*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 22 Desember 2011

Jaringan komputer (3 dr 4)

Telah dibahas yg lalu, bahwa jaringan mempunyai beberapa kelebihan dibanding komputer yang berdiri sendiri. Di dunia bisnis telah membuktikan bahwa teknologi informasi mempunyai andil yang besar dalam mendukung keberhasilan penetrasi pasar. Jaringan mempuyai andil besar dalam percepatan proses berbagai data (data sharing), yg selalu lebih cepat dibandingkan sarana lainnya. Jaringan juga memungkinkan banyak workgroup berkomunikasi dengan efisien. Kali ini, kita menggolongkan jaringan berdasar jangkauan wilayah, dimana dikenal dengan : LAN, MAN, WAN. CAN dan Intranet. 
a. LAN (Local Area Network), LAN atau jaringan lokal merupakan jaringan yg cakupan wilayah yg sempit. Arena ini terbatas pada suatu ruangan atau gedung atau satu komplek tertentu. Seringkali LAN dikatakan sebagai SLN (Single Location Network , atau jaringan lokasi tunggal).  


LAN (Local Area Network) banyak diaplikasikan dalam banyak organsisasi . LAN adalah sekelompok komputer yg saling berhubungan dalam area tertentu. Dengan LAN di antara komputer yang terhubung ke jaringan tersebut bisa saling berkomunikasi, berbagi pakai data, berbagi pakai pheriperal dan sebagainya. 

Teknologi LAN mulai dikembangkan sekitar tahun 1984, ketika IBM memperkenalkan PC Network Program dan Microsoft mengeluarkan MS-NET. Awalnya perangkat ini berbasis MS-DOS dan menimbulkan akibat terbatas pemakaian sejalan dengan terbatasnya DOS itu sendiri. 

Pertengahan 1985 operating system jaringan ini mulai mengembangkan diri LAN hardware yang sejalan dengan pengembangan file server. Perkembangan ini menandai dimulainya babak baru dalam sistem manajemen informasi. 

Periode 1990 an teknologi jaringan makin pesat berkembang sejalan dengan berkembangnya teknologi IT. Bahkan dengan berkembangnya operating system jaringan seperti Microsoft Windows NT, Microsoft Windows 2000 Server, Microsoft Windows for Workgroup, Microsoft Windows XP, Microsoft Windows.Net Enterprise Server, Microsoft Windows.Net Web Server, dan sebagainya. 
LAN memiliki beberapa keuntungan bagi pengguna, seperti penggunaan data serta printer secara bersama. keuntungan dari LAN bisa mencakup beberapa hal, antara lain : 
  1. Shared data - Shared software
  2. Penggunaan yang lebih efektif dari hardware yang ada 
  3. Elektronic mail - Komunikasi data kecepatan tinggi 
  4. Proses terdistribusi 
  5. Metered Sofware Applications Untuk alasan administratif ,
LAN yang besar biasanya membagi dan mengelompokkan anggota jaringan kedalam bentuk kerja (Work Group). Dimana Work Group merupakan suatu kumpulan komputer yang berbagi sumber daya yang sama dalam sebuah LAN. 

b. MAN (Metropolitasn Area Network), 
Merupakan jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih LAN, namun jangkauan nya umumnya tidak melebihi wilayah kota atau metropolitan terdekat. MAN, pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor organisasi yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. 

MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.  MAN mrp Implementasi sistem jaringan yang mengkolaborasikan antara banyak server guna memenuhi kebutuhan internal perusahaan dan pemerintah dalam mengkomunikasikan jaringan yang dipergunakan sehingga dapat melakukan kegiatan seperti chat, messenger, video dan lain – lain dengan bandwidth lokal. 






c. WAN (Wide Area Network), 
Merupakan jaringan komunikasi data yang mencakup wilayah geografi yang luas dan biasanya memmanfaatkan jaringan komunikasi, misalnya saluran telepon. Jaringan internet dapat digolongkan sebagai WAN , mengingat luasan jangkauan yang bisa diakses. Jaringan mesin ATM yang mencakup wilayah hampir seluruh Indonesia. 


WAN dapat dibayangkan sebagai kumpulan dari beberapa LAN (Workgroup) yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari-ke kantor pusat dan kantor cabang maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone,Notebook yang berada di lain kota ataupun negara. 
Keuntungan Jaringan WAN 
  1. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang. 
  2.  Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat. 
  3. Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan. 
d. CAN (Campus Area Network), 
Merupakan jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih LAN dalam suatu wilayah tertentu. Misalnya jaringan yang dipergunakan di suatu kompleks kampus tertentu. Jaringan intranet merupakan sistem jaringan untukinformasi inetrnal suatu perusahaan atau intitusi dengan prinsip kerja internet.Teknologi dan konsep internet seperti client server dan protokol internet seperti http dan FTP diadopsi dalam membangun program internet. 


 








e. Intranet, 
Merupakan suatu jaringan informasi dalam suatu perusahaan atau intitusi tertentu, dan penggunaanya pun terbatas pada anggota atau karyawan institusi tertentu Umumnya dalam sistem intranet dipersyaratkan adanya identifikasi pengguna atau password sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi yang terdaftar saja dan pihak diluar organisasi atau intitusi tidak dapat mengaksesnya. 
Keuntungan penggunaan intranet 
  1. produktifitas kerja meningkat, intanet dapat membantu pengguna mendapatkan informasi internal organisasi secara cepat. 
  2. Para user di organisasi bisa menyeragamkan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya serta kemudahan mengakses database yang diperlukan. 
  3. Meningkatkan efisiensi dalam penyebaran atau mengakses data informasi pada setiap bagian atau setiap unit di organisasi. 
  4. Menjadi salah satu fasilitas percepatan komunikasi antar unit , sehingga informasi seperti arah kebijakan-kebijakan, peraturan-peraturan , aplikasi-aplikasi baru dsb segera dapat dilaksanakan hingga unit terbawah di organisasi tersebut. 
  5. Dapat menhemat biaya organisasi, dimana proses kerja di tiap unit organisasi dapat diakses unit lain, data atau informasi kinerja tiapunit dapat lagsung dikases di web broser tanpa harus menunggu laporan data fisik dst. 
  6. Memungkin tercapainya keseragaman informasi yang diterima di setiap unit atau setiap user. 
  7. Dapat meningkatkan kualitas kerja tim karena adanya keseragaman informasi dan kecepatandalam mengakses perkembangan informasi organisasi. 
Kelemahan penggunaan intranet. 
  1. Memerlukan investasi mahal untuk membangun dan mengembangkan sistem jaringan intranet dalam suatu organisasi. 
  2. Diperlukan pelatihan terus menerus dalam penggunaan dan pengembangan intranet. 
  3. Ketidakdisplinan suatu user atau unit dalam organisasi bisa membahayakan keamanan sistem data di intranet. 
  4. Bila tidak ada pengawasan secara ketat dan kontinyu, mudah terjadi overload data yang tidak perlu. 
  5. Memerlukan divisi khusus (IT, information Technology) yang bertugas menjaga , memelihara , mengawasi dan mengembangakan penggunaan sistem jaringan intranet, server maupun komputer client. 
Semoga bermanfaat.
Bersambung ...
Allahu a’lam 

Sumber : 
1. Supriyanto, TIK3 Teknologi Informasidan Komunikasi. 
2. http: //id.wikipedia.org , http://laksmidharayanti.blogspot.com dll

1 komentar:

Cara Mengatasi Septiktank Penuh Tanpa Kuras mengatakan...

terimakasih atas info nya
sangat bermanfaat
lanjut terus gan