Tentu anda sudah mengenal peralatan radiator di mobil anda. Betul sekali anda, Radiator berfungsi sebagai sistem pendingin mesin, agar tidak menjadi terlalu pana saat bekerja. Disini kita membahas salah satu komponen radiator, yaitu tutup radiator.
Memang sepintas kelihatan sepele , yaitu perangkat tutup radiator. Tetapi kalau diperhatikan lebih jauh, fungsi tutup ini cukup vital juga. Kita perlu mencermati atau rutin melakukan pengecekan komponen ini. Karena resiko akan menanti anda.
Radiator selalu membutuhkan air, apalagi ketika mobil anda mengalami gejala overheating.
Minimal ada tiga komponen yang harus dilakukan pemeriksaan, yaitu
1. klep tekan,
2. pegas, dan
3. klep vakum
Klep tekan bersama pegas berfungsi untuk menjaga agar tekanan dalam ruang radiator konstan atau stabil. Bila suhu mesin meningkat, menyebabkan temperatur air dalam radiator ikut meningkat. Karena adanya lubang pernapasan,maka desakan tekanan didalam ruag pendingin juga meningkat.
Ketika tekanan tersebut telah mencapai batas minimal, maka kerja pegas , klep tekan akan membuka. Selanjutnya, uap radiator disalurkan ke reservoir. Tutp ini akan membuka bila tekanan mencapai 0,9 bar.
Dan akan menjadi masalah bila alat pegas ini macet. Katup tekan akan sulit membuka meskipun tekanan/ desakan ruang pendingin meningkat, melebihi tekanan pegas.
Akibat langsung yang dirasakan adalah temperatur mesin merangkak naik hingga menjadi overheat.
Selanjutnya , bagaimana bila terjadi , katup vakum yang ngadat ?
Pada tutup radiator, klep ini bertugas ketika suhu mesin mulai turun. Akibat perubahan temperatur ini, tekanan ruang radiator bergeser menurun. Sehingga dari ruang pendingin timbul kondisi menghisap.
Selanjutnya karena ada tekanan hisap, maka klep vakum terbuka. Andai saja peralatan ini macet, air dari reservoir tidak akan mengisi radiator. Padahal cadangan air ini dipergunakan untuk mengisi cairan pendingin secara otomatis. Bila fungsi ini bermasalah, maka akibatnya air radiator akan cepat habis. Selanjutnya tentu saja mesin menjadi rawan overheating.
Untuk mengantisipasi gejala-gejala diatas, sebaiknya ganti saja tutup radiator dengan yang baru. Gak mahal kok,.
Sumber :Otomotif, aneka tips merawat mesin mobil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar