, max panjang 3km , max koneksi 1000 Mbps (1Gbps)

7.  Wireless, max panjang 100m , max koneksi 2 Mbps

8.  Infrared (IrDA) ,max panjang 1m , max koneksi 4 Mbps , dll

 

Saudaraku, bandwidth  mempunyai pemahaman yang berbeda dengan kecepatan. Informasi atau data yang dialirkan melalui berbagai media , misalnya kabel sebagai media . Kabel ini dapat dibayangkan (diasumsikan ) sebagai suatu pipa atau saluran sebagai tempat mengalirnya informasi . Jadi Bandwidth disini diungkapkan sebagai kemampuan maksimal dari pipa (atau saluran) untukmengalirkan sejumlah data informasi dalam satuan waktu detik. Sedangkan kecapatan adalah jarak yang ditempuh suatu materi dal;am satuan waktu. (detik).

 

Contoh pengertian bandwidth yang lain :

1.    Menurut Wikipedia ,  dalam dunia web hosting, bandwidth capacity (kapasitas lebarpita) diartikan sebagai nilai maksimum besaran transfer data (tulisan, gambar, video, suara, dan lainnya) yang terjadi antara server hosting dengan komputer klien dalam suatu periode tertentu.

Contohnya 5 GB per bulan, yang artinya besaran maksimal transfer data yang bisa dilakukan oleh seluruh klien adalah 5 GB, jika bandwidth habis maka website tidak dapat dibuka sampai dengan bulan baru. Semakin banyak fitur di dalam website seperti gambar, video, suara, dan lainnya, maka semakin banyak bandwidth yang akan terpakai.

2. Bandwidth dalam ilmu komputer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). Perhatikan bahwa bandwidth yang tertera komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital, elektronik, dll, adalah bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang diukur dalam satuan hertz (makna asli dari istilah tersebut) yang lebih tepat ditulis bitrate daripada bits per second. (http://goenawanb.com)

3. Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz. Bandwidth diartikan juga sebagai takaran jarak frekuensi. Dalam bahasa mudahnya, adalah sebuah takaran lalu lintas data yang masuk dan yang keluar. (Nusa.net)

4. Bandwidth adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jumlah informasi yang dapat dikirim melalui sambungan. Bandwidth biasanya dihitung bit per detik, atau Megabits per detik, dinyatakan sebagai kbit / s atau Mbit / s. Bandwidth diukur kotor, jumlah data yang ditransfer dalam periode waktu tertentu dinyatakan dalam tingkat, tanpa mempertimbangkan kualitas dari sinyal itu sendiri.

5. bandwidth juga diartikan sebagai kemampuan maksimum dari pipa untuk mengalirkan data dalam waktu satu detik.Misalnya server anda terhubung melalui kabel telepon anda menghubungkan terhubungdengan modem ke Internet Service Provider (ISP) dengan bandwidth 56kbps. Semakinlebar bandwidth yang ada tentu data yang dilewatkan akan semakin besar.

6. Bandwith adalah perbedaan antara batas frekuensi atas dan batas frekuensi bawah (cutoff frequencies) dari, contohnya, filter , chanel komunikasi, atau spektum sinyal. Dan diberi dengan satuan Hertz. Didalam sebuah chanel atau disebut sebagai sinyal, bandwith umum didefinisikan sebagai batas frekuensi atas. Bandwith dalam satuan Hertz adalah suatu konsep umum didalam berbagai bidang, termasuk bidang elektronik, bidang informasi,komunikasi radio, proses sinyal, dan spectroscopy.


Sebenarnya, kecepatan koneksi internet  tergantung banyak faktor. Seperti halnya jalan raya yang memiliki banyak tikungan dan jalan dengan batas kecepatan yang bervariasi, koneksi internet memiliki berbagai jenis perangkat (modem, PC, server, router, dll) dari berbagai penyelenggara jaringan yang berbeda. 
Karena itu kecepatan koneksi secara keseluruhan sangat bergantung dari kesibukan dan performansi perangkat yang dilalui baik dari PC dan modem anda, jaringan ISP, interkoneksi dari ISP ke jaringan TelkomNet (jika menggunakan ISP selain Telkom) dan juga kesibukan server. 

Untuk menghasilkan data yang relatif stabil, anda dapat mencoba pengukuran pada jam diluar jam sibuk. Jangan lupa pada saat melakukan pengukuran untuk tidak menjalankan program lain pada PC anda (apalagi melakukan koneksi internet / download ke situs lain) karena akan mempengaruhi akurasi pengukuran. 

Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet dipengaruhi oleh :
1. Faktor internal (faktor yang disebabkan dari dalam) :
   a. Perangkat Keras (Hardware)
   b. Perangkat Lunak (Software)
2. Faktor eksternal (faktor yang yang disebabkan dari luar)
   a. Kepadatan lalu lintas jaringan

   b. ISP  


Konsep bandwidth tidak cukup untuk menjelaskan kecepatan jaringan dan apa yang terjadi di jaringan. Untuk itulah konsep Throughput muncul. Throughput adalah bandwidth aktual yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik ketika sedang mendownload suatu file. Bagaimana cara mengukur bandwidth? Dan bagaimana hubungannya dengan throughput? Seperti telah diulas di atas, bandwidth adalah jumlah bit yang dapat dikirimkan dalam satu detik.

Sedangkan throughput walau pun memiliki satuan dan rumus yang sama dengan bandwidth, tetapi throughput lebih pada menggambarkan bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu.

Dengan hanya mempergunakan bandwidth sebagai patokan, kita menganggap seharusnya file yang akan didownloadnya yang berukuran 64 kb seharusnya bisa didownload dalam waktu sekedip mata atau satu detik, tetapi setelah diukur ternyata memerlukan waktu 4 detik. Jadi jika ukuran file yang didownload adalah 64 kb, sedangkan waktu downloadnya adalah 4 detik, maka bandwidth yang sebenarnya atau bisa kita sebut sebagai throughput adalah 64 kb / 4 detik = 16 kbps. Sayangnya, throughput karena banyak alasan, kadang sangat jauh dari bandwidth maksimum yang mungkin dari suatu media.

Beberapa faktor yang menentukan bandwidth dan throughput adalah:
  • Piranti jaringan
  • Tipe data yang ditransfer
  • Topologi jaringan
  • Banyaknya pengguna jaringan
  • Spesifikasi komputer client/user
  • Spesifikasi komputer server
  • Induksi listrik dan cuaca
Mengukur Kecepatan Bandwidth di kmputer kita
Untuk mengukur bandwidth atau kecepatan internet actual (upload dan download) yang ada di komputer kita ,  ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, diantaranya: 

Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet mengunakan layanan Bandwidth Meter, seperti Speedtest. net ,  bandwidthplace.com dsb. 










cara lain , Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet menggunakan Software Bandwidth Monitor Misalnya  dengan Bandwidth meter pro . 

Dengan software ini kita bisa memonitor dan me-record network traffic untuk Internet, LAN dan WAN. Versi trialnya bisa kita coba selama 15 hari. Klo mau yang gratisan bisa pake  Networx. 






Semoga bermanfaat
Allahu a’lam
Sumber : http://cyber-benyo.blogspot.com , Supriyanto – TIK3, Wikipedia, sentra-edukasi.com dll

Tidak ada komentar: