*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Rabu, 20 Oktober 2010

Dirikan, walau hanya 1 rekaat

Dari Abu Umamah ra dan Inb Abbas ra, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya, " Laksanakan shalat malam walau hanya satu rekaat" . Dari Ahmad bin Muni', dari Abu Nadhir Hasyim bin Qasim dari Bakar bin Khunais dari Muhammad al-Qursyi dari Rabia'ah bin Yazid dari Abu Idris al-Khulani dari Bilal, bahwa Rasulullah pernah bersabda, yang artinya ," Hendaklah kalian bangun malam. Karena sesungguhnya itu merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian. Dan , sesungguhnya bangun malam (untuk bersujud, shalat) merupakan pendekatan diri kepada Allah, melebur keburukan-keburukan, mencegah dari dosa , serta menolak penyakit pada jasad ,".
Saudaraku, sesungguhnya qiyamullail adalah syariat Rabbaniyyah, sunnah Rasulullah yang kuat, jejak para salaf , waktu berkhalwat dengan Allah, taman yang indah dan tenteram, membahagiakan jiwa , menguatkan raga , menhilangkan kesedihan dst.
Saudaraku , gunakanlah waktu malam sebaik-baiknya, karena didalamnya pintu dibuka, kekasih didekatkan, suara didengar, jawaban diberikan, dan pahala mengalir dengan deras.
Sungguh banyak kemuliaan didapat dari bangun malam dan bertahajud dihadapan-Nya. Begitu berharganya kemualiaan qiyamullail, Abu Muslim al-Khulani ra , menyediakan cemeti di sampinnya. Ketika datang waktu sahur dan ia masih mengantuk dan malas, maka ia ambil cmeti itu dan memukulkannya ke tubuhnya sendiri, sambil berkata, engkau lebih berhak untuk dipukul dari pada ternak-ternak yang bandel.

Ingatlah apa yang telah diriwayatkan Yahya dari Hasyim dai Mujalid dari Abu Wadak dari Abu Said al-Khudri ra , bahwa Rasulullah pernah bersabda, yang artinya ," Tiga hal yang membuat Allah tersenyum kepada mereka, yaitu seorang yang bangun malam lantas melakukan shalat, kaum yang berbaris di dalam shalat dan kaum yang berbaris di dalam perang ",

Dari Thalhah bin Musharrif, ia berkata bahwa telah datang kepadaku bahwa jika seorang hamba bangun malam untuk bertahajud, maka dua malaikat akan berkata kepadanya ," kamu sungguh beruntung, sebab engkau berjalan di jalan orang-orang ahli ibadah sebelummu,".

Saudaraku, anjuran untuk bertahajud sebagai bekal motivasi para hamba yang beriman , banyak ditemukan didalam Al-Qur'an :
Sebagaimana Allah SWT berfirman , yang artinya ," Dan , pada sebagian malam hari, bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji ," (Qs. Al-Israa ' : 79).

Sebagaimana Allah SWT berfirman , yang artinya ,"Dan sebutlah nama Tuhan-mu pada (waktu ) pagi dan petang. Dan , pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari ," (Qs. Al-Insaan : 25-26).

Sebagaimana Allah SWT berfirman , yang artinya ," Dan bertasbihlah kamu kepada-Nya di malam hari dan setiap selesai sembahyang ," (Qs. Qaaf : 40).

Sebagaimana Allah SWT berfirman , yang artinya ," … Dan bertasbihlah dengan memuji Tuhan-mu ketika kamu bangun berdiri dan bertasbihlah kepda-Nya pada beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar), " (Qs. Ath Thuur : 48-49).

Sebagaimana Allah SWT berfirman , yang artinya ," sesungguhnya orang yang benar-benar percaya kepada ayat-ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat itu segera bersujud seraya bertasbih dan memuji Rabb-nya , dan lagi pula mereka tidaklah sombong. Lambung mereka jauh dari temapt tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabb-nya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa-apa rizki yang Kami berikan , " (Qs. As Sajdah : 15-16).

Sebagaimana Allah SWT berfirman , yang artinya ," Didunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar " (Qs. Adz-Dzariyat : 17-18).

Sebagaimana Allah SWT berfirman , yang artinya ," (Apakah kamu hari orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhan-nya ? ..", (Qs. Az-Zumar : 9).

Sebagaimana Allah SWT berfirman , yang artinya ," .. Mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu dimalam hari, sedang mereka juga bersujud (sembahyang), " (Qs. Ali Imran : 113).

Sudaraku, mari kita berjuang terus untuk mendapatkan keberkahan keheningan malam dengan bermunajat dihadapan-Nya.
Ingatlah selalu sebagaimana diriwayatkan Yusuf bin Musa al- Quthathan, dari Tsabit bin Musa dari Syuraik dari A'masy dari Abu Sufyan dari Jabir ra, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, yang artinya ," Barang siapa memperbanyak shalat di malam hari maka wajahnya akan menjadi baik di siang harinya ,"

Saudaraku Qiyamullail termasuk salah satu ciri hamba-hamba -Nya yang shalih, karena mereka menyadari akan keutamaan dan kemuliaannya.
Allah membanggakan hamba-Nya yang mendirikan shalat malam kepada para malaikat-Nya. Pintu-pintu langit terbiuka bagi hamba-hamba-Nya yang bermunajat di tengah keheningan malam.

Allahu a'lam
Sumber : Kaifa Tatahammasu liqiyan al-Lail , Muhammad bin Shalih Ash Shai'ari, Abu Abdullah bin Nasr as Samarqandi dalam ingin bahagia? Tegakkanlah shalat malam.

Tidak ada komentar: