*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 01 Desember 2011

AVIDEMUX , edit video mudah-praktis

Membanjirnya layanan berbasis format video , makin banyak pula referensi kita dalam mengajar, sosialisasi, ceramah, rapat, dst. Umumnya kita hanya perlu sedikit atau bagian tertentu saja dari tayangan berbasis video tsb, sebagai bahan pendukung paparan kita didepan audiens. Atau anda  memotong bagian yg tak penting dari video atau  untuk mendapatkan adegan tertentu. Untuk itu kita memerlukan program yang bisa digunakan untuk memotong video dgn bagian adegan tertentu. Banyak program gratis yg ditawarkan . Disarankan pakai program gratis dengan fitur ciamik , yaitu Avidemux. Program Avidemux menyediakan sebuah cara yg mudah dan cepat untuk memotong clip dari video file apapun. Kemampuannya oke deh untuk editing, encoding, dan filtering video. Ia hadir bagi beberapa platform sistem operasi seperti GNU/Linux, Microsoft Windows, Mac OS X, dan berbagai varian BSD.  


Avidemux native mendukung sejumlah besar jenis file, seperti AVI, MPEG, VOB, TS, MP4, ASF, OGM, MKV dan FLV. Pada saat yang sama Avidemux native mendukung berbagai macam video / audio format, termasuk, MPEG-1 MPEG-2, MPEG-4 ASP, H.264/AVC, DV, HuffYUV, MP3, AAC, AC-3 dan Vorbis. 

Hasil dari editing Avidemux 2.5.5 r7200 bisa langsung dibuat kedalam format Video-DVD atau (S) VCD. Spesifikasi Fitur :
• Supports : AVI, MPEG, VOB, TS, MP4, ASF, OGM, MKV and FLV. 
• Supports : MPEG-1 MPEG-2, MPEG-4 ASP, H.264/AVC, DV, HuffYUV, MP3, AAC, AC-3 dan Vorbis. 
• Size: 10.7 MB 
• License: Freeware 
• Requires: Win XP/2003/Vista/Windows7 

Hasil Output video dapat disimpan dalam berbagai format yaitu : AVI, m1v/m2v, MPG/ MPEG (VCD/SVCD/DVD), TS, OGM, MP4, MKV dan FLV. (lihat http://www.avidemux.org/admWiki/index.php?title=Output_formats) 

Untuk Audio, format yang didukung antara lain : AAC, AC3, MP3, MP2, Ogg vorbis dan WAV. ( Untuk input audio, mendukung semua format tersebut termasuk juga AMR dan WMA). Fitur-fitur yang disediakan Avidemuxx antara lain : 
  • * Mengedit video (Cut, Copy, Paste dan Delete) 
  • * Memotong Video dan menyimpannya dalam berbagai format video lainnya. 
  • * Menyimpan Audio (suara) saja * Menyimpan Video tanpa suara 
  • * Konversi video ke dalam format DVD, sehingga bisa dijalankan melalui DVD Player. 
  • * Deinterlacing Video * Konversi dari DVD menjadi AVI, dan berbagai format video lainnya. 
  • * Memotong Video dari format video yang didukung dan menyimpannya .
  •  * Multiple Konversi video (batch convert) 
  • * Mendukung Scripting (menggunakan avidemux dgn bahasa program ECMAScript ) 
  • * Berbagai fitur advanced lainnya. 
Pada aplikasi yang disertakan ada dua versi yang bisa dijalankan , yaitu Avidemux Qt dan GTK+. Untuk seistem operasi windows disarankan anda menggunakan Qt, sedangkan untuk Linux atau BSD anda bisa memilih antara dua versi tersebut. Ukuran installer sekitar 9 sd 12 MB . Mengenai tutorial atau cara-cara memanfaatkan fasilitas diatas, bisa melihat dokumentasi di http://www.avidemux.org/admWiki/. Disana diberikan langkah-langkah dengan lebih detail. 
Atau 
- http://avidemux.sourceforge.net/download.html 
– http://avidemux.razorbyte.com.au/ 

Avidemux dalam proses Cutting Video
avidemux dengan mudah bisa dimanfaatkan untuk memotong video di rentang waktu tertentu, berikut caranya . 
Setelah diinstall, tampilan Avidemux akan seperti ini: 

Bila muncul kotak dialog 
“ H.246 detected If the file is using B-frames….dst. dan ada pertanyaaan “ Do you want to use that mode ? 
  klik ‘yes’ aja. 
Di sebelah kiri terhadapat pilihan video, audio dan format. Format (AVI, MP4, FLV dsb) adalah container atau wadah codec video dan codec audio. 
Codec singkatan dari encoder dan decoder, yaitu teknik untuk kompresi dan dekompresi data. Container dapat berisi kombinasi codec video dan audio. Buka atau Browse video yang ingin kita potong file dengan open biasa atau dengan men-drag video (berformat apapun) ke dalam software. 
 Setelah diload, sekarang coba lihat properties video 
 Contoh salah satu video dari kamera digital: 

Terdapat informasi codec video (4CC = four character code, yaitu 4 karakter kode codec) sampai codec audio. Dibagian bawah tersedia fasilitas untuk navigasi video baik play, stop seperti biasa maupun frame demi frame. Jalankan video , cari bagian mana anda akan memulai memotong klik video nya .

 Anda bisa menggunakan tombol panah tunggal dalam melakukan pencarian frame-nya. Selanjutnya untuk mengapus bagian tertentu (Cut) sangat mudah, pilih bagian awal (marker) yang dihapus dengan icon A berwarna merah (atau dengan shortcut ‘[‘) kemudian tandai bagian akhir dengan icon B berwarna putih. Atau Geser Slider Playback ke waktu mulai yang diinginkan, lalu klik ikon dengan logo A . Geser Slider Playback ke waktu Akhir yang diinginkan lalu klik icon dengan logo B. 

Lalu pilih menu Edit - Delete atau langsung dengan shorcut Del 


Untuk menyimpan hasilnya, gunakan pilihan ‘copy’ untuk video dan audio, artinya codec untuk audio dan video tidak diubah. 

Kemudian tekan tombol save. 
Ketik file yang diinginkan. Karena dirancang untuk Linux, extension harus diketikkan oleh user. Tes hasilnya dengan membuka file tersebut multimedia player. 

Untuk Codec Video dan Audio lainnya tidak jauh berbeda dengan codec mpeg4 dan mp3, terkecuali x264 dan Xvid, untuk format x264, cara menggunakannya atur codec video x264 --> configure --> pilih preset yang diinginkan, lalu video filter sesuaikan dengan preset (size dan frameratenya). 

Selanjutnya , bila anda menemukan kejanggalan pada video anda dan ingin memotongnya , Avidemux menawarkan solusi cepat dalam hal potong memotong klip dari sembarang video . Program ini cocok dalam hal memotong klip video karna selain mudah digunakan juga dapat kita gunakan di banyak platform os seperti windows , mac , linux . Walaupun dirasakan ini program dirasa cukup lengkap. Namun sebenarnya Avidemux masih termasuk editor video non linear sederhana dengan fitur: 
  • • memotong dan menggabungkan video 
  • • memfilter (menambahkan visual effect) 
  • • melakukan encoding dengan berbagai format 
  • • Task dapat diotomatisasikan dengan projects, job queue dan scripting. 
  • • menambahkan audio stream (multiplexing atau muxing) dan mengekstrak audio dari video (demuxing). 
  • • menambahkan subtitle dengan berbagai format: MicroDVD (.sub), substation alpha (.SSA), advanced substation alpha (.ass) dan SubRip (.SRT). 
Secara umum Kelebihan Avidemux sbb : 
  1. • FOSS yang multiplatform, Avidemux dapat berjalan di Linux dan Windows. 
  2. • Konfigurasi encoder audio dan video detil dan dapat diatur oleh user. 
  3. • Fitur relatif lengkap 
Dan kelemahan Avidemux: 
  1. • User interface kurang intuitif. 
  2. • 3GP kurang disupport 
  3. • Masih sering terjadi crash, harus sering harus dilakukan coba-coba. 
Semoga bermanfaat dan berhasil 
Sumber : komputek , http://robbyzen.blogspot.com , Christianus Sigit - Top 100 Freeware Tabloid PCplus, cs.upi.edu, dll ,

4 komentar:

inDra mengatakan...

Terima kasih banyak gan....

Mbah Bei mengatakan...

kalo memotong video sekaligus substitlenya juga ikut kepotong gmn caranya gan, tx

Apotek Herbal ACE MAXS mengatakan...

thanks buat infonya gan,,sangat bermanfaat dan menambah wawasan

http://obatherbalampuh.com/obat-herbal-kista-bartholin/

culess butar mengatakan...

gan, bagian akhir dari video tak bisa dibuang. Tlg solusinya donk