*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Senin, 16 Februari 2009

Tips mudah shalat TAHAJUD

“Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sholat) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Qur'an itu dengan perlahan-lahan.” (QS. Al Muzzamil:1-4)
Firman Allah swt memerintahkan kepada Rasulullah saw yang tengah tidur untuk melakukan sholat malam atau sholat tahajud. Perintah kepada Rasulullah saw ini sesungguhnya juga merupakan perintah kepada seluruh umat .

Salat tahajud itu artinya salat malam setelah tidur . Tahajud dari bahasa Arab "tahajjud", dari kata dasar "hajada" yang berarti "tidur" dan juga berarti "salat di malam hari". Orang yang melakukan salat malam disebut "haajid". Jadi bertahajud artinya melakukan salat sunat di malam hari, setelah tidur. Semua salat sunat yang dikerjakan di malam hari setelah tidur, dengan demikian, disebut salat tahajud atau salat malam (shalatullail). Shalat tahjud hukumnya sunnah muakkadah.
Sholat tahajud merupakan salah satu bentuk komunikasi dengan Allah swt yang sangat efektif. Kita bisa berkomunikasi, berkeluh kesah, dan menumpahkan segala permasalahan kita disaat-saat yang sunyi , manakala kebanyakan makhluk Allah swt sedang lelap tertidur.

Masa yang penuh dengan kesunyian dan ketenangan akan membantu kita untuk lebih khusyuk bermunajat kepada Allah. Seorang muslim yang senantiasa mendawamkan sholat tahajud, insya Allah akan selalu dicintai oleh Allah swt.
Semoga Allah swt akan senantiasa memberikan kemuliaan kepada umatnya yang sabar, ikhlas , khusyuk dan kontinyu dalam mengamalkan sholat sunnah tahajud

Banyak keterangan hadits yang mengungkapkan keutamaan ibadah shalat tahajud



  • a. Dari Jabir ra, ia barkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberi-kannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad)

  • b. Dari Abdullah bin Salam, bahwa Rasulullah saw bersabda, “Wahai manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makanan, dan sholat malamlah pada waktu orang-orang tidur, kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Imam Tirmidzi)

  • c. Rasulullah saw bersabda yang artinya, “Lazimkan dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

  • d. Dari Sahal bin Sa’ad ra., ia berkata, “Malaikat Jibril datang kepada Rasulullah saw lalu berkata, ‘Wahai Muhamad, hiduplah sebebas-bebasnya, akhirnya pun kamu akan mati. Berbuatlah semaumu, pasti akan dapat balasan. Cintailah orang yang engkau mau, pasti kamu akan berpisah. Kemuliaan orang mukmin dapat diraih dengan melakukan shalat malam, dan harga dirinya dapat ditemukan dengan tidak minta tolong orang lain.’”

  • e. Rasululah saw bersabda, “Seluruh manusia dikumpulkan di tanah lapang pada hari kiamat. Tiba-tiba ada panggilan dikumandangkan dimana orang yang meninggalkan tempat tidurnya, maka berdirilah mereka jumlahnya sangat sedikit, lalu masuk surga tanpa hisab. Baru kemudiaan seluruh manusia diperintah untuk diperiksa.”

Saudaraku ,sungguh tinggi kedudukan dan keutamaan ibadah sholat tahajud , maka sudah sepantasnyalah kita senantiasa berupaya untuk tidak melewatkan semalampun kecuali untuk sholat tahajud.


Beberapa tips yang semoga bermanfaat , dan insya Allah akan membantu memudahkan kita agar bangun di penghujung malam dan melaksanakan sholat sunnah tahajud.



  1. Biasakan tidur di awal waktu, jangan membuang waktu untuk halyang tidak penting, yg hanya membuat kita tidur larut sehingga masih berat bangun di sepertiga malam.

  2. Bersungguh-sungguh mengamalkan adab sebelum tidur. Dg berwudhu, sholat sunnah, berdzikir dan berdoa sebelum tidur. Jangan tidur dalam keadaan berhadats (terutama hadats besar), karena hal ini akan menimbulkan rasa malas di waktu bangun malam.

  3. Janganlah menganggap bahwa bangun malam untuk melakukan sholat tahajud itu sebagai pekerjaan yang berat. Namun karena kit membutuhkan ibadah tsb.

  4. Yakin , bahwa bangun malam justru akan membuat jasmani dan rohani kita lebih sehat.

  5. Menjaga keikhlasan ketika berniat untuk bangun malam dan melakukan sholat tahjud. Dengan ikhlas, yakinlah Allah akan meringankan pekerjaan yang semula tampak berat.

  6. Membuat jadwal tidur , sehingga terbiasa untuk menentukan jam berpa kita tidur dan bangun, Kebiasaan ini akan meringankan kita bangun malam.

  7. Kita usahakan menyisihkan waktu untuk tidur siang. Insya Allah akan membuat kita lebih kuat untuk bangun di sepertiga malam dan melakukan sholat sunnah tahajud.

  8. Membuat program aktivitas siang hari anda dengan efisien. Hindari kegiatan-kegiatan yang tidak penting , yang jauh dari nilai ibadah.

  9. Membuat jadual khusus tilawah Al-Qur’an, baik dengan membaca dan juga mempelajari tafsirnya. Mislanya : sesudah shalat maghrib dan sebelum/ sesudah shalat subuh.

  10. Motivasi diri untuk bangun malam dengan cara mempelajari dan betapa besar keutamaan-keutamaan di dalam sholat tahajud.

  11. Tanamkan rasa rindu untuk senantiasa bernunajat dan berkhalwat dengan Allah swt.

  12. Hindari maksiat, karena menjadi sumber lemahnya kadar iman dan ibadah kita kepada Allah swt. Dalam hal ini Sufyan Ats-Tsauri telah menuturkan pengalamannya, “Aku sulit sekali melakukan qiyamullail selama 5 bulan disebabkan satu dosa yang aku lakukan.”.

  13. Jangan makan malam berlebihan.

  14. Ajak istri dan juga anak-anak untuk bisa shalat tahajud bersama.

  15. Senantiasa berdoa dan memohon kepada Allah swt agar diberikan kemudahan untuk bangun malam dan melakukan sholat tahajud dengan ikhlas dan khusyuk.

Saudaraku, banyak jalan menuju Roma. Anda pasti juga punya kiat-kita jitu untuk selalu istiqomah melaksanakan ibadah shalat tahjud. Bila kita istiqomah, maka kita akan merasakan betapa bahagianya kita bisa melaksanakan ini.
Karena sesungguhnya, masih sangat banyak lagi keutamaan-keutamaan yang terkandung di dalam sholat sunnah tahajud ini.
Saudaraku, mari kita kuatkan dan luruskan niat kita untuk senantiasa menegakkan dan mendawamkan sholat tahajud dengan ikhlas dan sabar, serta bersyukur bahwa kita termasuk orang-orang yang dimudahkan Allah dalam menjaga shalat tahajud ini.

Allahu a’lam

Sumber : http://www.syahadat.com




Tidak ada komentar: