Hanya dengan melihat kondisi asap knalpot mesin diesel, kita bisa mendeteksi awal kerusakan komponen mesin layaknya montir berpengalaman. Warna asap knalpot yang sering muncul adalah biru kehitaman, hitam , putih dan biru keputihan.
Jika mesin normal, maka warna gas buang di knalpot , umumnya adalah biru agak kehitaman. Yang bisa disimpulkan bahwa pembakaran dalam dapur mesin adalah sempurna.
Warna hitam , sebagai pertanda awal mesin mengalami kelebihan pasokan solar. Anda perlu untuk melakukan pemeriksaan injektor. Kalau perlu injektor dikalibrasi ulang. Kondisi ini menyebabkan boros BBM, walaupun secara teknis , mesin tidak perlu dikhawatirkan. Akibat pembakaran BBM yang kurang sempurna ini , mengakibatkan penimbunan kerak menjadi makin cepat di saluran ruang kompresi dan gas buang.
Asap warna putih, menunjukkan adanya indikasi bahan oli yang terbakar. Penyebab yang umum terjadi adalah , ring piston , seher yang sudah aus. Kondisi ini membuat cairan oli menerobos masuk hingga ruang kompresi . Dan selanjutnya ikut terbakar saat terjadi ledakan.
Anda sebaiknya sering melakukan pengecekan rutin ketinggian olie. Jika berkurang dengan cepat, bisa mengakibatkan mesin menjadi sering ngadat. Cara paling jitu untuk mengatasi masalah ini, tentu saja ganti ring seher atau bisa juga dioversize.
Untuk asap warna putih-kebiru- biruan . Ini menandakan kompresi mesin masih lumayan baik. Namun perlu diwaspadai , karena kondisi ini berarti ada rembesan oli dari sil klep yang sudah mulai aus. Cepat ganti saja , sebelum kerusakan menjalar ke bagian lainnya.
Tips sederhana untuk mengecek apakah sudah terjadi gejala ring seher aus. Carannya, panaskan mesin , sekitar lima menit, kemudian buka tutup pengisian olie. Jika keluar asap, berarti ada masalah. Asap ini muncul dari hasil ledakan yang meyusup keatas. Kondisi ini berasal dari akibat tekanan dari piston saat turun, kemudian pada saat itu asap terdorong kekepala silinder.
Sumber bacaan : Otomotif, tips mesin mobil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar