*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Sabtu, 10 Desember 2011

Jaringan komputer (1 dr 4)

Apa sih jaringan komputer itu? Jaringan komputer dapat diartikan sbg suatu kumpulan interkoneksi sejumlah komputer otonom. Dua unit komputer dapat dikatakan membentuk sutu network , bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Jadi Jaringan komputer merupakan suatu kumpulan dua atau lebih perangkat komputer yg saling terhubung , yg dimungkinkan terjadinya penggunaan bersama sumber daya dan komunikasi data secara online. Jaringan komputer adalah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yg terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel (tanpa kabel) sehingga pengguna jaringan komputer bisa saling bertukar data, atau bersama-sama menggunakan hardware/software yg terhubung dalam jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yg terhubung dengan jaringan disebut node.


Sebuah jaringan komputer dapat memiliki hingga jutaan node. Pemakaian bersama ini dikenal dengan istlah sharing, dan sumber daya yang dapat dipakai bersama bisa berupa hardisk, scanner, printer, CD Drive dst. 

Sebuah komputer dalam jaringan dapat mengakses file di kopmputer lain atau mengnggadakannya (meng-copy) tanpa memerlukan media penyimpan eksternal seperti flashdisk dsb. Sebuah komputer dalam jaringan juga dapat menggunakan printer yang terpasang di komputer lain. Secara umum jaringan komputer dapat menghemat sumber daya, biaya, waktu dan tenaga. 

Rintisan konsep jaringan komputer lahir sekitar tahun 1940-an oleh profesor H Aiken di proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell riset Harvard University. Misi awal hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian. 
Ditahun 1950-an , terlah dibuat suatu super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal . Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu (TSS ,Time Sharing System).


Secara teori , maka inilah bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri. 

Sekitar tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan perangkat super komputer dianggap tidak efisien besar , maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Dalam sistem ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dala proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat. 

Jenis-jenis jaringan komputer 
Ada beberapa tipe jaringan yang kita kenalsaat ini . Berdasarkan beberapa kriteria tertentu. Jaringan dapat digolongkan berdasarkan cara atau metode 
  1. distribusi data, 
  2. hubungan fungsional, 
  3. jangkauan wilayah , 
  4. metodekoneksi , 
  5. tepologi dst. 
Penggolongan berdasarkan metode distribusi data 
Berdasarkan distribusi data,suatu haringan komputer dibagi menjadi jaringan terpusat (host based network) dan jaringan interkoneksi (distributed netwrok). Perbedaan antara jaringan komputer dan sistem terdistribusi lebih terletak pada perangkat lunaknya (khususnya sistem operasi) bukan pada perangkat kerasnya, karena perangkat lunak yang menentukan tingkat keterpaduan dan transparansi jaringan yang bersangkutan. 
 
a. jaringan terpusat (host based network) 
Adalah jaringan yang terdiri dari beberapa node (workstation) yang terhubung dengan sebuah komputer pusat (host ,Server). Pada jaringan ini sistem kerja workstation tergantung dari komputer pusat. Dan komputer pusat tugasnya melayani permintaan akses dari workstation.
Jadi dalam jaringan terpusat terdiri dari beberapa komputer terminal yang terhubung ke komputer induk (host) . Komputer induk ini berisi data dan aplikasi dan melaksanakan hampir semua pengolahan data. 


Sesuai namanya komputer Server bertugas melayani semua kebutuhan komuter lain yang ada dalam jaringan. Semua fungsi jaringan dikendalikan dan diatur oleh komputer Server, termasuk masalah keamanan jaringan seperti hak akses data, waktu akses, sumber daya dan sebagainya. 
Adapun karakteristik jaringan terpusat(Host Based Network) ; sbb
  • Komputer induk menyimpan semua data dan program aplikasi serta melaksanakan semua pemrosesan data. 
  • Komputer terminal hanya sebagai perantara bagi pemakai untuk mengakses komputer induk pada saat mengakses informasi/aplikasi. 
  • Terminal dapat berupa dumb terminal (terminal bisu yg tidak memiliki prosesor) atau terminal cerdas (memiliki prosesor sendiri). 
Contohnya : Jaringan di supermarket dalam pengaksesan database(kode dan harga barang/daftar rekening), atau monitor yang terhubung secara fisik degan komputer induk. Jadi host (komputer host) mengacu pada suatu komputer yang mem-provide secara lagsung kepada user. Computer host merupakan komputer induk yang melayani para pemakai (user) yang terhubung kepkomputer tersebut. 

b. jaringan terdistribusi (distributed based network) 
Dalam jaringan terdistribusi ini sistem terdiri dari beberapa komputer induk yang terhubung dengan berbagai terminal. Jaringan terdistribusi secara fisik dan dapat dibentuk dari penggabungan jaringan terpusat. Disini Komputer yang terhubung terdiri dari host (komputer utama) dan terminal-terminal (komputer yang terhubung dengan komputer host). 
Karaktristik sistem ini adalah , 
  • Memiliki beberapa komputer induk sebagai pusat layanan data/ informasi dan program aplikasi dapat diakses dari berbagai terminal. 
  • Data dapat dikirim dari sebuah terminal ke komputer induknya,simpul lain atau terminal lain. 

Beberapa host komputer terhubung agar dapat mengerjakan sebuah atau beberapa pekerjaan besar bersama. 
Host melayani beberapa terminal dan melakukan proses berdasarkan input dari terminal-terminal. masing-masing terminal membutuhkan host (komputer utama) untuk dapat aktif melakukan pekerjaan dan berkomunikasi dengan terminal lain. antar terminal tidak dapat saling sharing file atau resource tanpa campur tangan host (supervisor host). 

Jadi metode komunikasi antar komputer tersentralisasi (terpusat pada komputer utama/host).
Tiap user juga memiliki ID dan password untuk dapat login ke host dan menggunakan resource yang disediakan. Umumnya beberapa terminal dapat menggunakan ID yang sama untuk login ke komp host, namun Admin/Supervisor sistem dapat merubah dengan hanya mengijinkan satu ID untuk tiap terminal. 

Bersambung..... 
Allahu a’lam 
Sumber : 
1. Yuhefizar, Sejarah Komputer, IlmuKomputer.com 
2. Prihanto, Harry, Membangun Jaringan Komputer, IlmuKomputer.com
3. Wahana Komputer Semarang , Buku Pintar Penanganan Jaringan Komputer, Andi Yogyakarta, 2001.
4. http://www.pustakasekolah.com

Tidak ada komentar: